apa itu KOL management dan kelebihannya

Apa Itu KOL Management? Mengenal Tugas dan Kelebihannya

Dunia digital marketing semakin hari semakin meningkatkan eksistensinya. Setiap bisnis, saat ini pasti membutuhkan strategi khusus untuk digital marketing. Salah satu cara paling efektif untuk digital marketing adalah menggunakan talent atau KOL management. Lalu, apa itu KOL management? Simak info menariknya berikut ini!

Apa Itu KOL Management?

KOL management adalah usaha suatu bisnis untuk mengatur strategi digital marketing menggunakan key opinion leader atau seringkali disebut dengan KOL. KOL sendiri adalah orang yang memiliki pengaruh besar terhadap society, seperti artis, influencer, pejabat, dan sebagainya.

Sebuah bisnis akan memilih KOL, selebriti, atau influencer yang menarik untuk melakukan kerja sama dengan brand bisnis.  KOL berperan untuk mempromosikan serta memasarkan brand bisnis tersebut.

KOL management marketing terdiri dari beberapa langkah dalam implementasinya, yaitu identifikasi, pemetaan, segmentasi, perencanaan, pelibatan, dan membangun hubungan baik dengan KOL.

Langkah-langkah tersebut saling berkesinambungan dan berkaitan satu sama lain.  Hal ini akan menciptakan sinergi untuk membuat sistem KOL management yang tertata rapi.

Tugas KOL Management

Setelah mengetahui apa itu KOL management beserta definisi lengkapnya. Kini saatnya kamu untuk apa saja tugas KOL management. Berikut ini adalah beberapa tugas dari KOL management yang dapat kamu jadikan sebagai acuan:

1. Melakukan Pemetaan KOL

Tugas pertama untuk seorang KOL management adalah melakukan pemetaan KOL. Ada banyak sekali KOL yang dapat kamu ajak untuk bekerja sama dalam promosi brand. Namun, tidak semua KOL memiliki efektivitas yang baik untuk brand yang kamu kembangkan. 

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan dalam memilih KOL untuk kerja sama campaign:

  • Melihat kesesuaian KOL dengan brand. Misalnya, jika brand yang kamu miliki adalah brand kosmetik dan kecantikan, maka KOL yang sesuai adalah wanita dan beauty vloggers.
  • Melihat tingkat engagement akun milik KOL. Upayakan untuk menggunakan KOL yang konsisten membuat konten berkualitas, bukan konten spam. Semakin banyak jumlah followers, akan semakin baik.
  • Menganalisa isu-isu terkait KOL. Percaya atau tidak, apabila seorang KOL memiliki citra yang buruk di mata publik, maka brand yang menjalin kerja sama akan terkena imbasnya.

2. Menjalin Hubungan dengan KOL

Tugas selanjutnya sebagai KOL management adalah menjalin hubungan dengan KOL. Kamu memiliki tugas sebagai KOL management untuk menghubungi KOL untuk menjelaskan bahwa brand mu tertarik untuk menjalin kerja sama promosi dengan pihak KOL.

Tidak berhenti sampai disitu, komunikasi antara pihak KOL dan pihak brand harus tetap berlanjut hingga kampanye promosi berlangsung. Pastikan KOL mendapatkan informasi detail dan lengkap mengenai produk, agar tidak ada kesalahan selama masa promosi berlangsung. Kamu juga harus mengakhiri kerja sama dengan baik apabila kampanye telah berakhir.

3. Terlibat dalam Proses Pembuatan Campaign Bersama KOL

Selama kampanye promosi berlangsung, umumnya seorang KOL akan membuat berbagai macam konten untuk mempromosikan suatu brand. Peran KOL management di sini adalah mendampingi KOL atau influencer dalam proses pembuatan konten.

Pendampingan ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan informasi yang disampaikan oleh KOL kepada audiens. Selain itu, pendampingan KOL juga berfungsi untuk menunjukkan profesionalitas dari sebuah brand selama melakukan kerja sama promosi dengan KOL.

4. Menganalisa dan Memantau Kinerja KOL

Tugas selanjutnya dari KOL management adalah menganalisa dan memantau kinerja KOL. Seorang KOL merupakan partner kerja sama dalam waktu sementara, bukan sebagai karyawan tetap dari sebuah bisnis. Oleh karena itu, pemantauan terhadap KOL menjadi hal yang sangat penting.

KOL management berkewajiban untuk memantau unggahan konten kampanye atau promosi pada akun media sosial. Pastikan waktu unggah sesuai dengan kesepakatan. Selain itu, kamu juga harus menganalisa kesesuaian isi konten dan promosi/ kampanye. Usahakan tidak ada hal yang tumpang tindih antara keduanya.

5. Mengatur Jadwal Campaign antara KOL dengan Brand

Tugas selanjutnya dalam bidang KOL management adalah mengatur jadwal campaign antara KOL dengan brand. Jadwal campaign ini merupakan hal yang paling penting, karena akan menyangkut kesuksesan campaign itu sendiri. Seorang KOL pasti memiliki kerja sama dengan beberapa brand dalam waktu berdekatan.

Oleh karena itu, adanya jadwal campaign berguna agar tidak ada tabrakan jadwal antara brand satu dan brand lain. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa tidak ada campaign dari kompetitor kepada KOL bersangkutan dalam waktu berdekatan dengan jadwal campaign yang telah kamu tentukan.

Kelebihan KOL management

Selain memiliki tugas yang kompleks, adanya KOL management juga memberikan sebuah kelebihan bagi suatu bisnis atau perusahaan. Tak heran, banyak bisnis yang mulai melakukan rekrutmen tenaga kerja KOL specialist untuk mengatur KOL management. Berikut ini adalah beberapa kelebihan KOL manajemen bagi bisnis:

1. Meningkatkan Brand Awareness Sebuah Produk

Manfaat pertama adalah meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. KOL yang baik dapat membantu perusahaan untuk menjaga nama baik sekaligus memberikan dampak dengan meningkatkan citra perusahaan atau sebuah bisnis. 

Dengan begitu, adanya manajemen KOL dapat membuat KOL lebih ter-planning dan berhati-hati dalam melakukan promosi atau campaign. Sebab mereka akan berperan dalam garda terdepan promosi produk, sehingga mereka memiliki tanggung jawab lebih untuk menjaga nama baik sebuah brand.

2. Membuat Sistem KOL Menjadi Lebih Terstruktur

KOL manajemen pastinya juga akan membentuk sebuah kerja sama antara perusahaan dengan seorang KOL menjadi lebih terstruktur rapi dan sesuai dengan jadwal kesepakatan. Misalnya saja, perusahaan dapat menetapkan waktu unggah konten di sosial media milik KOL. 

Untuk mengunggah konten pada laman media sosial KOL, kamu perlu mempertimbangkan kapan waktu posting yang akan mendapatkan engagement paling tinggi. Selain itu, jalannya promosi atau marketing campaign juga akan lebih tertata, karena adanya jadwal tersebut.

3. Alur Promosi yang Lebih Teratur

Pada umumnya, manajemen promosi akan terbagi menjadi 3 fase, yaitu pra kampanye, kampanye, dan pasca kampanye. Adanya KOL manajemen akan membantu bisnis untuk mempunyai alur promosi dan pemasaran yang lebih tertata. Sehingga dengan demikian, semua proses promosi akan berjalan secara lebih efektif dan efisien.

4. Membantu Meningkatkan Citra Positif Perusahaan

Adanya sistem KOL manajemen ternyata juga mampu membantu meningkatkan citra positif perusahaan. Hal ini karena jika kamu bekerja sama dengan KOL, maka segala sesuatu harus tersusun dengan rapi, dimana tugas itu merupakan tugas dari KOL manajemen.

Apabila pihak KOL sebagai pihak yang melakukan kerja sama dengan bisnis mu merasa puas dengan pekerjaannya. Tentu mereka akan memberikan feedback positif yang secara tidak langsung dapat meningkatkan citra positif perusahaan, bukan hanya citra sebuah produk saja.

Sudah Memahami Apa Itu KOL Management Marketing?

Sekian penjelasan mengenai apa itu KOL management serta beberapa tugas dan kelebihannya dalam sebuah bisnis. Membuat manajemen KOL merupakan salah satu kiat atau strategi untuk membuat suatu bisnis lebih berkembang dan maju. Oleh karena itu, yuk segera buat sistem KOL manajemen untuk  eksistensi bisnis mu!

Dapatkan berbaga informasi lainnya seputar KOL management hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin