Salah satu cara menilai sebuah iklan di Facebook adalah menggunakan CTR. Semakin baik angka CTR-nya maka bisa dikatakan iklan tersebut memiliki performa yang baik. Lalu bagaimana cara meningkatkan CTR Facebook Ads?
Contents
Pentingnya CTR Iklan
Bagi yang belum tahu, CTR atau Click Through Rate sendiri merupakan sebuah angka untuk melihat relevansi skor ketika iklan mulai ditayangkan. Angka ini akan membandingkan berapa kali iklan tayang dan berapa jumlah klik yang didapat.
Ketika membuat iklan untuk konten marketing, maka harapannya ada banyak orang yang tertarik dengan hal tersebut. Pada digital marketing, cara itu bisa dinilai dengan melihat berapa jumlah klik yang didapat dari satu iklan. Hal inilah yang akan dihitung oleh CTR.
Misal, satu iklan tayang 1000 kali dan berhasil mendapatkan 100 klik. Itu artinya, CTR dari iklan tersebut adalah 10 persen.
Ada banyak manfaat ketika nilai CTR makin tinggi, misalnya:
- Hal tersebut menunjukkan jika iklan yang Anda buat berkesan dan mendapat banyak perhatian.
- Semakin tinggi CTR semakin murah cost per click-nya. Nantinya hal ini juga akan berkaitan dengan ROI atau Return of Investment.
- Angka CTR yang tinggi berarti potensi keuntungan juga akan meningkat.
Cara Meningkatkan CTR Facebook Ads
Berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara meningkatkan CTR Facebook Ads
1. Memanfaatkan Promoted Post Ads
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan CTR adalah dengan menggunakan fitur promoted post Ads. Ini merupakan cara berbayar yang bisa Anda gunakan untuk membuat iklan lebih sering tampil.
Fitur ini juga membuat konten yang Anda buat akan diprioritaskan untuk muncul di news feed. Harapannya, semakin sering iklan Anda muncul di halaman
facebook tiap orang, maka makin banyak juga yang terkesan dan mengklik iklan tersebut.
2. Optimasi Image
Cara meningkatkan CTR Facebook Ads lainnya adalah dengan mengoptimalkan image yang Anda gunakan pada iklan tersebut. Penggunaan image memang masih menjadi salah satu daya tarik orang untuk melihat iklan.
Tidak hanya menarik, namun pastikan Anda juga menggunakan image yang relevan dengan konten iklan yang dibuat. Selain itu, penggunaan image juga harus jelas maksud dan tujuannya.
3. Call to Action
Hal yang tidak bisa lepas dari pengoptimalan iklan digital adalah call to action. Selain image, ini juga merupakan cara yang bisa membuat orang tertarik dengan iklan tersebut.
Masalahnya, Facebook Ads memiliki aturan tersendiri tentang penggunaan text pada gambar. Anda tidak bisa menuliskan kata terlalu panjang karena ada limit yang perlu Anda perhatikan.
Artinya, Anda perlu membuat call to action ini dengan singkat dan sejelas mungkin. Pastikan kata tersebut juga berisi ajakan yang menarik dan sulit untuk orang tolak. Tentu saja hal ini juga membuat Anda perlu memikirkan copywriting dengan baik.
4. Target Audience
Orang akan langsung mengklik suatu iklan ketika iklan tersebut berisi hal yang ia butuhkan. Inilah yang dimaksud dengan target audience. Semakin tepat Anda menargetkan audiensnya, maka potensi CTR tinggi juga bisa Anda dapatkan.
Dalam hal ini, Anda juga bisa menargetkan konsumen dengan lebih spesifik. Penargetan spesifik mungkin akan membuat impresi iklan menurun. Namun, hal ini bisa menaikkan CTR karena iklan tersebut muncul di halaman orang yang tepat.
Pada pengaplikasiannya, Anda bisa menggunakan beberapa layer untuk penargetan ini. Misal, layer pertama adalah target berdasarkan lokasi, lalu layer kedua adalah target berdasarkan usia.
Jika ingin lebih spesifik, Anda juga bisa menggunakan beberapa layer berikutnya dengan target berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, ketertarikan, pekerjaan, dan lainnya.
5. Optimalisasi News Feed Mobile
Cara meningkatkan CTR Facebook Ads juga berkaitan dengan di mana iklan tersebut akan tampil. Masalah penempatan iklan ini juga sebenarnya akan berkaitan dengan bagaimana target audiens yang ingin Anda tuju.
Saat ini, setidaknya 4 tempat yang bisa Anda pilih untuk beriklan menggunakan Facebook Ads, yaitu audience network, desktop right column, desktop news feed, dan mobile news feed.
Untuk meningkatkan CTR, maka salah satu tempat yang perlu Anda optimalisasi adalah mobile news feed. Alasannya, tentu saja karena saat ini hampir semua pengguna mengakses Facebook lewat perangkat mobile. Itu artinya, iklan yang Anda buat juga akan muncul dengan optimal pada versi mobile.
6. Copywriting
Hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan ketika membuat iklan adalah copywriting. Satu hal yang perlu Anda ingat, tidak hanya singkat dan jelas, namun sebuah iklan juga harus menarik.
Penggunaan copywriting yang tepat juga bisa menjadi salah satu alasan seseorang untuk mengklik iklan tersebut. Pemanfaatan copywriting dalam iklan ini juga ada banyak macamnya.
Misalnya, Anda bisa memberikan alasan mengapa orang harus menggunakan produk tersebut. Anda juga bisa menjelaskan keuntungan dan kelebihan dari produk tersebut.
Selain itu, penggunaan copywriting yang tepat juga akan memudahkan orang ketika melihat iklan. Mereka akan dengan mudah menangkap maksud dari iklan itu dan juga memahami apa yang harus mereka lakukan selanjutnya jika tertarik dengan iklan tersebut.
Sudah Tahu Cara Menaikkan CTR Facebook Ads!
Banyak orang mungkin menganggap iklan Anda baik. Namun akan lebih baik jika orang tersebut melakukan apa yang Anda inginkan lewat iklan tersebut. Tentu ini merupakan tujuan utama dari pembuatan iklan tersebut.Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang mencari cara meningkatkan CTR Facebook Ads. Semakin baik angka CTR-nya maka bisa menjadi indikator jika iklan yang Anda buat berhasil.
Dapatkan informasi serta performance marketing lainnya hanya di Virus Media.