Perkembangan teknologi dan fashion yang terus meningkat dari tahun ke tahun, membuat munculnya istilah fashion influencer. Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan influencer ini baik itu dari kalangan remaja hingga dewasa.
Contents
Apa Itu Fashion Influencer?
Fashion influencer berasal dari dua kata yaitu “fashion” dan “influencer”. Fashion berarti gaya berpakaian dan influencer berarti orang yang memiliki pengaruh. Jadi fashion influencer merupakan orang-orang yang memiliki kekuatan dalam memberikan pengaruh dalam dunia fashion/fesyen.
Biasanya seorang influencer memiliki banyak pengikut di media sosial. Followernya pun tidak tanggung-tanggung, bahkan mencapai ribuan hingga jutaan followers untuk seorang influencer.
Manfaat Fashion Influencer untuk Bisnis
Adapun manfaat seorang influencer terutama untuk bisnis fesyen yaitu:
1. Dapat Memperkenalkan Produk ke Target yang Tepat
Influencer bisa membantu Anda dalam memperkenalkan produk ke target yang tepat. Namun tidak semua influencer bisa, hal ini tergantung dari bidang, kemampuan, dan jumlah followers dari influencer tersebut.
Bagi Anda yang punya bisnis di bidang fesyen, sebaiknya menggunakan influencer di bidang yang sama. Anda bisa melihat dari postingan influencer tersebut kemudian disesuaikan dengan produk yang akan bisnis Anda tawarkan.
2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas
Menggunakan influencer bisa membantu Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang baru merintis bisnis.
Hal ini karena influencer bisa membantu Anda untuk menjangkau pelanggan potensial yang ada di antara pengikut influencer tersebut. Pengikutnya tentu saja dari berbagai daerah dan berbagai kalangan sehingga tentunya kegiatan pemasaran yang Anda lakukan akan menjangkau pasar yang begitu luas.
3. Menumbuhkan Kepercayaan Pelanggan
Fashion influencer tidak hanya menawarkan produk tetapi juga bisa memberikan review terkait produk Anda. Nah melalui kegiatan review inilah yang akan sangat membantu untuk menumbuhkan kepercayaan produk.
Tidak hanya itu, kecenderungan follower untuk mengikuti dan ingin memiliki barang seperti influencer bisa mendorong mereka untuk menggunakan produk Anda. Jika produk Anda bagus, tentunya akan bisa menjadi jalan terbaik untuk menumbuhkan kepercayaan mereka terkait produk Anda.
4. Meningkatkan Penjualan
Meningkatkan penjualan adalah tujuan utama dari penggunaan influencer untuk bisnis. Influencer yang sukses memperkenalkan produk dan menumbuhkan kepercayaan followernya terhadap produk Anda, maka kemungkinan bisnis Anda untuk mendapat pelanggan baru juga semakin besar.
Namun ini akan berhasil jika Anda menggunakan influencer yang tepat. Oleh karena itulah, Anda harus mempertimbangkan dengan baik terkait influencer yang akan dipilih.
Contoh Fashion Influencer Indonesia
Ada banyak sekali fashion influencer Indonesia, 10 di antaranya yang bisa Anda pilih untuk memasarkan produk Anda yaitu:
- Jovi Adhiguna
- Anaz Siatar
- Kyra Nadya
- Alika Islamadina
- Andy Yanata
- Cindy Karmoko
- Patricia Gouw
- Sarah Azka
- Alya Dimitri
- Elxi Elvina
Tips Memilih Fashion Influencer yang Tepat
Keberadaaan influencer di bidang fesyen memang banyak. Namun tidak semuanya sesuai untuk bisnis. Oleh karena itulah sebaiknya Anda ketahui tips memilih influencer berikut ini:
1. Lakukan Riset
Dalam memilih influencer, alangkah lebih baik jika Anda melakukan riset terlebih dahulu. Ini penting agar Anda bisa mendapatkan influencer yang sesuai dengan produk yang akan Anda tawarkan.
Tidak hanya itu, Anda sebaiknya memastikan apakah influencer tersebut tidak memiliki berita negatif atau skandal. Hindari menggunakan influencer yang memiliki image buruk karena bisa berdampak buruk juga terhadap brand Anda..
2. Mempertimbangkan Orisinalitas Influencer
Di tengah perkembangan media sosial dan teknologi saat ini, untuk mendapatkan pengikut bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan membeli. Jadi belum tentu yang memiliki banyak pengikut bisa Anda gunakan sebagai influencer.
Untuk itulah, Anda harus mempertimbangkan orisinalitas dari influencer. Pastikan mayoritas pengikutnya merupakan akun yang aktif dan bukan fake account. Anda juga bisa menggunakan bantuan situs web tertentu untuk mengeceknya.
3. Sesuaikan Budget
Tips memilih fashion influencer selanjutnya yaitu dengan menyesuaikan budget Anda. Sebaiknya perkirakan apakah dana yang Anda miliki cukup untuk menggunakan jasa influencer tersebut.
Hindari menggunakan influencer yang terlalu mahal dan malah akan mengorbankan kebutuhan lainnya sehingga membuat manajemen keuangan bisnis berantakan. Sebaiknya Anda menggunakan influencer dengan harga sesuai dengan anggaran sehingga keuangan bisnis aman.
Dalam hal ini Anda bisa menanyakan terlebih dahulu berapa biaya yang Anda butuhkan untuk bermitra dengannya. Jika memang budget cukup, Anda bisa bekerja sama dengan influencer tersebut.
4. Sesuai Target Pasar
Dalam memilih influencer, sebaiknya Anda sesuaikan dengan target pasar. Maksudnya yaitu perhatikan apakah influencer tersebut memiliki audiens yang sesuai dengan target produk Anda atau tidak.
Misalnya Anda memiliki produk untuk kalangan dewasa yaitu kisaran umur 20 sampai 30 tahun, maka sebaiknya Anda menentukan influencer dengan rentang umur tersebut. Hal ini karena pada umumnya para pengikut influencer tersebut berasal dari rentang usia yang hampir sama.
5. Relevansi dengan Brand
Dalam memilih influencer, sebaiknya Anda sesuaikan dengan brand. Misalnya Anda menjual jilbab, maka sebaiknya menggunakan fashion influencer yang berhijab.
Untuk menentukannya, Anda bisa melihat berdasarkan konten yang influencer tersebut buat. Hindari menggunakan influencer yang tidak relevan dengan konsep brand yang Anda tawarkan karena akan membuat kegiatan pemasaran sia-sia.
6. Kualitas Konten
Konten yang berkualitas menjadi salah satu indikator dalam memilih influencer. Hal ini karena influencer yang memiliki konten berkualitas biasanya bisa menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda
Untuk mengetahui kualitas konten, Anda bisa lihat engagement dari konten yang dibuatnya. Perhatikan apakah konten tersebut menghadirkan banyak like dan komentar pada setiap postingannya.
Tidak hanya itu, perhatikan juga komentar-komentar yang ada pada setiap konten yang dibuat. Hal ini karena melalui komentar ini lah Anda bisa menentukan apakah influencer tersebut cocok untuk produk Anda atau tidak.
7. Perhatikan Intensitas Update Konten
Tips memilih fashion influencer selanjutnya yaitu dengan memperhatikan intensitas update konten yang dilakukan. Perhatikan apakah influencer tersebut rutin mengunggah konten pada akunnya atau tidak.
Sederhananya begini, Anda ingin mempromosikan produk melalui konten influencer tersebut. Jadi intensitas upload konten harus benar-benar Anda perhatikan.
Influencer yang terlalu sering membuat konten juga tidaklah bagus karena bisa-bisa akan membuat produk Anda malah tidak menarik. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menghindari melakukan promosi melalui IG Story karena postingan tersebut hanya bertahan 24 jam.
8. Buat Perjanjian Kerja Sama
Sekecil apapun bisnis yang sedang Anda jalankan, membuat perjanjian kerja sama secara formal adalah hal yang penting dilakukan. Ini bertujuan untuk menghindari permasalah yang akan menimbulkan dampak buruk dan merugikan kedua belah pihak.
Sudah Tahu Apa Itu Fashion Influencer?
Nah setelah Anda mengetahui pengertian hingga cara memilih fashion influencer tersebut, bisa langsung memulai untuk mencari influencer yang cocok untuk bisnis Anda. Sebaiknya Anda berhati-hati dalam menentukan pilihan, mengingat ini juga membutuhkan biaya dan menjadi penentu keberlangsungan bisnis di masa depan.
Dapatkan berbagai tips bisnis dan informasi seputar KOL management hanya di Virus Media.