Cara membuat iklan di Instagram sebenarnya sangat praktis, cepat, dan nyaman. Meta sebagai induk perusahaan telah menyediakan platform untuk memasang iklan di jaringan media sosialnya, termasuk Instagram dan Facebook. Nama platform tersebut adalah Ads Manager.
Selain via Ads Manager, kamu juga bisa memasang iklan langsung melalui aplikasi Instagram. Kedua cara di atas tidak memerlukan keahlian teknis yang rumit. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang akan kita ulas di artikel ini!
Contents
Cara Membuat Iklan di Instagram Via Ads Manager
Ads Manager adalah platform khusus Meta untuk memasang iklan di Instagram, Facebook, Messenger, dan Audience Network. Agar dapat beriklan di Instagram lewat Ads Manager, ikuti langkah berikut ini:
1. Buka Ads Manager
Langkah membuat iklan di Instagram pertama adalah dengan membuka Ads Manager. Kamu harus masuk ke akun Facebook untuk dapat menggunakan layanan ini. Sebagai catatan, sebelum berubah nama menjadi Meta Ads Manager, layanan ini dulunya dikenal sebagai Facebook Ads Manager.
Jadi, kamu tidak perlu bingung saat menemukan perbedaan istilah Facebook dan Meta. Menariknya, Ads Manager juga tersedia dalam bentuk aplikasi Android dan iOS. Sehingga, kamu bisa memantau kinerja iklan Instagram kapan saja langsung lewat smartphone.
2. Tentukan Objektif Iklan
Tidak ada yang namanya iklan serbaguna. Oleh karena itu, sebuah iklan semestinya memiliki satu tujuan atau objektif yang jelas dan spesifik. Cara membuat iklan di Instagram kedua berhubungan dengan menargetkan objektif. Ads Manager akan memintamu untuk memilih salah satu dari daftar objektif berikut ini:
- Awareness: Memperkenalkan suatu produk atau brand baru ke pasar.
- Engagement: Membangun dan mempertahankan interaksi dengan konsumen.
- Traffic: Mendatangkan kunjungan ke website, toko online, atau destinasi lain.
- Leads: Mengumpulkan prospek yang berpeluang untuk menjadi konsumen.
- App Promotion: Mempromosikan aplikasi kamu agar audiens mengunduhnya.
- Sales: Menghasilkan penjualan langsung lewat iklan.
3. Pilih Target Audiens
Tidak ada iklan yang cocok untuk semua orang. Berusaha menjual cat rambut pada pria botak tentunya menjadi upaya yang sia-sia. Agar pemasaran lebih terarah, maka cara membuat iklan Instagram selanjutnya adalah memilih target audiens berdasarkan kriteria berikut:
- Lokasi
- Umur
- Jenis kelamin
- Bahasa
- Targeting detail
- Koneksi
- Audiens custom
Nantinya, Instagram hanya akan menampilkan iklan kepada pengguna yang memenuhi kriteria target audiens sesuai yang kamu atur. Melalui cara ini, iklanmu di Instagram tidak akan salah sasaran.
4. Alokasi Budget
Budgeting adalah langkah penting yang perlu kamu perhatikan. Kamu mungkin pernah berpikir bahwa biaya iklan di platform sebesar Instagram pastinya mahal. Sayangnya, tebakan tersebut tidaklah benar.
Kamu bisa menentukan berapa besar biaya yang akan kamu keluarkan untuk iklan tertentu. Usai mengatur budget, maka Instagram akan mulai menampilkan iklan sesuai budget yang sudah kamu tentukan. Instagram tidak akan menampilkan iklan lebih besar dari alokasi budget kamu, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
5. Atur Nama dan Format Iklan
Kamu mungkin perlu memasang banyak iklan sekaligus di IG. Agar dapat memudahkanmu dalam memantau semuanya, cara membuat iklan di Instagram selanjutnya adalah mengatur nama. Beri nama untuk Ad set kamu, kamu juga bisa menggunakan nama default yang sudah diatur secara otomatis.
6. Pilih Akun Instagram
Di bawah Instagram Account, pilih akun Instagram yang ingin kamu gunakan. Kalau kamu belum menghubungkan akun Instagram ke Ads Manager, klik “Add an Account”. Ikuti langkah-langkahnya untuk mengatur akun Instagram agar bisa dipakai untuk beriklan.
Kalau kamu belum mempunyai akun Instagram, kamu bisa menggunakan halaman Facebook sebagai representasi bisnis di iklanmu. Facebook dan IG beroperasi di bawah Meta, sehingga keduanya memiliki akun yang saling terkait.
7. Lengkapi Detail Iklan
Setelah akun kamu terhubung, cara membuat iklan di Instagram pada tahap ini sudah mencapai fase kreatif. Kamu akan mendapatkan form untuk mengisi informasi iklan seperti headline, teks, can Call to Action (CTA).
Pilihan creative yang tersedia mungkin berbeda-beda, antara objektif satu dengan yang lain. Kalau kamu ingin mengatur hal-hal yang lebih detail, klik “Show advanced options”.
8. Periksa Ad Preview lalu Publish
Tahap akhir adalah Ad Preview. Di bagian ini, kamu akan melihat tampilan iklan di berbagai penempatan. Jika kamu sudah yakin dan puas, maka kamu bisa langsung klik “Publish”.
Cara Membuat IG Ads lewat Instagram
Selain via Ads Manager, kamu juga bisa beriklan langsung lewat aplikasi Instagram. Namun, sebelum memasang iklan, pertama-tama kamu harus mengubah akun IG menjadi profesional. Penting untuk Anda catat bahwa ini bukanlah cara membuat iklan di Instagram gratis. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Cara Mengubah Akun Instagram Menjadi Profesional
Langkah untuk upgrade akun Instagram menjadi profesional sangat mudah, yaitu:
- Buka aplikasi Instagram.
- Klik Settings.
- Di bagian Account, klik Switch to Professional Profile.
- Pilih kategori akun lalu klik Business.
- Isi email dan nomor telepon di bagian Contact Info.
2. Langkah Membuat Iklan
Setelah kamu memiliki akun IG profesional, maka sekarang waktunya untuk mulai beriklan. Cara membuat iklan di Instagram tanpa Ads Manager adalah:
- Pilih post yang ingin kamu jadikan iklan.
- Klik Boost Post.
- Pilih objektif seperti pada tutorial di atas.
- Tambahkan link tujuan ke dalam post.
- Pilih Action Button.
- Pilih target audiens sesuai profil konsumen kamu.
- Atur budget iklan.
- Periksa lagi semua informasi yang sudah kamu masukkan.
- Klik Boost Post.
- Isi informasi lokasi.
- Pilih metode pembayaran.
- Isi identitas akun sesuai metode pembayaran yang kamu pilih.
- Klik Save.
Sampai tahap ini, post yang kamu pilih untuk boost sudah bisa tampil sebagai iklan di Instagram.
Tips Sukses Membuat Iklan di IG
Agar iklan kamu di IG membuahkan hasil, maka kamu harus membuat perencanaan yang matang. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantumu:
1. Bereksperimen dengan Teks dan Gambar
Format teks dan gambar adalah cara membuat iklan di Instagram yang sederhana tetapi sangat persuasif. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mengutak-atik materi iklan dengan berbagai macam ide kreatif. Jangan takut untuk bereksperimen, karena Instagram adalah media sosial yang dinamis begitu juga dengan penggunanya.
2. Gunakan Story Telling
Iklan yang baik harus bisa berkomunikasi dengan audiens. Cobalah untuk mengemas materi iklan ke dalam gaya bercerita, alias story telling. Khusus untuk iklan produk, kamu bisa mendemonstrasikan produk dalam video agar tidak monoton.
3. Fokus Pada Visual
Iklan yang efektif umumnya berfokus pada aspek visual. Faktanya, Instagram memang mengandalkan konten visual berupa gambar, video, dan reels. Oleh karena itu, kamu harus lebih kreatif dalam menyajikan konten visual bermuatan iklan agar lebih menarik dan persuasif.
Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuat Iklan di Instagram?
Begitulah cara membuat iklan di Instagram lewat Ads Manager maupun akun IG profesional. Memasang iklan di IG memang membutuhkan kreatifitas dan ketelatenan. Kamu mungkin harus mencoba berbagai formula pemasaran sampai mendapatkan strategi terbaik untuk iklanmu. Selamat mencoba!
Dapatkan informasi seputar performance marketing lainnya hanya di Virus Media.