cara membuat iklan di tokopedia

Cara Membuat Iklan di Tokopedia: TopAds Buat Bisnis Laris Manis

Platform e-commerce seperti Tokopedia, memiliki sejumlah fasilitas yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan branding produk. Salah satunya adalah dengan cara membuat iklan di Tokopedia, kamu bisa mempromosikan produk dengan jangkauan lebih luas supaya penghasilan jadi melejit. 

Cara Membuat Iklan di Tokopedia

Pemasangan iklan TopAds Tokopedia akan membuat produk kamu dapat terpajang di depan halaman aplikasi. Sehingga membuat banyak pengguna lebih mudah untuk melihatnya. 

Apakah kamu sudah memiliki toko di Tokopedia, namun belum pernah mencoba dan tidak memahami cara membuat iklan di TopAds Tokopedia? Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mendaftarkan produk di iklan Tokopedia:

  1. Kamu bisa melakukan pemasangan iklan dengan membuka website Tokopedia Seller melalui desktop PC atau Laptop dan login ke akun kamu.
  2. Pada halaman Tokopedia Seller, kamu bisa memilih menu ‘Iklan & Promosi’.
  3. Masih di halaman yang sama, klik pilihan ‘Tingkatkan Kunjungan Pembeli’ yang ada di bagan Tujuan Promosi. Setelah itu, di sebelah kanan akan muncul berbagai macam pilihan iklan. Pilih menu ‘TopAds’.
  4. Selanjutnya, kamu akan berada di halaman yang mewajibkan untuk mengisi sejumlah keterangan. Seperti, isi nama iklan toko, isi konten iklan, dan tambah kata kunci.
  5. Di kolom ‘Isi Konten Iklan’, kamu harus memilih produk apa saja yang akan kamu letakkan dalam iklan. Kamu bisa memilih satu atau beberapa produk sekaligus. 
  6. Selanjutnya, pada bagian bawah akan tertera kolom ‘Isi Pesan Promosi’. Kolom ini berguna untuk menuliskan pesan unik, berupa copywriting yang akan mengajak audiens supaya tertarik melihat promo atau mengunjungi toko. 
  7. Pada kolom kata kunci, kamu perlu memperhatikan apa saja keyword yang relevan dengan promo dan banyak dicari audiens. Kata kunci ini nantinya berfungsi supaya promosi yang kamu jalankan bisa lebih mudah muncul atau masuk pencarian teratas audiens. 
  8. Tahap terakhir, kamu perlu mengatur jadwal tayang iklan serta biaya anggaran iklan. Setelah mengecek kembali rincian iklan, kamu bisa klik ‘Iklankan’. Setelah itu, pengajuan iklanmu akan menunggu persetujuan dan kamu hanya perlu menunggu iklan tayang sesuai jadwal.

Manfaat Iklan di Tokopedia

Tak hanya cara membuat iklan di Tokopedia saja yang mudah untuk dipraktikkan oleh semua seller. Iklan melalui TopAds Tokopedia juga memberikan banyak sekali manfaat bagi seller dan juga audiens. Atas dasar alasan berikut ini, banyak seller yang memilih untuk melakukan iklan di sana. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Tampil Eksklusif 

Salah satu keuntungan besar dari iklan TopAds Tokopedia ini adalah besarnya kemungkinan produk bisnis kamu bisa tampil di lokasi yang paling strategis. Iklan TopAds ini dapat memunculkan produk yang sedang tayang di halaman paling depan dengan jadwal tampil yang lebih sering daripada iklan biasa. 

Karena produk akan terpajang pada display depan, maka akan membuat iklan semakin strategis. Sebab, sebagian besar audiens bisa melihat produk tersebut. 

Hal tersebut tentu akan sangat membantu meningkatkan branding produk dan juga brand awareness toko kamu. Mengetahui cara membuat iklan di Tokopedia juga akan memperkuat posisi produk terlaris dari toko kamu. 

2. Wadah Promosi dan Mendatangkan Pengunjung

Produk yang terpasang di halaman utama Tokopedia, secara otomatis akan memiliki banyak viewers. Hal tersebut juga menguntungkan bagi setiap brand. Karena dapat membuka kemungkinan untuk setiap audiens mengenal produk bahkan membuat mereka memiliki keinginan untuk membeli. 

Artinya, pemasangan iklan ini akan berguna sebagai wadah promosi produk kamu. Produk yang kamu pasang di halaman depan, akan menjadi daya tarik yang mendatangkan calon pembeli baru. 

Apalagi jika kamu sedang melakukan diskon besar-besaran, ikan di TopAds tentu akan sangat membantu kamu menarik perhatian audiens. Imbasnya, peningkatan jumlah order pun dapat terjadi. Sebab, semakin banyak audiens yang relevan dan mengetahui produk serta promosi yang kamu lakukan. 

3. Meningkatkan Kunjungan Profil

Posisi produk yang berada di halaman terdepan juga memungkinkan kamu untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan tepat. Ketika kamu tahu cara membuat iklan di Tokopedia, kamu akan jauh lebih mudah menjangkau orang yang berminat dengan produk tersebut. 

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya keyword yang membuat setiap produk memiliki jangkauan pasar yang tepat dan spesifik. Besarnya jangkauan pada market yang tepat juga mempengaruhi tingginya kunjungan profil terhadap brand atau toko kamu. 

Umumnya, orang akan cenderung mengunjungi sebuah toko karena ketertarikannya terhadap produk pertama yang mereka lihat. Baik itu karena promo yang besar atau karena toko tersebut memiliki barang yang relevan dengan kebutuhan mereka. 

Tips Sukses Menjalankan Iklan di Tokopedia

Sudah tahu cara membuat iklan di Tokopedia, bukan berarti penjualan tokomu otomatis pasti melejit. Mengapa? Karena banyak seller yang juga memiliki pikiran sama dan melakukan pemasangan iklan serupa. Karena itu, kamu juga perlu mengetahui tips supaya iklan yang kamu pasang semakin optimal dan tidak sia-sia: 

1. Memperhatikan Tampilan Produk Supaya Menarik

Tak bisa kita pungkiri, bahwa tampilan produk menjadi salah satu elemen penting yang harus diperhatikan oleh para seller. Produk dengan tampilan yang menarik akan jauh lebih menggiurkan dan menggelitik rasa penasaran audiens. 

Ada banyak cara yang membuat produk jadi menarik, bisa dari cara pengambilan foto, penempatan produk, editing, dan kata-kata promosi yang menarik. Kamu juga bisa menampilkan ulasan dari customer yang positif dan membangun untuk dapat kamu highlight bersama produk tersebut. 

2. Perhatikan Pemilihan Kata Kunci

Pemilihan kata kunci juga menjadi hal paling berpengaruh saat kamu mempraktikkan cara membuat iklan di Tokopedia. Sebab, kata kunci inilah yang nantinya akan membuka potensi seberapa sering produk kamu dilihat dan muncul pada beranda audiens. 

Pemilihan keyword juga harus spesifik, relevan dengan produk yang tayang, dan memiliki jangkauan luas. Sehingga produk kamu akan lebih mudah untuk ditemukan oleh target pasar atau audiens yang membutuhkannya. 

3. Menggunakan Copywriting yang Menarik

Kendati terkesan sederhana, kalimat yang ada dalam deskripsi produk atau copywriting yang kamu gunakan sebagai branding bisa membawa pengaruh besar terhadap daya tarik produk. Copywriting sederhana pada iklan sekalipun bisa membantu produk kamu mendapatkan engagement yang tinggi. 

Apalagi pemilihan kata yang mampu membangunkan rasa penasaran audiens, akan jauh lebih berpengaruh. Misalnya, kalimat ‘Hemat’, ‘Gratis Ongkir!’ dan ‘Hanya Hari Ini!’, bisa membuat siapapun yang melihatnya menjadi tertarik untuk mengetahui syarat dan ketentuan lebih detail.

Kamu juga dapat menambahkan kalimat yang berhubungan dengan spesifikasi produk seperti ‘anti air’, ‘tahan lama’, dan ‘mencerahkan dalam dua hari’.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuat Iklan di Tokopedia?

Itulah cara membuat iklan di Tokopedia, beserta manfaat dan tips suksesnya. Tak bisa kamu pungkiri bahwa, Tokopedia merupakan salah satu marketplace dengan peluang tinggi di pasar Indonesia. Pengguna dari marketplace satu ini juga semakin meningkat dan tentu membuat jangkauan pasarnya semakin luas.

Oleh karena itu, peluang kamu untuk merintis dan meraih sukses melalui bisnis online di Tokopedia juga semakin besar. Asalkan kamu mampu melakukan branding dan promosi dengan cara yang tepat, keberhasilan bukanlah hal yang mustahil. Yuk, sukseskan toko dengan pasang iklan di Tokopedia!

Dapatkan informasi serta tips bisnis dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin