apa itu influencer dan manfaatnya untuk bisnis

Apa Itu Influencer? Ini Dia Manfaatnya untuk Perkembangan Bisnis!

Bisnis di era sekarang berbeda jauh dengan bisnis zaman dulu. Pebisnis lama mungkin hanya mengenal istilah sales dan marketing dalam proses penjualan produk. Namun, sekarang ada istilah digital marketing yang memiliki beberapa metode, seperti influencer marketing. Lantas, apa itu influencer

Dalam proses digital marketing pebisnis tidak hanya mengandalkan sosial media saja untuk menarik perhatian konsumen. Akan tetapi, mereka juga membutuhkan bantuan orang lain untuk mempromosikan produk. Orang tersebutlah yang sering disebut sebagai seorang influencer. Yuk, cari tahu lebih dalam lewat artikel berikut!

Apa Itu Influencer?

Secara sederhana, influencer adalah seorang public figure yang memiliki pengaruh besar di kalangan masyarakat dan umumnya memiliki jumlah pengikut atau followers besar di media online seperti Instagram, TikTok, Youtube, Twitter, hingga Blog.

Para public figure tersebut memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh dan dapat mengubah pandangan dan perilaku orang lain melalui sebuah konten. Sederhananya, influencer adalah orang-orang yang berpengaruh di media sosial sehingga bisa meningkatkan penjualan produk yang dipromosikan.

Influencer ini tidak hanya sekadar memiliki ribuan bahkan jutaan followers, namun mereka juga harus benar-benar memiliki kemampuan untuk memberikan influence pada orang lain. Mereka tak hanya memiliki kekuatan untuk menjual barang, namun juga bisa menjadi trendsetter, baik dalam skala kecil maupun besar

Setelah memahami apa itu influencer, kamu pasti sudah mengerti kenapa banyak dari pelaku bisnis yang mulai menerapkan metode digital marketing ini. Apalagi ditambah fakta bahwa, berdasarkan situs Forbes, 92% konsumen jauh lebih mempercayai influencer marketing daripada iklan tradisional. 

Tugas Influencer yang Krusial untuk Bisnis

Setelah membahas tentang apa itu influencer kini saatnya kamu mengetahui tugas dari public figure yang sering berhubungan dengan layanan endorsement ini. Seperti yang sudah disebutkan, dalam marketing tugas utama influencer adalah untuk memengaruhi dan merubah perilaku maupun opini audiens melalui media online.

Pengaruh ini biasanya tidak hanya berupa persepsi dari audiens saja, melainkan juga karakter mereka. Influencer yang sudah terkenal pasti lebih mudah menarik perhatian. Pasalnya mereka sudah memiliki fans dalam jumlah besar, sehingga ketika idolanya menggunakan suatu produk tertentu fans akan ikut membelinya.

Influencer biasanya akan memberikan review sebuah produk yang pemilik bisnis berikan kepadanya. Istilah marketing untuk kegiatan ini ialah endorsement atau endorse yang merupakan bentuk iklan atau promosi oleh public figure. Semakin baik review yang diberikan, semakin besar peluang bisnis bisa meningkatkan penjualan.

Manfaat Influencer untuk Bisnis

Setelah mengetahui apa itu influencer dan tugasnya, belum lengkapnya rasanya jika tidak membahas manfaat penggunaan jasanya terutama di sektor bisnis. Secara umum, mereka akan memberikan banyak sekali keuntungan untuk bisnis. Berikut adalah rangkumannya:

1. Meningkatkan Kepercayaan

Menggunakan jasa influencer akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis maupun brand. Influencer yang profesional biasanya akan lebih mudah untuk menentukan tema konten yang sesuai dengan brand atau bisnis kamu. 

Tidak hanya itu, mereka juga pasti memiliki gaya penyampaian tersendiri yang terlihat lebih menarik, jelas, dan autentik. Sekaligus mengandung soft selling sederhana, namun tetap dapat memikat dan menarik perhatian target audiens.

Apalagi, selain memberikan review, public figure tentu akan menggunakan produk tersebut. Hal itu dilakukan agar followers juga percaya bahwa review yang mereka berikan adalah sebuah kejujuran dan produk yang mereka promosikan memang memiliki kualitas yang baik. 

Sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman yang membuat konsumen mempertanyakan kejujuran review atau rekomendasi yang diberikan oleh public figure tersebut. 

2. Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Manfaat influencer selanjutnya adalah mampu membangun kedekatan dengan audiens atau konsumen. Tentu saja, manfaat yang satu ini akan memberikan dampak baik untuk bisnis. Karena followers akan langsung mencari tahu terkait produk atau brand yang public figure promosikan.

Dari sinilah kamu dapat mengambil kesempatan untuk membangun hubungan yang baik dengan konsumen agar mereka mau membeli produk dan berlangganan. Meskipun terlihat sederhana, namun interaksi bersama pelanggan akan memberikan pengaruh yang baik. Bahkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

3. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Sesuai dengan pembahasan tentang apa itu influencer, bahwa mereka merupakan public figure dengan pengikut yang tidak sedikit di media sosial. Karena itu, manfaat lain yang akan kamu dapatkan jika menggunakan jasa mereka adalah jangkauan konsumen yang jauh lebih luas. 

Ketika kamu melakukan promosi menggunakan jasa mereka, akan lebih banyak orang yang akan mengenal bisnismu. Semakin besar jumlah orang yang mengetahui bisnis, semakin mudah pula untuk kamu mendapatkan konsumen baru. Alhasil, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga perlahan akan makin meningkat.

4. Menambah Followers 

Followers memang bukan sebuah patokan dari kesuksesan sebuah bisnis. Namun, kebanyakan orang menilai bahwa akun bisnis dengan followers yang banyak lebih dapat dipercaya. Karena itu, semakin banyak followers yang akun bisnis kamu miliki semakin tinggi tingkat kredibilitas brand di mata konsumen. 

Untungnya, salah satu manfaat kerja sama dengan public figure adalah mendapatkan pengikut baru. Karena audiens mereka akan merasa penasaran dan mencari tahu brand atau bisnis milikmu, lalu kemungkinan besar mereka akan mengikuti akun bisnis kamu secara sukarela.

5. Memudahkan Penjualan

Setelah mengenal apa itu influencer kamu pasti tahu bahwa mereka dapat membantu bisnis semakin terkenal karena produk semakin terkenal. Namun selain itu, impact yang akan kamu dapatkan ternyata tidak berhenti di situ saja. 

Kerja sama dengan public figure juga akan memberikan kemudahan pada kegiatan penjualan. Penjualan bisnis pasti akan meningkat drastis karena public figure mampu membuat pengikutnya berpikir untuk bisa memakai produk yang sama dengan si idola.

Keuntungan ini tentu tidak dapat dirasakan oleh semua bisnis yang hanya mengandalkan public figure. Karena, pebisnis juga harus bisa mengetahui ciri-ciri influencer yang profesional dan memiliki pengaruh besar di media sosial maupun media lainnya. 

6. Membuat Produk Mendapat Lebih Banyak Perhatian

Manfaat influencer yang terakhir adalah membuat produk atau jasa kamu menjadi pusat perhatian sehingga dapat meningkatkan brand awareness. Entah itu sesuai dengan target atau memperluas target, produk atau jasa milikmu akan menarik lebih banyak perhatian masyarakat. 

Bahkan, kemungkinannya kamu juga akan mendapatkan promosi gratis dari konsumen yang merasa puas dengan produk atau layanan kamu secara sukarela. Jadi, koleksi testimoni kamu juga akan semakin bertambah. Hal tersebut juga akan dapat menimbulkan word of mouth melalui media online.

Sudah Tahu Tentang Apa itu Influencer?

Itulah penjelasan tentang apa itu influencer, tugas, dan manfaatnya untuk bisnis yang perlu kamu ketahui. Peran public figure sangat besar bagi bisnis, terutama untuk kamu yang baru saja merintis. Karena itu, jika ingin mengembangkan bisnis dengan cara yang lebih efektif, strategi digital marketing ini wajib kamu terapkan!

Dapatkan berbagai tips bisnis dan informasi seputar KOL management hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin