Cara menentukan KOL yang tepat memiliki peran penting demi kemajuan bisnis di era digital. KOL, yang merupakan singkatan dari Key Opinion Leader, adalah mereka yang biasanya tampil di muka umum dan pendapat mereka menjadi keramat dalam proses pengambilan keputusan.
Melihat fenomena tersebut, maka penting sekali untuk merangkai strategi pemasaran yang melibatkan KOL demi tercapainya target perusahaan atau demi memperluas jangkauan audiens. Adapun contoh kalangan yang masuk dalam golongan KOL adalah selebriti, tokoh politik, para profesional, dan sejenisnya.
Nah, dari golongan KOL inilah, Anda harus jeli saat harus menjatuhkan pilihan. Jangan sampai salah memilih KOL yang bisa berakibat fatal nantinya. Beruntungnya, di dalam tulisan ini, Anda akan menemukan kiat-kiat cara menentukan KOL yang tepat untuk bisnis.
Contents
Apa itu Key Opinion Leader (KOL)?
KOL atau ‘anak-anak ahensi’ menyebutnya sebagai influencer marketing merupakan sebuah istilah yang kian santer terdengar di kalangan para pegiat digital marketing. KOL menjadi bagian penting dalam iklan modern karena dianggap paling bisa dan ampuh untuk menyukseskan pemasaran sebuah jenama.
Ibaratnya, pendapat KOL memiliki kasta sebagai dewa penyelamat dan oleh masyarakat abad modern menjadi sakral saat hendak memutuskan melakukan pembelian. Tak jarang pula, berbagai lapisan masyarakat begitu mengagungkan pendapat KOL sebagai bahan pertimbangan utama dalam setiap keputusan hidup.
Hal ini karena KOL adalah para individu yang memiliki reputasi baik dan kompeten, serta memiliki relatable yang sama dengan para audience-nya, sehingga apa yang mereka sampaikan – sekalipun itu iklan terselubung – akan mudah diterima daripada siaran iklan yang biasanya dianggap suara berisik nyamuk di telinga.
Contohnya saja, para model papan atas dunia seperti anggota BlackPink Jennie, ia bisa menjadi contoh sebagai seorang influencer yang mampu membius jutaan penggemarnya di seluruh dunia.
Berbagai jenama yang tidak sengaja ia pakai atau sebut, selalu laris di pasaran dan berhasil sold out dalam hitungan jam, bahkan dalam hitungan menit saja. Jadi, bisa Anda bayangkan betapa besarnya pengaruh KOL demi revenue perusahaan yang menggiurkan.
Sayangnya, tidak semua KOL memiliki tone dan value yang sama dengan sebuah jenama. Untuk itulah, supaya Anda tidak salah pilih dan berujung pada boncosnya anggaran pemasaran perusahaan, pada poin selanjutnya akan membahas tentang cara menentukan KOL yang tepat untuk bisnis Anda.
Pertimbangan dan Cara Menentukan KOL yang Tepat
Berikut adalah pertimbangan dan cara menentukan KOL untuk bisnis:
1. Konsumen Anda Siapa?
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Produk dan jasa yang Anda produksi menyasar pada lapisan konsumen yang mana? Apakah ibu rumah tangga, anak muda, bapak-bapak, atau lansia, dan sebagainya.
Dengan mengetahui target pasar di awal, maka proses seleksi kandidat KOL akan menjadi lebih mudah. Tak hanya itu, saat Anda tahu siapa yang akan Anda hadapi, akan memudahkan perumusan strategi pemasaran kedepannya serta lebih fokus untuk belajar psikologis konsumen sasaran.
2. Pengikut atau Followers
Pastikan bahwa Anda memiliki standar minimal jumlah pengikut akun sosial media KOL yang hendak Anda dapuk sebagai bagian marketing jenama Anda. Semakin banyak pengikutnya, maka otomatis jangkauan pasarnya akan semakin besar, serta orang yang melihat iklan produk Anda akan semakin banyak.
Selanjutnya, jumlah pengikut KOL juga mampu membuat brand awareness meningkat dan bisa menjadi saluran masuknya konsumen baru demi keberlangsungan dan perkembangan bisnis Anda. Namun, Anda perlu jeli melihat apakah pengikut yang seorang KOL miliki adalah organik atau palsu.
Telaah dulu jumlah pengikut dan engagement untuk memastikan bahwa pengikut influencer yang Anda pilih adalah akun asli. Hal ini supaya Anda tidak salah memilih antara KOL gadungan dan KOL profesional.
KOL dengan jumlah pengikut asli, biasanya konten yang KOL unggah ke sosial media mereka selalu ramai dan memiliki tingkat engagement yang baik. Alhasil, dari konten tersebut mampu mendatangkan massa besar di acara promosi barang Anda secara digital lewat platform para KOL tersebut.
3. Relevansi Jenama
Cara menentukan KOL yang tepat untuk bisnis berikutnya adalah mempertimbangkan relevansi merek. Misal, jika Anda memiliki produk kecantikan, maka Anda harus mencari para individu yang rajin membuat konten tentang kecantikan.
Dengan begini, konsumen yang menjadi target pasar Anda akan menjadi lebih spesifik dan tepat sasaran. Jangan sampai memilih KOL dengan konten yang terlalu lebar dan tidak fokus.
Contohnya, jika Anda ingin memasarkan produk sarung, maka Anda harus mencari KOL yang memiliki kemampuan vokal soal agama di dunia maya. Sedangkan jika Anda ingin memasarkan produk pendidikan, maka bisa memilih para akademisi yang memiliki nama di jagat maya.
4. Latar Belakang atau Profil KOL
Jangan sampai memilih KOL yang ‘tong kosong, nyaring bunyinya’. Pastikan untuk mengetahui latar belakang KOL. Sesederhana di mana ia pernah belajar dan darimana dia mendapatkan ilmu yang dia miliki. Anda memang tak perlu tahu informasi detail tentang KOL, cukup kenali keahlian apa yang KOL tersebut miliki.
Latar belakang ini akan menjadi tolak ukur penting apakah argumen dan informasi yang akan seorang KOL bawakan kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan atau tidak. Jadi sekali lagi, tips lain dari cara menentukan KOL yang tepat untuk bisnis adalah kenali latar belakang atau profil profesional KOL terlebih dahulu.
5. Demografi Pengikut
Cara selanjutnya adalah cari tahu informasi tentang demografi pengikut KOL. Siapa saja yang biasanya menjadi konsumen konten yang dibuat oleh KOL tersebut? Apakah remaja, pelajar mahasiswa, para pekerja, dan sebagainya.
Demografi pengikut KOL menjadi penting supaya promosi yang Anda lakukan tepat sasaran. Dengan begitu, diharapkan jumlah penjualan akan mengalami peningkatan dan nama jenama Anda semakin luas dikenal oleh masyarakat, terutama mereka yang menjadi target konsumen Anda.
Setelah belajar tentang cara menentukan KOL yang tepat untuk bisnis, maka berikut adalah alasan mengapa pemilihan KOL yang tepat akan berdampak positif terhadap bisnis Anda.
Dampak Positif KOL terhadap Bisnis
Ada banyak kelebihan dari menggunakan jasa KOL dalam proses promosi bisnis, seperti:
1. Menjaga Nama Baik Perusahaan
Manajemen KOL yang efektif akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan, termasuk untuk memastikan nama baik perusahaan tidak tercoreng. Hal ini karena opini KOL memiliki dampak besar dan mudah untuk didengar oleh para konsumen.
2. Efektif dan Efisien
Adanya kalender konten dan manajemen KOL yang baik, maka waktu promosi menjadi lebih tertata dan terjadwal. Kampanye digital juga akan menjadi ringkas dan langsung tepat sasaran.
Sekali lagi, KOL memang memiliki dampak positif bagi bisnis, baik bisnis skala kecil maupun besar.
Mudah, bukan Cara Menentukan KOl yang Tepat?
Jadi itulah tadi informasi tentang KOL beserta cara menentukan KOL yang tepat. KOL sebagai salah satu instrumen penting dalam pemasaran abad modern tidak bisa dianggap remeh. Opini mereka sangat didengar dan dipertimbangkan oleh khalayak ramai.
Melalui manajemen KOL yang tepat, perusahaan Anda akan mendapat untung yang besar. Tidak hanya itu, KOL juga akan secara efektif membantu menjangkau segmen pasar yang sebelumnya susah untuk terjamah lewat iklan konvensional.
Dapatkan berbagai tips bisnis dan informasi seputar KOL management hanya di Virus Media.