ide konten facebook untuk bisnis

15 Ide Konten Facebook untuk Mengembangkan Bisnis Kamu

Facebook menjadi salah satu platform jualan yang cukup populer. Jika berbisnis melalui Facebook, kamu harus membuat konten komunikatif yang bisa mengenalkan produk kamu dan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan ide konten Facebook yang dapat membuat bisnismu sukses.

15 Ide Konten Facebook untuk Bisnis Kamu

Di bawah ini adalah beberapa ide konten yang bisa kamu terapkan untuk bisnis di Facebook:

1. Konten Q&A (Tanya Jawab)

Konten Facebook ini dinilai akan menaikkan keterlibatan audiens secara signifikan. Kamu bisa menggunakan polling pertanyaan dengan format beragam, seperti pilihan ganda, terbuka, atau ya/tidak.

Selain itu, kamu bisa membagikan sudut pandang atau pendapat perusahaan kamu lalu tanyakan kepada audiens apakah mereka setuju atau bahkan memiliki perspektifnya sendiri.

Ketika kamu memberikan pertanyaan berupa pilihan ke Facebook kamu, jangan lupa untuk menyertakan opsi “lainnya”. Hal ini bertujuan agar mendorong konsumen untuk membagikan postingan tersebut atau berkomentar.

2. Giveaway

Ide konten Facebook selanjutnya adalah dengan memberikan giveaway kepada para konsumen kamu. Ide ini bisa sangat mudah menaikan interaksi antara konsumen dan brand. Sebab, para konsumen yang mengikuti giveaway ingin mendapatkan produk yang akan kamu berikan.

Agar bisa mendapatkan hadiah tersebut, kamu bisa mendorong para audiens untuk melakukan hal seperti membagikan postingan tersebut atau menyuruh tag teman-teman mereka. Untuk melakukan giveaway, pilih momen yang bertepatan dengan acara penting, seperti ulang tahun bisnis kamu ataupun perilisan produk baru.

3. Berbagi Tips

Berbagi tips merupakan cara lain agar bisnis kamu di Facebook lebih dikenal. Ide konten ini bisa meningkatkan kepercayaan dan menunjukan kalau kamu ahli dan tahu tentang produk yang kamu jual. 

Kamu bisa menyajikan berbagai tips yang terkait dengan produk kamu dengan beberapa format seperti video tutorial dan infografis.

4. Testimoni Pelanggan

Kebanyakan konsumen, lebih mempercayai testimonial daripada iklan yang menampilkan seribu manfaat. Hal inilah yang bisa kamu manfaatkan sebagai ide konten Facebook bisnis kamu. 

Testimoni pelanggan tidak hanya membangun kepercayaan, tetapi juga membantu membangun komunitas di sekitar brand kamu. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membagikan screenshot layar tentang ulasan pelanggan atau mempublikasikan video testimoni produk kamu dengan lengkap.

5. Membagikan Meme dan Gambar Viral

Ide konten tidak harus selalu tentang perusahaan dan produk kamu saja. Terdapat ide yang dapat membuat perusahaan kamu lebih interaktif, yakni dengan membagikan meme dan gambar yang bahkan tidak ada sangkut pautnya dengan bisnis kamu.

Tujuan membagikan meme tersebut adalah untuk membuat audiens terhibur. Selain itu, meme tersebut juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan bahwa kamu memahami target audiens.

6. Preview Produk Baru

Ide konten Facebook ini sangat cocok jika bisnis kamu punya produk yang akan segera rilis. Jadi, selain bisa merayu konsumen dengan gambar, kamu bisa menunjukkan video preview atau pratinjau singkat yang memberi tahu konsumen tentang produk tersebut.

Preview produk dalam bentuk video bisa mendapatkan lebih banyak engagement daripada dalam bentuk gambar yang sifatnya statis. Oleh karena itu, buatlah video preview yang menarik dan memiliki kesan misterius agar konsumen penasaran dengan produk tersebut.

7. Foto Produk

Para konsumen sangat senang dengan visual. Jadi membagikan gambar produk kamu merupakan ide konten yang bisa kamu lakukan.

Cara ini tentu wajib untuk kamu lakukan. Sebab, jika kamu tidak memperlihatkan produkmu, audiens tidak akan tahu apa yang kamu tawarkan. Cara ini juga bisa menciptakan engagement, terutama jika foto produk kamu dibungkus dengan tema dan konsep yang unik.

8. Membagikan Konten di Blog

Jika kamu memiliki blog yang berisi informasi terkait produk, maka kamu bisa membagikannya di Facebook. Ide konten Facebook bisnis ini bisa meningkatkan traffic blog kamu dengan mendorong para audiens untuk pergi ke sana.

Tautkan setiap postingan blog secara rutin di halaman Facebook bisnis kamu. Jangan lupa untuk menyertakan gambar untuk memicu rasa ingin tahu audiens. Dengan begitu, audiens akan mengetahui konten kamu bukan hanya ada di Facebook saja.

9. Membagikan Pencapaian Bisnis Kamu

Bagikan pencapaian yang bisnis kamu dapatkan kepada para audiens. Jadikan mereka bagian dari perayaan pencapaian tersebut. Beberapa pencapaian yang bisa kamu rayakan mulai dari ulang tahun perusahaan, tempat kerja baru, mencapai 500.000 ribu follower, produk sold out dalam waktu cepat, dan sebagainya.

10. Posting Hal yang Sedang Trending

Kamu bisa memposting topik-topik yang sedang trending dan menciptakan engagement dengan berinteraksi kepada pengikut kamu. Selain itu, ide konten Facebook bisnis ini bisa memancing komentar dan like dari orang yang tidak/belum menjadi pengikut produk kamu.

11. Posting Diskon dan Penjualan

Memposting diskon dan penjualan di Facebook merupakan cara yang bagus untuk memastikan semua segmen audiens mengetahui penawaranan bisnis kamu. Jika kamu menjalankan toko online, maka bisa menyertakan kode diskon dalam konten tersebut. Berikan juga call-to-action agar mendorong audiens untuk segera berbelanja.

12. Berkolaborasi dengan Influencer

Tidak bisa dipungkiri bahwa influencer bisa memengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Oleh karena itu, ide konten Facebook dengan melibatkan influencer cukup efektif dalam meningkatkan penjualan.

Bekerjasamalah bersama influencer untuk mempromosikan bisnis kamu. Saat ini, banyaknya influencer membuat kamu dapat dengan mudah menciptakan jenis konten yang sesuai dengan target market. Kemudian, bagikan konten di Facebook agar audiens tertarik dengan produk yang ingin kamu tawarkan.

13. Membagikan User-Generated Content

Ide konten yang dapat meningkatkan kepercayaan audiens lainnya adalah dengan membagikan User-generated content (UGC). UGC adalah konten dari orang yang telah menggunakan produk atau layanan bisnis kamu.

Konten ini bisa berupa ulasan produk dan testimoni hingga foto yang telah dibagikan konsumen yang telah menggunakan produk kamu. Cara ini juga dinilai lebih meyakinkan karena rekomendasi datang dari konsumen lain.

14. Memperlihatkan Bagaimana Produk Kamu Dibuat

Membagikan proses pembuatan produk adalah ide konten Facebook yang selanjutnya. Konten ini dapat menunjukkan seberapa terampil orang-orang dibalik produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, para audiens akan lebih mudah percaya dengan produkmu karena mereka mengetahui bagaimana cara membuatnya.

Misalnya, jika bisnismu di industri sepatu, kamu bisa menampilkan proses pembuatan mulai dari upper component cutting, stitching, insole and outsole production, assembly, sampai finishing.

15. Live Facebook

Live streaming Facebook memungkinkan kamu mengobrol dengan para audiens secara real-time. Hal ini sangat bagus untuk menjawab pertanyaan audiens terkait bisnis kamu. Untuk itu, berikan pengumuman jadwal siaran jauh sebelum live streaming dimulai.

Beritahu juga bahwa akan ada penawaran eksklusif yang hanya bisa didapatkan ketika menonton live Facebook.

Sudah Tahu Apa Saja Ide Konten Facebook?

Membagikan konten yang menarik di Facebook dapat mendorong engagement audiens. Hal ini tentu akan membuat calon pembeli bertambah. Pada akhirnya, konten Facebook tersebut akan meningkatkan penjualan bisnis kamu.

Dapatkan informasi serta tips social media dan lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin