kumpulan istilah dalam facebook ads

Kumpulan Istilah dalam Facebook Ads beserta Artinya

Apa saja istilah dalam Facebook Ads? Ini merupakan layanan iklan dari FB yang memudahkan Anda saat ingin mempromosikan produk. Pada layanan tersebut, ada banyak sekali istilah atau tools yang mesti Anda pahami karena masing-masing istilah mempunyai fungsi yang berbeda.

Inilah Beberapa Istilah dalam Facebook Ads dan Artinya

Pada FB Ads, Anda akan menemukan banyak sekali istilah yang harus Anda pahami saat memanfaatkan layanan bisnis dari Facebook. Setidaknya beberapa istilah yang akan Anda temui antara lain:

1. Ad

Ad merupakan istilah yang kerap muncul saat beriklan lewat FB Ads. Istilah ini juga merupakan bagian sangat penting serta wajib digunakan. Umumnya, banyak materi iklan yang dapat Anda buat sehingga memudahkan Anda saat ingin tahu mana materi iklan yang paling bagus.

Ad adalah materi iklan yang memuat banyak konten seperti headline, iklan, website, copywriting, dan lain-lain. Itulah mengapa Ad merupakan struktur yang sangat penting saat pembuatan iklan melalui Facebook Ads.

2. Adset

Adset adalah struktur FB Ads yang memungkinkan Anda menentukan anggaran serta target audiens. Melalui bagian ini, Anda bisa menentukan target Anda berdasarkan gender, usia, lokasi, dan lain-lain. Selain itu, pada Adset Anda juga akan menemukan beberapa materi ad serta strukturnya lebih besar dibandingkan Ad.

3. Ads Manager

Istilah dalam Facebook Ads selanjutnya adalah Ads Manager, sebuah halaman utama alias dashboard FB Ads yang memberikan seluruh informasi tentang ad set, campaign, serta ad. Pada halaman tersebut juga terdapat data performa iklan yaitu reach, impression, result, CPM, dan lain-lain.

Melalui Ads Manager, Anda bisa membuat iklan baru serta mematikan atau menghidupkan iklan. Di dalam Ads Manager juga ada billing manager yang digunakan untuk mengecek riwayat pembayaran, sumber anggaran, serta mengekspornya ke tab laporan.

4. CPM

CPM adalah akronim Cost Per Millions. Biasanya CPM dijadikan tolak ukur saat ingin mengidentifikasi seperti apa performa sebuah iklan. Semakin rendah biaya tayangan iklan, menandakan kinerja iklan tersebut semakin baik.

5. Campaign

Campaign termasuk struktur iklan yang mencakup ad dan ad set dan merupakan sebuah langkah awal saat proses membuat iklan sebelum Anda menentukan ad maupun ad set-nya. Ketika Anda membuat iklan baru, nanti Anda menemukan beberapa opsi tujuan iklan dan pilih sesuai yang Anda inginkan.

6. CTR

Istilah dalam Facebook Ads yang keenam yaitu CTR alias Click Through Rate. Istilah ini artinya rasio klik tayang atau jumlah klik yang dihasilkan lewat iklan Anda kemudian dibagi total tayang selama waktu tertentu.

7. Custom Audience

Selanjutnya terdapat isilah bernama Custom Audience yang merupakan strategi untuk mengategorikan orang-orang yang pernah berinteraksi pada iklan tersebut. Biasanya kategorinya dalam bentuk comment, like, dan pengguna yang mengunjungi landing page

Custom Audience ini juga memiliki arti bahwa Anda dapat memilih sendiri target audiens untuk Anda kelompokkan di dalam database.

8. Relevance Score

Relevance Score adalah nilai mulai 1 sampai 10 dan menjadi sebuah perkiraan tentang seberapa baik audiens yang memberikan tanggapan terhadap materi iklan Anda. 

Saat Relevance Score yang Anda peroleh tinggi, itu menandakan iklan sudah sesuai sasaran atau target. Sebaliknya, waktu skornya tersebut rendah maka Anda terdapat beberapa bagian yang perlu Anda perbaiki.

9. Objective

Istilah dalam Facebook Ads ini artinya campaign atau tujuan iklan yang telah Anda pilih. Misalnya Anda ingin membuat iklan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, maka opsi iklan pada Objective yang harus Anda pilih yaitu Conversions

Sementara itu, saat tujuan Anda hanya sekadar ingin menaikkan jumlah trafik atau pengunjung website, maka opsi yang Anda pilih yaitu traffic.

10. LLA atau Lookalike Audience

Selanjutnya, terdapat istilah lain yang juga perlu Anda pahami yaitu LLA atau Lookalike Audience. LLA merupakan target audiens yang mempunyai karakter yang sama seperti yang terdapat di Facebook sesuai sumber. 

Maksudnya, saat sumber Anda lebih senang berbelanja online, maka yang Anda berikan yaitu yang memang suka melakukan online shopping. Akan tetapi, strategi tersebut bukan jaminan iklan Anda winning meskipun Anda tetap harus mencobanya. Adapun sumber LLA yaitu fanpage, custom audience, form, serta website.

11. Winning Campaign

Istilah ini untuk menunjukkan suatu iklan yang memperoleh hasil terbaik. Maksudnya, iklan tersebut mampu menghasilkan total leads berkualitas berdasarkan cost per leads terjangkau.

12. CPC

Cost Per Click atau CPC adalah istilah dalam Facebook Ads yang mengarah pada iklan yang terkena biaya pasca terdapat pengguna FB yang mengklik iklan tersebut. Maksudnya, semakin banyak pengguna yang meng klik iklan, maka biaya iklan semakin tinggi.

13. Facebook Pixel

Pixel merupakan kode untuk mengoptimasi dan merekam. Selain itu, Pixel juga berfungsi untuk mengukur aktivitas dari para audiens lalu menyimpan informasi tersebut pada campaign FB Ads. Nanti, sistem akan mengolah data Pixel tersebut lalu menjadikannya sebagai retargeting atau custom audience.

14. Reach

Sesuai namanya, Reach menjadi istilah yang menandakan seberapa luas jangkauan ads. Istilah ini juga berarti ada berapa banyak user Facebook yang melihat iklan Anda.

15. Facebook Business Manager

Istilah dalam Facebook Ads ini merupakan fitur yang berfungsi untuk mengelola maupun mengakses ke akun iklan atau FB Page.

16. Impression

Istilah yang keenam belas adalah Impression. Melalui istilah ini, Anda akan tahu ada berapa banyak iklan tersebut tayang atau muncul di akun audiens tanpa harus mengklik iklan tersebut.

17. Audience

Audience juga berarti pengguna FB sekaligus menjadi sasaran target iklan yang Anda jalankan. Anda memiliki kebebasan untuk memfilter audiens Anda berdasarkan beberapa kategori. Misalnya perilaku, minat, lokasi, usia, dan lain-lain.

18. Placement

Placement adalah penempatan iklan dengan melihat perangkat yang dipakai audiens. Beberapa kategori yang muncul seperti stories, feed, mobile, messenger, Android, desktop, iOS, dan sebagainya.

19. Traffic

Istilah dalam Facebook Ads yang kesembilan belas yaitu Traffic. Traffic merupakan total pengunjung iklan Anda baik di dalam maupun di luar Facebook. Misalnya website atau melalui Facebook Page.

20. Daily Budget

Ini merupakan biaya atau anggaran yang dikeluarkan per hari. FB akan menyesuaikan budget Anda sesuai dengan iklan yang sekarang Anda jalankan.

21. View Content (VC0

VC merupakan hasil data para pengguna FB yang mengakses halaman produk, landing page, maupun masuk pada konten iklan yang Anda miliki.

22. Bid Amount

Istilah pada FB Ads ini berarti pelelangan dengan berbagai penawaran yang muncul saat menargetkan audiens yang bersaing dengan pengiklan lainnya. Semakin tinggi biaya Anda mengajukan penawaran, maka peluang iklan Anda akan semakin besar untuk muncul ke audiens.

23. Add to Cart (ATC)

ATC merupakan data pengunjung iklan dan melakukan transaksi. Adapun transaksi tersebut bisa berupa memasukkan produk ke cart (keranjang) maupun mengunjungi form mesti belum membayar.

24. Purchase

Istilah dalam Facebook Ads lainnya yaitu Purchase alias daftar data para pelanggan yang jelas melakukan pembelian atau pembayaran.

25. Video View

Ini merupakan data seputar audiens yang melihat konten atau memutar video iklan dengan durasi minimal 3 detik atau bisa lebih.

Sudah Paham Istilah dalam Facebook Ads?

Itulah beberapa istilah yang kerap muncul di FB Ads. Tentu saja masih banyak istilah-istilah lainnya dan Anda perlu mempelajari dan memahami semuanya. Semoga bermanfaat.

Dapatkan informasi dan tips performance marketing lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin