KOL Management merupakan istilah yang sering terdengar dalam dunia digital agency. Sebelum memahami istilah tersebut, pertama Kita harus memahami fungsi KOL di industri digital yang sedang berkembang sangat pesat di masa ini.
KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader. Seorang KOL biasanya sangat diandalkan oleh para pengikutnya pada platform media sosial karena dianggap sangat ahli atau mengerti pada suatu bidang. Peran mereka sebagai seorang influencer sangatlah membantu bagi pemilik sebuah brand untuk melakukan promosi terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan.
Jika definisi KOL sendiri sudah dipahami maka KOL Management adalah perusahaan yang mampu menangani para KOL yang tersebar di media sosial. Perusahaan tersebut membantu para KOL dalam mengarahkan mereka untuk mampu memasarkan jasa influencer kepada berbagai brand dengan berbagai target market yang telah ditentukan. Anggap KOL Management adalah penengah bagi sebuah perusahaan untuk menemukan influencer yang sesuai dengan image dari brand tersebut.
Dapat diartikan juga bahwa KOL Management berdiri diantara sebuah perusahaan dengan seorang KOL. Tugas dari KOL Management adalah memastikan bahwa keinginan antara kedua belah pihak dapat terpenuhi sehingga output yang dihasilkan maksimal dan sesuai dengan target yang telah ditentukan.
Sebelum menentukan seorang KOL, biasanya perusahaan KOL Management akan melakukan identifikasi terlebih dahulu terhadap performa seorang KOL berdasarkan aktivitasnya pada suatu platform media sosial. Ini berguna untuk menghitung seberapa besar impact yang dihasilkan oleh seorang KOL kepada para pengikutnya. Dengan ini KOL Management dapat menentukan bentuk kerjasama serta harga yang sesuai untuk ditawarkan kepada perusahaan atau brand yang membutuhkan jasa KOL untuk sebuah campaign.
Profesi tersebut bertugas mengimplementasikan sistem manajemen yang baik untuk menjaga hubungan kerjasama antara seorang KOL dan perusahaan sebagai client. Dengan ini target yang ditentukan dapat tercapai dan tidak ada yang merasa dirugikan pada proses pembuatan campaign perusahaan. Hubungan yang terjaga tentunya memudahkan perusahaan KOL Management untuk tetap menjalankan project atau campaign di masa yang akan datang dengan KOL yang sama atau perusahaan yang sama.
Virus Media Investara adalah salah satu digital agency yang menawarkan KOL Management bagi perusahaan apapun yang membutuhkan jasa tersebut. Kami mengemukakan sistem manajemen yang baik sehingga dapat memaksimalkan performa KOL sesuai kebutuhan dan target yang diinginkan oleh sebuah perusahaan. Hubungi Kami melalui kontak pada website Kami untuk langsung terhubung dengan Sales Team.
KOL Management merupakan istilah yang sering terdengar dalam dunia digital agency. Sebelum memahami istilah tersebut, pertama Kita harus memahami fungsi KOL di industri digital yang sedang berkembang sangat pesat di masa ini. KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader. Seorang KOL biasanya sangat diandalkan oleh para pengikutnya pada platform media sosial karena dianggap sangat ahli atau mengerti pada suatu bidang. Peran mereka sebagai seorang influencer sangatlah membantu bagi pemilik sebuah brand untuk melakukan promosi terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan.
Jika definisi KOL sendiri sudah dipahami maka KOL Management adalah perusahaan yang mampu menangani para KOL yang tersebar di media sosial. Perusahaan tersebut membantu para KOL dalam mengarahkan mereka untuk mampu memasarkan jasa influencer kepada berbagai brand dengan berbagai target market yang telah ditentukan. Anggap KOL Management adalah penengah bagi sebuah perusahaan untuk menemukan influencer yang sesuai dengan image dari brand tersebut.
Dapat diartikan juga bahwa profesi tersebut berdiri diantara sebuah perusahaan dengan seorang KOL. Tugas mereka adalah memastikan bahwa keinginan antara kedua belah pihak dapat terpenuhi sehingga output yang dihasilkan maksimal dan sesuai dengan target yang telah ditentukan.
Sebelum menentukan seorang KOL, biasanya perusahaan terseut akan melakukan identifikasi terlebih dahulu terhadap performa seorang KOL berdasarkan aktivitasnya pada suatu platform media sosial. Ini berguna untuk menghitung seberapa besar impact yang dihasilkan oleh seorang KOL kepada para pengikutnya.
Dengan ini KOL Management dapat menentukan bentuk kerjasama serta harga yang sesuai untuk ditawarkan kepada perusahaan atau brand yang membutuhkan jasa KOL untuk sebuah campaign.
KOL Management bertugas mengimplementasikan sistem manajemen yang baik untuk menjaga hubungan kerjasama antara seorang KOL dan perusahaan sebagai client. Dengan ini target yang ditentukan dapat tercapai dan tidak ada yang merasa dirugikan pada proses pembuatan campaign perusahaan. Hubungan yang terjaga tentunya memudahkan perusahaan tersebut untuk tetap menjalankan project atau campaign di masa yang akan datang dengan KOL yang sama atau perusahaan yang sama.