Google Ads merupakan salah satu platform iklan yang sudah tidak asing. Lalu, apa itu Google Ads? Google Ads merupakan platform iklan online berbayar milik Google. Platform iklan ini banyak dipakai oleh para pemilik bisnis untuk mengiklankan website, produk, atau layanan jasa yang dimiliki. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!
Contents
Apa Itu Google Ads?
Apakah Anda tahu, apa itu Google Ads? Menurut Google Support, Google Ads adalah platform periklanan online berbayar dari Google. Pada awalnya, platform iklan ini dikenal dengan sebutan Google AdWords, sebelum akhirnya berganti nama menjadi Google Ads pada tahun 2018.
Google Ads memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk memasang iklan, agar konten website Anda bisa muncul pada hasil pencarian di Google. Dengan menggunakan Google Ads, orang-orang akan menemukan website Anda di SERP Google dengan kata kunci tertentu yang telah Anda atur sebelumnya.
Cara Kerja Google Ads
Setelah mengetahui apa itu Google Ads, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan Google Ads:
1. Tentukan Tujuan Beriklan
Sebelum mulai beriklan, Google akan meminta Anda untuk menentukan tujuan dan hasil yang Anda inginkan dari penayangan iklan yang akan Anda lakukan. Ada beberapa opsi tujuan yang bisa Anda pilih.
Beberapa opsi tersebut, yaitu peningkatan trafik bisnis, peningkatan kunjungan ke toko online, atau mengarahkan audiens untuk mengunjungi tautan khusus produk atau layanan tertentu.
2. Tentukan Opsi Bid Iklan
Terdapat beberapa opsi bid atau pembayaran iklan yang bisa Anda sesuaikan dengan budget pemasaran bisnis Anda. Opsi pertama, yaitu CPC atau Cost Per Click. Jika memilih opsi CPC, maka Anda harus membayar iklan sesuai dengan berapa jumlah klik yang Anda dapatkan dari pengguna pada iklan tersebut.
Opsi kedua, yaitu CPM atau Cost Per Mile. CPM adalah opsi pembayaran iklan untuk setiap 1000 impresi atau 1000 kali iklan tersebut dilihat oleh pengguna. Kemudian, opsi terakhir yaitu CPE atau Cost Per Engagement. CPE merupakan opsi pembayaran iklan untuk setiap aksi yang dilakukan oleh pengguna terhadap iklan Anda.
Misalnya, dari iklan yang Anda pasang, Anda ingin pengguna untuk melakukan pendaftaran akun di situs Anda. Jika pengguna klik iklan yang Anda pasang dan membuat akun di situs website yang Anda iklankan, maka Anda akan dikenai charge CPE untuk iklan yang Anda pasang.
3. Lakukan Bid pada Keyword
Sebagai pengiklan, Anda terlebih dahulu harus melakukan penawaran atau bid untuk keyword yang akan Anda gunakan. Keyword yang akan Anda gunakan bisa jadi akan digunakan oleh pengiklan lainnya.
Oleh karena itu, dalam melakukan proses bid tersebut, Anda harus bersaing dengan pengiklan lain yang akan menggunakan keyword yang sama. Anda harus membuat tawaran yang optimal pada keyword tersebut, yang akan Anda gunakan pada iklan Anda.
Hal ini karena hasil iklan dari pemenang proses bid keyword tersebut akan ditampilkan di urutan teratas mesin pencarian Google atau SERP. Selain itu, jika Anda memenangkan proses bid tersebut, maka iklan Anda juga akan tampil di platform lain, seperti YouTube dan website lain yang relevan.
4. Penentuan Harga Berdasarkan Quality Score
Setelah Anda melakukan proses bid keyword, Google akan melanjutkan proses iklan Anda untuk dinilai menggunakan quality score. Quality score adalah estimasi kualitas iklan, penggunaan keyword, dan platform website yang Anda iklankan.
Hasil quality score berada di kisaran 1 sampai 10. Iklan dengan quality score yang tinggi akan ada di posisi yang baik atau urutan teratas dan memiliki harga yang lebih murah. Semakin tinggi quality score iklan Anda, maka semakin sedikit harga yang harus Anda bayar dan semakin baik posisi iklan Anda dalam mesin pencarian Google.
5. Penentuan Posisi Iklan Berdasarkan Ad Rank
Quality score dari iklan Anda kemudian akan digabungkan dengan jumlah bid keyword yang Anda tawarkan. Gabungan antara quality score dan bid keyword akan menciptakan peringkat iklan atau Ad Rank.
Ad Rank ini merupakan variabel yang akan menentukan posisi iklan Anda pada hasil pencarian di Google. Ketika pengguna melihat iklan Anda dan melakukan klik pada iklan tersebut, maka Anda harus membayar biaya iklan untuk klik tersebut, jika Anda memilih opsi pembayaran CPC.
Posisi iklan akan menentukan efektivitas strategi pemasaran bisnis Anda. Semakin banyak pengguna yang melakukan klik pada iklan Anda, maka strategi pemasaran Anda akan memberikan hasil yang baik untuk bisnis Anda.
Manfaat Google Ads untuk Bisnis
Setelah mengetahui apa itu Google Ads dan bagaimana cara kerjanya, berikut adalah beberapa manfaat dari beriklan di Google Ads untuk bisnis Anda:
1. Meningkatkan Leads dan Jangkauan Target Pasar
Manfaat yang pertama, yaitu bisa meningkatkan leads dan jangkauan target pasar. Google Ads merupakan salah satu platform iklan terbaik yang mampu menghasilkan leads dengan prospek atau peluang yang lebih bagus.
Jika strategi iklan yang Anda jalankan sudah tepat, maka bisnis Anda akan berpotensi untuk dikenal secara luas. Dengan jangkauan yang luas tersebut, maka jumlah leads akan meningkat, sehingga bisa mendatangkan calon konsumen.
2. Hasil yang Cepat dan Transparan
Platform iklan yang satu ini juga mampu memberikan hasil yang cepat dan transparan. Anda bisa menganalisis dan melihat efektivitas hasil iklan Anda melalui Google Analitik. Dengan fitur tersebut, maka Anda akan bisa mendapatkan hasil dari iklan Anda sejak penayangan awal.
Anda tidak perlu menunggu untuk waktu yang lama, jika ingin mengetahui hasil dari iklan yang Anda pasang. Anda bisa melihat dan menganalisis efektivitas iklan Anda sewaktu-waktu melalui fitur Google Analitik tersebut.
3. Menghasilkan Trafik yang Tinggi
Manfaat selanjutnya, yaitu menghasilkan trafik yang tinggi. Google merupakan salah satu mesin pencarian yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. Jika iklan Anda bisa tampil di halaman pencarian Google, maka iklan Anda akan berpotensi untuk dilihat banyak pengguna
Dengan potensi yang besar tersebut, maka iklan Anda berpeluang untuk mendatangkan trafik yang tinggi. Trafik yang tinggi tersebut tentu akan mendatangkan dampak yang positif untuk bisnis, seperti leads yang meningkat dan adanya peluang calon konsumen baru.
4. Strategi Pemasaran yang Fleksibel
Sebagai platform beriklan, Google Ads sangat cocok untuk semua skala bisnis, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Platform iklan yang satu ini juga sangat mendukung berbagai platform marketing lain, sehingga sangat fleksibel untuk pemasaran suatu bisnis.
Selain fleksibilitas platform, Google Ads juga memiliki fleksibilitas dari segi budget atau pembayaran iklan. Ada berbagai opsi pembayaran yang bisa Anda gunakan jika ingin beriklan melalui Google Ads.
Tertarik Beriklan di Google Ads?
Berdasarkan ulasan tersebut, apakah Anda sudah mengetahui apa itu Google Ads? Jadi, Google Ads adalah platform beriklan online milik Google. Platform beriklan ini bisa Anda gunakan untuk semua jenis dan skala bisnis, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Cara kerjanya juga cukup mudah dipahami dan memberikan banyak manfaat.
Dapatkan informasi serta tips performance marketing lainnya hanya di Virus Media.