cara membuat youtube ads dengan mudah

Inilah Cara Membuat YouTube Ads yang Mudah untuk Kamu Ikuti!

Beriklan di YouTube sangat bermanfaat karena dapat menjangkau target audiens yang kamu inginkan. Namun, memasarkan produk kamu melalui YouTube Ads tidak seperti mengiklankannya di media sosial berbayar. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara membuat YouTube Ads.

Cara Membuat YouTube Ads

Berikut adalah urutan atau langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dalam membuat YouTube Ads, antara lain:

1. Mengunggah Video di Channel YouTube 

Sebelum memasarkan produk kamu melalui iklan, cara membuat YouTube Ads yang pertama adalah meng-upload video promosi mengenai produk kamu terlebih dahulu. Sebab, untuk membuat iklan kamu perlu konten video. Oleh karena itu, pastikan kamu telah membuat video iklan produk yang dapat menarik perhatian penonton.

Cara mengunggah video ke YouTube cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka YouTube menggunakan channel kamu, kemudian klik “Create” yang berada di pojok kanan atas dekat Notifikasi. Setelah itu, klik “Upload Video”.

Selanjutnya, unggah video dengan cara klik “Select File” atau dengan metode drag-and-drop video. Tunggu beberapa saat setelah itu masukkan beberapa detail seperti judul, thumbnail, kata kunci, dan deskripsi mengenai video tersebut. Kemudian publikasikan video dengan memilih “Public” setelah itu klik “Publish”.

2. Membuat Iklan dengan Google Ads

Jika kamu sudah mengunggah video, cara membuat YouTube Ads berikutnya adalah dengan membuat akun Google Ads. Jika kamu sudah memilikinya, maka kamu dapat membuat video konten promosi yang sebelumnya kamu unggah menjadi iklan YouTube melalui pengaturan Google Ads.

Langkah yang pertama adalah login ke akun Google Ads kamu. Selanjutnya pilih menu “Campaign” yang ada di sebelah kiri layar lalu klik ikon lingkaran biru berisi tanda tambah. Setelah itu, klik “New Campaign”.

Langkah berikutnya, kamu akan dibawa ke halaman yang meminta kamu untuk memilih tujuan pembuatan iklan YouTube. Ada beberapa tujuan yang dapat kamu pilih, antara lain seperti sales, leads, website traffic, product and brand consideration, serta brand awareness and reach

Selain itu, kamu dapat memilih tujuan lain seperti app promotion, local store visits and promotions, dan create a campaign without a goal’s guidance.

Tak sampai situ saja, kamu juga harus memilih tipe campaign kamu. Karena akan membuat YouTube Ads, maka pilih Video atau Display, lalu klik “Continue”.

3. Lengkapi Parameter Iklan

Cara membuat YouTube Ads berikutnya adalah melengkapi parameter iklan. Jika kamu telah menekan tombol “Continue”, maka kamu akan masuk pada halaman “General Setting”. Di halaman ini, kamu harus melengkapi beberapa parameter iklan. Parameter iklan tersebut antara lain:

  • Campaign name, yakni nama iklan yang akan kamu buat.
  • Bid strategy, yakni cara kamu mengoptimalkan bid (tawaran) untuk memenuhi sasaran iklan. Strategi ini terbagi menjadi 3, yakni CPM (harga yang dibayar per 1000 penayangan), Maximum CPV (membayar sesuai jumlah penayangan), dan target CPA (membayar sesuai dengan penonton yang meng-klik iklan).
  • Budget and date, adalah jumlah budget dan tanggal untuk iklan yang akan kamu buat.
  • Network, adalah tempat iklan tayang seperti hasil penelusuran, video, channel pages, dan beranda YouTube.
  • Location, adalah tempat yang dapat membantu kamu menargetkan iklan ke orang yang berada di lokasi geografis.
  • Language, bahasa yang akan kamu gunakan pada iklan.

4. Menentukan Target Audiens

Sebelum kamu menekan tombol “Create Campaign”, terdapat parameter yang menjadi faktor agar iklan kamu dapat dijangkau oleh para audiens. Parameter tersebut adalah demographic, keyword, dan topics. Jadi, cara membuat YouTube Ads selanjutnya adalah mengisi ketiga parameter ini dengan tepat.

Pada parameter demographic, kamu dapat menjangkau orang-orang yang menjadi target audiens kamu. Kamu dapat menentukan mulai dari gender, usia, status orang tua, dan pendapatan rumah tangga. Cara memilihnya adalah dengan mencentang klasifikasi yang menurut kamu sesuai dengan target audiens kamu.

Selanjutnya adalah keyword atau kata kunci. Penargetan keyword memungkinkan kamu memilih kata atau frasa yang sesuai dengan produk kamu. Tujuannya adalah untuk membantu menampilkan iklan video kamu di YouTube, channel pages, atau website yang relevan dengan target audiens.

Kemudian, pada topics, pilih beberapa topik yang berhubungan dengan iklan kamu. Sebab, nantinya iklan YouTube yang kamu buat akan muncul pada topik-topik yang kamu pilih. Topik yang tersedia mulai dari, Arts & Entertainment, Business & Industrial, News, Science, dan masih banyak lagi. 

5. Menautkan Google Ads dengan YouTube Kamu

Jika semua parameter telah kamu isi, maka cara membuat YouTube Ads yang terakhir adalah menghubungkan Google Ads dengan channel YouTube kamu. Caranya adalah dengan memasukkan URL atau link video iklan yang sudah kamu unggah sebelumnya  ke kolom “Create your video Ads”.

Jika kamu sudah selesai memasukkan link video tersebut, nantinya akan muncul preview iklan YouTube kamu. Terakhir, klik “Create Campaign” dan selesai.

Tips Membuat YouTube Ads yang Baik

Setelah mengetahui cara membuat YouTube Ads, kamu harus tahu bagaimana membuat iklan yang baik di platform tersebut. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat YouTube Ads, antara lain:

1. Menentukan Tujuan Iklan

Kamu harus menentukan tujuan yang ingin dicapai sebelum memasarkan iklanmu di YouTube Ads. Kamu bisa memilih beberapa tujuan seperti meningkatkan brand awareness, angka penjualan, sampai traffic website. Sebab, dengan adanya tujuan yang jelas, maka iklan yang akan kamu tunjukkan pada audiens akan tepat sasaran.

Misalnya, ketika kamu yakin membuat YouTube Ads untuk meningkatkan brand awareness, maka isi iklan yang kamu sajikan adalah memperkenalkan brand kamu dengan cara yang menarik. Alhasil, para target audiens akan lebih mengenali produk kamu.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui tujuan iklan adalah memeriksanya lewat Google Analytics.

2.  Membuat Call to Action (CTA)

Ketika mempublikasikan video iklanmu di YouTube, kamu dapat menyertakan CTA yang terhubung ke URL. Jadi, dengan ini kamu dapat mengarahkan target audiens untuk pergi ke landing page, halaman produk, dan sebagainya.

Selain itu, letakkan CTA di bagian awal video atau selama selama iklan kamu berlangsung agar hasilnya semakin baik.

3. Membuat Video Sekreatif Mungkin

Di YouTube, kamu harus bersaing dan adu kreatifitas bukan hanya dengan para pengiklan, tetapi juga dengan konten video di YouTube itu sendiri. Jika video konten yang ditonton audiens sangat tidak menarik, bisa jadi iklan tersebut akan mereka skip tanpa pikir panjang.

Maka dari itu, buatlah konten dengan menarik dan unik yang membuat penonton betah menontonnya meski hanya beberapa detik saja. Kamu bisa membuat iklan komedi atau menggunakan jingle yang mudah melekat di pikiran audiens.

Sudah Paham Cara Membuat YouTube Ads?

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti dalam membuat YouTube Ads. Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu kamu dalam memasarkan produk melalui YouTube. Semoga bermanfaat!

Dapatkan informasi serta tips social media dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin