cara membuat social media plan

Cara Membuat Social Media Plan Efektif dan Mudah

Social media plan menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam proses pengelolaan media sosial sebuah bisnis. Dengan perencanaan  yang baik, maka brand bisnis kamu akan lebih optimal. Namun, sebenarnya bagaimana cara membuat social media plan yang efektif?

Bagi kamu para pebisnis pemula yang masih bingung dengan cara membuat social media plan yang efektif dan juga mudah, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Cara Membuat Social Media Plan yang Efektif bagi Bisnis

Berikut ini adalah berbagai cara membuat social media plan yang efektif dan mudah diterapkan bagi bisnis, agar perencanaan kampanye di media sosial bisa lebih optimal, yaitu:

1. Menetapkan Tujuan

Cara membuat social media plan yang paling utama untuk kamu lakukan adalah dengan menetapkan tujuan. Adapun tujuan yang kamu tetapkan juga harus spesifik, memiliki target yang jelas untuk kamu capai, serta relevan dengan brand.

Sebuah bisnis yang tidak memiliki tujuan dalam perencanaan media sosial tentu tidak akan mempunyai cara yang tepat untuk mengukur kesuksesan dan juga laba atas investasi bisnis atau ROI.

Makanya, sangat penting bagimu untuk menetapkan tujuan sejak awal dalam pembuatan perencanaan media sosial. Jika tujuan yang jelas dan rinci, maka kamu akan lebih mudah dalam menentukan strategi demi mencapai target yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Sebagai contoh, kamu bisa menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, ataupun menambah jumlah followers

2. Menentukan Target Audiens

Setelah itu, kamu juga harus menentukan siapa saja yang nantinya akan menjadi target audiens. Dengan mengetahui siapa target audiens yang kamu tuju, maka nantinya akan lebih mudah dalam menyusun pesan penawaran yang ingin bisnismu sampaikan.

Jika kamu masih merasa bingung ketika menentukan siapa yang menjadi target audiens, maka bisa melihat daftar pelanggan potensial terlebih dahulu. Misalnya, mayoritas followers akun bisnis kamu memang memiliki ketertarikan terhadap produk yang kamu jual. 

Maka, kamu akan lebih mudah dalam meningkatkan penjualan produk dan/atau layanan, agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Apabila kamu telah berhasil menentukan target audiens, jangan lupa juga untuk mempelajari seluk beluk target audiens dengan baik.

Adapun beberapa hal penting yang perlu kamu pelajari terkait target audiens, antara lain jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, rata-rata pendapatan, lokasi, minat, hobi, dan lain sebagainya.

Pada saat kamu memahami apa yang diinginkan oleh audiens, maka proses penyajian konten media sosial bisa menjadi lebih relevan dengan kebutuhan mereka. Dengan begitu, nantinya akan lebih mudah bagimu untuk mendapat perhatian hingga loyalitas pelanggan.

3. Memilih Platform yang akan Kamu Gunakan 

Cara membuat social media plan yang selanjutnya adalah kamu perlu memperhatikan proses perencanaan media sosial, yaitu dengan memilih platform yang nantinya akan digunakan untuk promosi brand.

Tentunya ada berbagai hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih platform media sosial. Salah satunya adalah dengan melihat apakah platform tersebut sudah sesuai dengan brand atau tidak.

Tidak hanya itu saja, kamu pun perlu memilih platform yang sekiranya paling banyak digunakan oleh target audiens yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Dengan begitu, brand kamu pun bisa menjangkau lebih banyak pelanggan potensial secara maksimal.

Pemilihan platform dapat membantu kamu dalam menetapkan strategi pemasaran. Hal ini karena setiap platform memiliki karakteristik dan cara pengelolaan yang berbeda-beda. Artinya, kamu perlu menentukan platform tersebut secara bijak.

4. Riset Kompetitor

Hal yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan dalam membuat social media plan adalah melakukan riset kompetitor. Tingkat persaingan yang sangat ketat di platform online membuatmu harus melakukan riset kompetitor dengan betul dan bijak.

Melalui analisis kompetitor, kamu juga bisa menyusun strategi pemasaran dengan lebih efektif bagi brand bisnis.

Secara keseluruhan, analisis kompetitor tidak hanya membantumu untuk mengetahui brand apa saja yang sekiranya menjadi kompetitor bagi bisnismu. 

Akan tetapi, kamu juga bisa mempelajari berbagai teknik pemasaran yang sudah banyak brand lain terapkan. Dengan begitu, strategi pemasaran yang kamu lakukan pun menjadi lebih efektif.

5. Membuat Perencanaan Konten

Panduan cara membuat social media plan yang selanjutnya adalah membuat perencanaan konten untuk bisnis. Pedoman konten ini akan membantumu dalam menentukan konsep konten pada postingan media sosial bisnis.

Namun, sebaiknya konsep konten yang kamu buat juga harus kreatif dan sebaiknya meningkatkan keterlibatan audiens. Dengan begitu, brand awareness akan meningkat dan konten yang kamu buat akan berpotensi untuk diketahui oleh lebih banyak audiens.

Adapun proses perencanaan konten tidak hanya mencakup konsep postingan. Namun, kamu juga harus menyusun jadwal tayangan dengan baik. Jadi, kamu juga harus menentukan jadwal pengunggahan konten dengan tepat.

Sebagai contoh, kamu dapat mengunggah konten sesuai dengan perkiraan waktu-waktu target audiens lebih banyak aktif. Dengan begitu, maka keterlibatan audiens dalam platform tersebut akan lebih tinggi.

6. Mengoptimasi Konten Media Sosial

Dalam membuat social media plan, kamu bukan hanya harus membuat pedoman konten, tetapi juga melakukan optimasi konten, agar kinerjanya menjadi lebih maksimal. 

Tentunya ada banyak sekali rencana optimasi konten yang bisa kamu coba lakukan. Salah satunya adalah dengan membuat konten dengan paid advertising, agar konten bisa mempunyai jangkauan yang lebih luas. 

Kemudian, untuk strategi optimasi yang kini banyak digunakan oleh berbagai brand bisnis adalah menjalin kerja sama dengan influencer ataupun content creator. Sekarang ini, kerja sama dengan influencer dan content creator dianggap lebih efektif dibanding paid advertising.

Hal ini karena influencer dan content creator dapat membuat pesan penawaran yang spesifik, layaknya sedang memberi rekomendasi kepada calon pelanggan. Maka dari itu, kamu perlu memilih influencer atau content creator yang followersnya sesuai dengan target audiens bisnis.

7. Konsisten

Konsisten menjadi kunci yang sangat penting dalam cara membuat social media plan yang efektif. Hal ini karena strategi pemasaran di platform online tidak bisa berhasil secara singkat dan instan.

Dengan konsisten membuat dan memposting konten, maka brand awareness bisnis kamu akan lebih kuat di berbagai platform media sosial.

Tentu saja hal ini akan meningkatkan kemungkinan target audiens melihat postingan bisnismu, lho.

Bukan cuma itu saja, postingan yang diunggah lebih sering juga dapat membantu bisnis dalam menarik pelanggan baru. Khususnya, jika postingan tersebut mendapat keterlibatan yang cukup besar.

Kamu bisa coba mengunggah konten promosi setiap hari atau beberapa hari sekali dalam seminggu. Namun, jangan lupa untuk menyelingi dengan konten edukatif dan menarik lainnya, ya.

Sudah Paham Cara Membuat Social Media Plan yang Efektif bagi Bisnis?

Nah, itu dia 7 cara membuat social media plan yang efektif dan mudah kamu terapkan untuk bisnis. Dari penjelasan di atas, manakah cara yang sudah pernah kamu terapkan dalam bisnismu?

Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin