tips meningkatkan penjualan dengan tiktok untuk pemula

Tips Meningkatkan Penjualan dengan TikTok untuk Pemula

Tips meningkatkan penjualan dengan TikTok sangat bermanfaat untuk para pebisnis, terutama bisnis dengan target pasar generasi muda. Pasalnya, sebagian besar pengguna TikTok adalah kalangan usia remaja hingga dewasa muda. 

Apalagi Tiktok juga mendukung aktivitas bisnis melalui TikTok Ads. Fitur ini bisa membantu kamu dalam melakukan promosi marketing. Yuk, cari tahu bagaimana cara melakukan kampanye marketing menggunakan TikTok!

Tips Meningkatkan Penjualan dengan TikTok

Perlu kamu ketahui, bahwa strategi marketing TikTok memang masih tergolong baru. Namun, ternyata strategi tersebut memiliki potensi yang cukup besar untuk perkembangan bisnis. Penasaran bagaimana caranya? Simak tips meningkatkan penjualan dengan TikTok berikut ini:

1. Kenali Cara Kerja TikTok

TikTok merupakan salah satu platform media sosial yang fokus pada sharing konten video. Setiap konten video yang bisa kamu buat berdurasi 15 detik, namun juga bisa kamu gabung menjadi 60 detik lamanya. 

Oleh karena itu, kamu bisa membuat konten video promosi produk. Setelah itu, kamu bisa menambahkan efek video serta latar musik yang menarik audience. 

Nantinya, para pengguna TikTok dapat memberikan berbagai komentar, like, bahkan kemungkinan akan melakukan share. Semakin banyak interaksi yang terjadi, semakin tinggi pula peluang TikTok untuk mempromosikan akun kamu kepada pengguna lainnya. 

Selain itu, dengan adanya engagement rate yang lebih tinggi dari platform lain. Sudah tentu, TikTok bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk membangun brand awareness produk agar lebih optimal. 

2. Tetapkan Tujuan Bisnis

Tips meningkatkan penjualan dengan TikTok selanjutnya adalah dengan menetapkan tujuan bisnis. Kebanyakan orang membuat akun TikTok hanya untuk bersenang-senang saja. Namun, akan jauh lebih baik apabila kamu memiliki goals yang berkaitan dengan tujuan bisnismu secara keseluruhan. 

Jadi, kamu bisa mulai merencanakan pembuatan TikTok ini untuk menjangkau audiens baru. Selain itu, melalui TikTok kamu juga bisa meningkatkan citra merek, melakukan promosi produk, hingga memperkuat hubungan dengan pelanggan. 

3. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Perlu kamu ketahui, bahwa konten video TikTok sangat bergantung pada hashtag dan pencarian sesuai judul. Melalui menu Discover, video tersebut akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang sedang trending. Penggunaan hashtag ini tentunya akan membantu kamu dalam meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis. 

Namun, kamu sebaiknya menghindari hashtag yang terlalu umum. Sebab, penggunaan hashtag yang umum akan membuat konten mudah tenggelam. 

Jadi, lebih baik gunakan hashtag yang lebih spesifik agar konten bisnismu bisa mendapatkan spotlight. Pilih juga hashtag yang relevan dengan bisnis dan tambahkan hashtag #fyp agar kontenmu muncul pada halaman depan audiens

4. Melakukan Kerjasama dengan Influencer

Meskipun beberapa orang menganggap bahwa review yang diberikan oleh influencer cenderung berlebihan. Namun, faktanya daya pikat dari influencer tidak bisa terabaikan begitu saja. 

Hal terpenting dalam melakukan tips meningkatkan penjualan dengan TikTok ini adalah memilih influencer yang cocok dengan target audiens dan tujuan promosi yang ingin kamu lakukan. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih influencer mana yang nantinya bisa mendapatkan banyak respon dari pengguna Tik Tok. Sehingga, ketika konten sudah terunggah, akan ada banyak pengguna yang tertarik dan memberikan tanggapan. 

5. Cari Ide Konten Menarik

Selain mengetahui bagaimana cara kerja TikTok, kamu juga harus mampu mencari ide konten video yang menarik sebagai salah satu strategi marketing. Kamu bisa mencoba menggunakan tools yang ada dalam TikTok, seperti Ahrefs atau Ubersuggest. 

Tujuan penggunaan fitur ini adalah untuk mengetahui trend keyword sesuai dengan kebutuhan audiens atau produk bisnismu. Cara lainnya adalah dengan bertanya kepada audiens melalui postingan di beberapa media sosial atau melakukan polling atas beberapa topik pilihan yang relevan. 

6. Tentukan Target Audiens

Tips meningkatkan penjualan dengan TikTok selanjutnya adalah dengan menentukan target audiens bisnis. Karena itu, kamu perlu mempelajari demografi TikTok serta identifikasi audiens yang kemungkinan akan tertarik dengan produk atau layanan kamu. 

Kamu bisa mencoba untuk membuat persona dari target audiens untuk melihat hasil yang lebih spesifik. Jadi, selain demografi kamu juga bisa mempelajari minat dan perilaku mereka. Namun, kamu harus ingat untuk tidak mengesampingkan audiens yang tidak terduga atau tidak sesuai dengan target. 

7. Ikuti Tren di TikTok

Selalu memantau tren yang sedang ramai dicoba oleh para pengguna merupakan salah satu cara dalam memaksimalkan TikTok sebagai media promosi. 

Kamu harus tetap update dengan semua perubahan yang ada dalam TikTok. Jadikan setiap konten yang ada sebagai inspirasimu dalam membuat sesuatu yang lebih kreatif dan relevan dengan tren. 

Selain itu, hal yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah mencari ciri khas tersendiri dari bisnis yang sedang kamu jalankan. Kemudian, kamu bisa menuangkannya pada setiap konten yang akan kamu buat. Sehingga kamu tidak hanya meniru apa yang sudah ada. 

8. Pasang Iklan

Tips meningkatkan penjualan dengan TikTok selanjutnya adalah dengan memasang iklan. Hal tersebut merupakan salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan online di TikTok dengan cara yang lebih cepat.

Sebab, TikTok juga memiliki sistem periklanan yang formal. Jadi, kamu bisa memasang iklan dengan lebih mudah. Contoh jenis iklan yang TikTok sediakan antara lain adalah pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah kamu membuka aplikasi. 

Selain itu, ada juga In-feed ads yang muncul pada bagian tengah feed akun, promoted hashtag challenges atau video promosi dengan menggunakan hashtag tertentu. Serta, branded effect yang menyediakan filter dengan kemampuan menampilkan informasi dari brand tertentu. 

Melalui berbagai macam fitur iklan tersebut, kamu bisa lebih berkreasi sesuai dengan tren dan fasilitas yang TikTok sediakan. Buatlah iklan yang tidak hanya akan mencuri perhatian audiens, melainkan juga bisa membangun keinginan audiens untuk mencoba menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan tersebut. 

9. Lihat Data Analytics TikTok Ads

Tips meningkatkan penjualan terakhir adalah dengan melihat data analytics TikTok Ads. Jika menggunakan TikTok Ads, maka kamu bisa melakukan beberapa analisa. Salah satunya adalah menganalisa apakah promosi yang kamu jalankan berjalan dengan baik atau tidak. 

Caranya sendiri juga cukup mudah. Kamu hanya perlu klik saja pada menu Analytics di akun TikTok milikmu. Setelah itu, klik “View Analytics” untuk melihat hasil analisa dari setiap postingan yang kamu buat. 

Selain itu, TikTok juga memiliki fitur followers analytics. Manfaat dari fitur ini adalah untuk memberikan kamu insight mengenai perilaku dari para pengikutmu. Mulai dari konten seperti apa yang banyak dilihat, kapan waktu audiens online, dan masih banyak lagi lainnya. 

Kamu Tertarik Melakukan Promosi Menggunakan TikTok?

Itulah beberapa tips meningkatkan penjualan dengan TikTok yang bisa kamu pelajari. Tentunya tips tersebut perlu kamu lakukan secara berkala, sehingga pengembangan bisnis yang sedang kamu jalankan tersebut bisa lebih maksimal. Kamu sudah siap menerapkan strategi marketing TikTok di atas?

Dapatkan informasi serta tips bisnis dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin