Ide konten Instagram harus fresh dan unik, agar menarik banyak audiens. Apalagi jika konten tersebut berkaitan dengan bisnis yang kamu kelola saat ini. Saat ini, Instagram memang jadi salah satu media yang efektif untuk kegiatan marketing.
Contents
- 15 Ide Konten Instagram Bisnis yang Menarik
- 1. Unggah Tutorial Singkat
- 2. Maksimalkan Reels dengan Konten Viral
- 3. Upload Behind the Scene atau Kegiatan di Belakang Layar
- 4. Unggah Postingan dengan Tema yang Seragam
- 5. Live Instagram dengan Tamu Spesial
- 6. Mengadakan Kuis atau Polling
- 7. Mengadakan Giveaway
- 8. Membuat Countdown
- 9. Kolaborasi dengan Influencer
- 10. Rayakan Tanggal Penting atau Hari Spesial
- 11. Manfaatkan Highlight
- 12. Fakta Menarik atau Statistik
- 13. Membagikan Kisah Sukses
- 14. Rekomendasi
- 15. Daur Ulang Konten
- Sudah Tahu Bagaimana Membuat Konten Instagram Bisnis yang Menarik?
15 Ide Konten Instagram Bisnis yang Menarik
Seperti penjelasan sebelumnya, Instagram adalah wadah paling efektif untuk menerapkan strategi digital marketing. Nah, agar konten kamu berhasil mencuri perhatian audiens, ikuti 15 ide konten Instagram berikut ini:
1. Unggah Tutorial Singkat
Contoh ide konten Instagram pertama adalah mengunggah tutorial singkat di Instagram Story atau Feed. Usahakan tutorial ini berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan.
Misalnya, kamu menjalankan bisnis kosmetik. Maka konten tutorial yang bisa kamu coba adalah tips makeup flawless, tutorial membuat alis, tutorial menggunakan produk skincare, dan lainnya.
Jika bisnis milikmu fokus di bidang fashion, kamu bisa membagikan tutorial memadukan outfit ala cewek mamba, cewek kue, cewek bumi, dan tren fashion yang sedang viral lainnya, agar menarik.
Keterhubungan ide konten dengan bisnis akan membawa dampak baik untuk bisnis sekaligus meningkatkan omset penjualan. Sebab, tujuan platform media Instagram bagi pebisnis adalah memaksimalkan kegiatan marketing.
2. Maksimalkan Reels dengan Konten Viral
Reels adalah fitur baru yang diluncurkan oleh Instagram. Fitur ini sekilas hampir mirip seperti tampilan video di TikTok.
Saat ini, fitur Reels sudah mulai banyak digunakan oleh para influencer, content creator, dan perusahaan bisnis. Tujuannya agar jangkauan audiens lebih banyak dan meningkatkan engagement profil Instagram.
Agar tujuannya tercapai, kamu harus membuat konten yang berkaitan dengan hal-hal viral. Misalnya, menambahkan lagu yang sedang populer sebagai backsound konten serta menyertakan hashtag yang paling banyak digunakan.
Biasanya, ide konten Instagram yang cocok untuk fitur Reels adalah seputar tips, entertainment, dan konten seru yang mudah dipahami oleh audiens.
3. Upload Behind the Scene atau Kegiatan di Belakang Layar
Konten seputar behind the scene atau kegiatan di belakang layar ternyata juga efektif untuk menarik perhatian audiens, lho.
Kamu bisa membagikan bagaimana kinerja para pegawai, seperti proses pembuatan produk, pengemasan, kegiatan live streaming para sales, atau juga bisa office tour yang menampilkan situasi kantor bisnis kamu.
Unggah kegiatan di belakang layar ini di fitur Reels, Feed, atau Instagram Story. Untuk durasinya pastikan tidak lebih dari 2 menit, agar audiens tidak bosan.
4. Unggah Postingan dengan Tema yang Seragam
Ide konten Instagram bisnis berikutnya adalah mengunggah posting-an yang seragam atau berseri. Dalam penerapannya, kamu harus menemukan tema yang relevan dengan bisnis kamu.
Tata letak unggahan di Feed Instagram terkadang menjadi penilaian tersendiri bagi audiens. Inilah alasan kenapa kamu harus mempertimbangkan tampilan Feed yang menarik dan terkonsep.
Contoh, dalam 1 minggu tim sosial media harus mengunggah 6 konten di Feed Instagram. Nah, keenam konten tersebut harus kamu bagi, agar tampilannya tidak bertabrakan.
Misalnya, untuk konten pertama seputar keunggulan produk A. Kemudian di konten kedua membahas review dari pelanggan yang menggunakan produk A. Lalu, di konten ketiga kamu bisa mengunggah promo menarik seputar produk A.
Kamu bisa meneruskan cara tersebut untuk konten-konten selanjutnya. Jika kamu ingin membahas sebuah produk, usahakan jangan mengunggah produk lainnya, agar tidak bertabrakan. Kamu bisa mengunggah produk lain untuk jadwal berikutnya.
5. Live Instagram dengan Tamu Spesial
Melakukan live streaming di Instagram juga termasuk salah satu cara yang efektif menarik perhatian audiens. Apalagi jika kegiatan ini kamu mengajak tamu spesial yang memiliki pengikut banyak.
Contoh, jika kamu memiliki bisnis kosmetik, kamu bisa mengajak beauty influencer populer untuk mengadakan live streaming di Instagram. Usahakan untuk memilih tamu spesial yang relevan dengan bisnis kamu, ya.
6. Mengadakan Kuis atau Polling
Terlihat sederhana, ternyata kuis atau polling merupakan ide konten Instagram yang bisa menarik perhatian audiens. Kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Story untuk menerapkan ide menarik satu ini.
Dengan adanya kuis atau polling, hubungan kamu dengan audiens akan jauh lebih dekat. Semakin dekat hubungan yang kamu bangun, maka semakin besar peluang terciptanya loyalitas pelanggan.
Membuat kuis atau polling juga harus kamu sesuaikan dengan bisnis atau produk yang ingin kamu pasarkan. Contoh, kamu ingin memperkenalkan produk skincare untuk kulit jerawat, maka buatlah kuis yang berhubungan dengan jerawat. Misalnya, menanyakan kandungan yang cocok untuk kulit berjerawat.
7. Mengadakan Giveaway
Kegiatan bisnis akan selalu berkaitan dengan konten satu ini. Yup, giveaway adalah kegiatan yang efektif untuk memperkenalkan produk atau bisnis milikmu terhadap masyarakat luas.
Kamu juga bisa meningkatkan jumlah pengikut di Instagram lewat kegiatan ini. Caranya adalah mengharuskan para pengikut giveaway untuk mengikuti akun Instagram bisnis milikmu.
Selain meminta mereka untuk mengikuti akun Instagram, kamu juga bisa meminta mereka untuk menyukai, berkomentar, dan membagikan kegiatan giveaway di Instagram Story mereka.
8. Membuat Countdown
Contoh ide konten Instagram yang juga bisa kamu coba adalah membuat countdown di Instagram Story. Biasanya, kegiatan ini cocok untuk event atau peluncuran produk baru.
Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengisi tanggal dan waktu di fitur countdown di Instagram Story. Agar lebih menarik, jangan lupa untuk menyertakan informasi seputar countdown tersebut.
9. Kolaborasi dengan Influencer
Mengajak influencer berkolaborasi juga mampu memberikan dampak positif terhadap bisnis milikmu, lho.
Pilihlah influencer yang cocok dan memiliki latar belakang bagus. Tujuannya, agar kegiatan promosi yang dilakukan oleh influencer tersebut bisa mencapai target penjualan yang kamu harapkan.
10. Rayakan Tanggal Penting atau Hari Spesial
Salah satu momen spesial yang bisa kamu manfaatkan untuk kepentingan bisnis adalah Hari Belanja Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Desember. Manfaatkan momen ini dengan kegiatan promosi yang menarik.
Maksimalkan fitur Instagram Story dan Feed Instagram untuk menyampaikan informasi tersebut kepada audiens. Usahakan tampilan gambar atau video menggunakan resolusi tinggi, agar menarik.
11. Manfaatkan Highlight
Supaya audiens tidak ketinggalan informasi penting, kamu bisa memanfaatkan fitur highlight. Gabungkan story yang senada dalam satu highlight. Jangan lupa untuk menambahkan judul, agar audiens tahu isi highlight tersebut!
Informasi penting yang bisa kamu jadikan highlight, antara lain informasi produk, QnA, dan informasi penting lainnya.
12. Fakta Menarik atau Statistik
Konten bisnis juga bisa kamu kemas dengan tujuan mendidik. Tujuannya, agar konten kamu bernilai dan memberikan dampak langsung terhadap audiens.
Sajikan fakta menarik atau data statistik yang valid dan berkaitan dengan bisnis milikmu. Misalnya, manfaat kandungan hyaluronic acid di dalam skincare, fungsi non-comedogenic di dalam bedak, dan lainnya.
13. Membagikan Kisah Sukses
Membagikan kisah sukses dan inspiratif juga termasuk ide konten Instagram yang bisa kamu buat. Ceritakanlah bagaimana kamu memulai bisnis, kendala apa saja yang kamu hadapi, dan bagaimana cara melewatinya. Kamu juga bisa memilih orang lain yang memiliki kisah inspiratif.
14. Rekomendasi
Selanjutnya adalah memberikan rekomendasi produk sesuai dengan kebutuhan audiens. Cara ini bisa memberikan insight, sehingga mengundang likes, komentar, dan save yang banyak.
Hal ini akan meningkatkan engagement profil Instagram kamu. Semakin bagus engagement yang kamu dapatkan, maka semakin besar peluang akun bisnis milikmu terkenal.
15. Daur Ulang Konten
Terakhir adalah melakukan daur ulang konten-konten lama. Jika kamu memiliki saluran pemasaran lain seperti podcast, kamu bisa menjadikannya sebagai konten di Instagram bisnis milikmu.
Tentu saja kamu harus mengubah konsep tersebut sesuai dengan template Instagram. Misalnya, mengambil potongan video podcast milikmu, lalu membagikan ulang di Feed Instagram. Bagaimana? Menarik, bukan?
Sudah Tahu Bagaimana Membuat Konten Instagram Bisnis yang Menarik?
Itulah 15 ide konten Instagram yang bisa kamu terapkan secara langsung di akun bisnis milikmu. Dalam proses mengelola akun bisnis, kamu harus membutuhkan kesabaran dan konsisten yang tinggi untuk membuat konten-konten yang berkualitas. Selamat mencoba, ya.
Dapatkan informasi serta tips social media dan lainnya hanya di Virus Media.