Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia digital marketing, tentu penting untuk mengetahui cara membuat iklan di Google Ads. Google Ads sendiri merupakan platform Google yang berfungsi sebagai inventory periklanan yang memungkinkan pengiklan untuk mengelola serta mengatur target iklan sesuai strategi bisnis.
Melalui platform ini, iklan yang tayang di berbagai media besutan Google jadi lebih terstruktur. Selain itu, platform ini juga mempunyai tools tambahan yang mampu meningkatkan performa iklan sesuai dengan target konsumen Anda. Lantas, bagaimana cara membuat iklan di platform Google ini? Mari simak selengkapnya!
Contents
Cara Membuat Iklan di Google Ads dengan Dekstop
Daripada penasaran, langsung saja ini dia cara memasang iklan di Google Ads via dekstop dengan mudah dan praktis. Simak penjelasan lengkapnya:
1. Kunjungi Situs dan Buat Akun Google Ads
Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat memasang iklan platform ini, yaitu dengan mengunjungi situs Google Ads via browser pada perangkat desktop Anda. Setelah itu, Anda akan masuk pada halaman awal situs periklanan Google.
Kemudian, Anda perlu membuat atau melakukan login akun untuk dapat masuk dan mengakses dashboard utama Google Ads. Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa Google Ads hanya dapat terakses dengan akun Gmail saja.
2. Tentukan Tujuan Iklan Bisnis Anda
Setelah berhasil masuk, langkah selanjutnya yakni dengan menentukan tujuan iklan bisnis Anda tersebut. Berikut adalah berbagai pilihan goals iklan di Google Ads:
- Sales: Bertujuan untuk penjualan produk baik itu secara online atau offline.
- Leads: Iklan yang berfungsi untuk mendapatkan leads dan konversi.
- Website traffic: Iklan untuk mendapatkan trafik pengunjung ke situs web bisnis.
- Product and brand consideration: Bertujuan untuk mendorong para audiens dalam mengenali bisnis Anda.
- Brand awareness and reach: Bertujuan menjangkau audiens secara luas dan membangun brand awareness.
- App promotion: Iklan aplikasi untuk mempromosikan aplikasi agar para audiens mau melakukan install aplikasi Anda.
- Local store visits and promotion: Iklan yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan toko fisik.
3. Pilih Jenis Tampilan Iklan
Cara membuat iklan di Google Ads selanjutnya, yakni Anda perlu menentukan jenis tampilan dari iklan yang akan Anda pasang.
Google Ads sendiri menyediakan berbagai jenis tampilan iklan yang dapat dipilih sesuai dengan jenis bisnis atau produk yang Anda tawarkan. Berikut adalah jenis tampilan iklan di platform Google Ads:
- Search Campaign: Iklan atau website yang tampil dalam mesin pencari urutan teratas (SEM).
- Display Campaign: Iklan yang akan tampil pada situs web yang menjadi partner Google.
- Shopping Campaign: Iklan produk yang menuju langsung menuju ke situs marketplace atau toko online.
- Video Campaign: Iklan produk atau bisnis dalam bentuk video yang akan tampil pada media partner Google.
- App Campaign: Iklan khusus untuk jenis produk aplikasi.
- Smart Campaign: Iklan untuk bisnis pemula yang ingin membangun brand awareness.
4. Lengkapi Pengaturan, Keyword, dan Durasi Iklan
Setelah Anda menentukan jenis tampilan iklan, di tahap selanjutnya Anda perlu melengkapi pengaturan iklan yang akan Anda pasang. Mulai dari kata kunci iklan, jenis iklan, nama bisnis, jangkauan tampilan iklan, serta pengaturan lainnya yang menyangkut dengan bisnis yang Anda kelola dalam periklanan tersebut.
Selain itu, Anda juga perlu menentukan durasi iklan. Mulai dari durasi untuk iklan bulanan, mingguan, dan juga tahunan. Kemudian, atur juga URL yang tampil dalam iklan tersebut. Jangan lupa sematkan nama bisnis Anda dalam URL iklan tersebut.
5. Tentukan Target Audiens, Bahasa, dan Lokasi Iklan
Selanjutnya, silahkan tentukan target audiens dan lokasi. Mulai dari target lokasi, demografi, rentan usia, dan penargetan lain yang sesuai dengan jenis produk bisnis yang Anda tawarkan. Selain itu, atur juga bahasa iklan yang akan Anda gunakan.
6.Upload dan Atur Jadwal Pembayaran Iklan (Bidding)
Terakhir, silahkan atur jadwal pembayaran iklan tersebut. Anda bisa menyesuaikan pembayaran iklan sesuai dengan budget promosi bisnis. Mulai dari harian, bulanan, dan juga tahunan. Selain itu, atur juga bidding per audiens yang mengklik iklan Anda tersebut.
Jika sudah, silahkan upload iklan yang akan Anda tayangkan dalam Google Ads tersebut. Kemudian, klik tayangkan dan secara otomatis iklan Anda akan tayang sesuai dengan pengaturan iklan yang Anda terapkan sebelumnya.
Cara Membuat Iklan di Google Ads lewat HP
Berikut adalah langkah pembuatan iklan pada platform Google Ads lewat HP:
1. Masuk dan Login ke Situs Google Ads
Sama seperti cara membuat periklanan via desktop, Anda perlu login ke situs Google Ads terlebih dulu. Setelah login, Anda akan masuk pada dashboard halaman utama situs periklanan Google ini.
2. Tentukan Tujuan dan Tampilan Iklan
Kemudian, silahkan tentukan tujuan dan tampilan iklan yang akan Anda pasang di platform ini. Tujuan dan tampilan iklan sendiri bisa Anda sesuaikan dengan jenis produk bisnis Anda. Pada pembahasan di atas, sudah dijelaskan terkait tujuan iklan. Jadi, Anda bisa membacanya kembali jika dirasa kurang jelas.
3. Lengkapi Pengaturan, Keyword, dan Durasi Iklan
Setelah itu, silahkan lengkapi data iklan. Sesuaikan data tersebut dengan informasi produk atau bisnis Anda. Jangan lupa isi keyword iklan sebagai kata kunci pencarian di mesin pencari. Kemudian, atur durasi iklan mulai dari mingguan, bulanan, atau tahunan.
4. Tentukan Target Audiens
Tahapan pemasangan iklan selanjutnya, yakni tentukan target audiens. Mulai dari letak demografis, rentan usia audiens, bahasa, jangkauan iklan, serta target audiens lain yang sesuai dengan bisnis yang Anda kelola.
5. Upload dan Atur Jadwal Pembayaran Iklan (Bidding)
Di tahap terakhir, atur jadwal pembayaran iklan Anda sesuai dengan budget promosi. Setelah itu, atur bidding per audiens yang mengklik iklan Anda. Jika sudah, silahkan unggah dan tayangkan iklan Anda di Google Ads.
Tips Sukses Membuat Iklan di Google Ads
Setelah mengetahui cara membuatnya, tentu Anda penasaran bagaimana tips agar iklan yang Anda pasang dalam platform Google ini dapat sukses dan berjalan secara optimal. Karena itu, berikut ini adalah beberapa tips agar iklan sukses dan berjalan optimal di Google Ads:
- Tentukan tujuan iklan dengan jelas dan sesuai dengan jenis bisnis.
- Gunakan kata kunci iklan secara tepat.
- Buat teks iklan yang menarik (copywriting).
- Sesuaikan iklan dengan halaman landing page bisnis.
- Buat iklan yang mobile friendly agar dapat terakses optimal melalui ponsel.
- Tentukan bidding yang tepat dan sesuai budget promosi bisnis.
- Lakukan uji coba sebelum iklan tayang.
- Monitor selalu iklan yang Anda pasang untuk mengetahui performa iklan.
- Evaluasi iklan (retargeting).
Tertarik Memasang iklan di Google Ads?
Itulah tips dan cara membuat iklan di Google Ads. Intinya, dalam membuat iklan di platform mana pun Anda harus bisa menargetkan iklan Anda sesuai dengan jenis bisnis. Selain itu, buatlah iklan produk yang mobile friendly agar mudah terakses oleh audiens melalui ponsel. Selamat mencoba!
Dapatkan informasi serta tips performance marketing lainnya hanya di Virus Media.