Sudah seharusnya bagi Anda untuk memikirkan strategi promosi saat Anda sedang memulai sebuah bisnis. Di era yang serba digital seperti sekarang, Anda pun harus mengikuti perkembangan dengan menggunakan promosi yang digital pula. Nah, salah satu promosi digital yang menjanjikan adalah website company profile.
Dengan menggunakan website company profile, Anda tidak hanya bisa mempromosikan perusahaan Anda, namun juga menyebarkan berbagai informasi penting dan menarik terkait perusahaan. Sekali mendayung, dua pulau terlampaui, bukan?
Tertarik untuk mempelajari apa itu website company profile dan menggunakannya untuk promosi bisnis Anda? Jika iya, teruslah simak ulasan di bawah ini sebab kami akan menuntun Anda.
Contents
Apa Itu Website Company Profile?
Pertama-tama, mari belajar terlebih dahulu definisi dari website company profile. Secara umum, website company profile atau situs profil perusahaan didefinisikan sebagai sebuah media digital berupa situs yang menampilkan informasi-informasi lengkap mengenai sebuah perusahaan.
Lewat media digital ini, Anda nantinya dapat menjelaskan secara mendetail terkait bisnis maupun perusahaan Anda. Adanya situs company profile ini akan membantu audiens dan masyarakat dalam memahami seperti apa perusahaan yang sedang Anda jalankan.
Selain promosi dan menjelaskan informasi terkait perusahaan, website company profile juga dapat menjadi cara terbaik untuk membangun kepercayaan dengan audiens, klien, bahkan investor.
Manfaat Dari Website Company Profile
Sebuah definisi saja tentu belum cukup meyakinkan Anda untuk memulai menggunakan situs company profile untuk promosi bisnis Anda. Untuk itu, kami telah merangkum beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari website company profile.
1. Menggambarkan dengan Jelas Perusahaan maupun Bisnis Anda
Fungsi utama yang tidak lain dan tidak bukan dari situs company profile adalah untuk memberikan informasi perusahaan kepada masyarakat luas. Secara umum, situs profil perusahaan akan berisi tentang visi dan misi perusahaan, sejarah atas berdirinya perusahaan, dan berbagai informasi pendukung lainnya.
2. Sebagai Sarana Promosi
Selain menyampaikan informasi tentang bisnis Anda, website company profile juga bisa berfungsi sebagai sarana promosi yang baik. Anda bisa menambahkan beberapa promosi produk maupun jasa di situs profil perusahaan Anda. Nantinya, ini akan memudahkan audiens untuk mengetahui hal apa saja yang Anda tawarkan.
3. Branding Perusahaan
Sudah menjadi hal umum bahwa saat seseorang tertarik dengan sebuah perusahaan maupun brand, maka ia akan mencari situs resmi dari brand tersebut. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan memperkuat branding perusahaan lewat situs profil perusahaan.
4. Media Publikasi
Website masihlah mumpuni untuk dijadikan media mengunggah konten-konten terbaru dari perusahaan Anda. Lewat website company profile, Anda bisa menambahkan berbagai informasi mengenai perkembangan perusahaan, penawaran terbaru, event yang akan diadakan, dan lain-lain.
Seperti halnya media sosial, semakin aktif Anda mengunggah konten di website Anda, maka akan semakin ramai pula audiens dan pengunjung yang mengunjungi situs Anda.
5. Memperluas Target Pasar
Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan ketika mengaplikasikan situs profil perusahaan adalah Anda dapat memperluas target pasar hingga ke berbagai negara. Namun tentu saja, konten dari situs Anda harus sesuai dengan kebutuhan audiens di negara yang ditargetkan.
Cara Membuat Website Company Profile yang Baik dan Benar
Apakah penjelasan sebelumnya membuat Anda tertarik untuk membuat website company profile? Jika iya, berikut kami sediakan beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika membuat situs profil perusahaan.
1. Pilihlah Desain yang Menarik
Di dalam konten apapun, desain adalah elemen penting yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Untuk itu, Anda bisa menggunakan tampilan situs profil perusahaan dengan desain yang menarik dan rapi untuk dilihat maupun dibaca.
Jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam mendesain website, tak perlu khawatir karena Anda masih bisa mengatasinya dengan menggunakan tema website yang tersedia di internet.
2. Jelaskan Detail Tentang Perusahaan Anda
Setelah Anda berhasil membuat desain menarik yang sesuai dengan situs Anda, kini saatnya untuk mengisi situs dengan informasi mendetail mengenai perusahaan Anda.
Dalam website company profile, Anda bisa memasukkan informasi-informasi penting seperti nama perusahaan, gambaran singkat tentang perusahaan, visi dan misi dari perusahaan, sejarah pendirian, hingga orang-orang yang bekerja di balik perusahaan Anda.
Penting untuk Anda ingat bahwa pemilik bisnis harus menjelaskan sejelas mungkin informasi mengenai perusahaan. Tujuannya agar dapat dipahami oleh audiens dan pengunjung website Anda.
3. Gunakan Gaya Bahasa dan Kalimat yang Sesuai
Tips selanjutnya adalah menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pasar dari perusahaan Anda. Contohnya, target pasar Anda adalah anak-anak muda, maka Anda bisa menggunakan gaya bahasa yang santai dan kekinian dengan berbagai istilah yang lekat dengan anak muda.
Contoh lainnya, misalkan target pasar Anda adalah ibu-ibu rumah tangga, maka Anda bisa menggunakan kata seperti Mom, Sis, Bund, dan kata lainnya yang sesuai. Jadi, tentukanlah target pasar Anda dan gunakanlah gaya bahasa yang sesuai dan menarik.
4. Ceritakan Sejarah Berdirinya Perusahan Anda
Cara yang keempat memiliki korelasi yang erat dengan cara kedua. Pada website company profile, sebaiknya Anda juga menceritakan bagaimana sejarah dari berdirinya perusahaan. Langkah ini akan membuat audiens mengetahui bagaimana perjalanan dari perusahaan Anda.
Anda bisa memulainya dengan menceritakan filosofi dari nama perusahaan Anda, bagaimana Anda membangun perusahaan dari nol, siapa saja orang yang membantu Anda, dan suka duka selama Anda mendirikan perusahaan.
Perlu Anda ingat, Anda harus menceritakan sejarah pendirian perusahaan secara padat dan menarik agar mempermudah pengunjung situs dalam memahami perjalanan tersebut.
5. Tunjukkan Kelebihan dari Perusahaan Anda
Sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, situs profil perusahaan juga berfungsi sebagai sarana promosi. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya dengan menunjukkan kelebihan-kelebihan perusahaan Anda yang tidak dimiliki oleh perusahaan lainnya.
Ketika Anda mempromosikan perusahaan Anda dengan menunjukkan kelebihan dari perusahaan Anda, hal ini akan membuat audiens memiliki alasan yang kuat untuk memilih perusahaan Anda daripada kompetitor.
6. Tampilkan Ulasan dari Pelanggan
Cara selanjutnya yang bisa Anda terapkan dalam membuat situs profil perusahaan adalah dengan menampilkan ulasan-ulasan dari pelanggan. Menampilkan ulasan ini akan menarik konsumen baru untuk membeli produk maupun memesan jasa yang perusahaan Anda jual.
7. Sertakan Kontak yang Dapat Dihubungi
Jika Anda sudah mengisi semua hal-hal penting di atas, kini saatnya Anda menambahkan beberapa informasi tambahan, yaitu kontak perusahaan. Menyertakan kontak perusahaan akan membantu audiens yang tertarik dengan perusahaan Anda.
Jadi, mereka memiliki akses yang mudah untuk bertanya langsung kepada Anda. Di bagian ini, Anda bisa mengisi informasi penting seperti nomor telepon, alamat email, alamat kantor, dan faks.
Sudahkah Anda Memahami Apa itu Website Company Profile?
Demikian informasi mengenai apa itu website company profile, manfaat, dan cara pembuatannya yang benar. Semoga setelah membaca hingga selesai pos ini, Anda dapat mengembangkan perusahaan Anda di zaman yang serba digital ini dengan baik.
Dapatkan berbagai informasi tentang tips bisnis dan informasi website development lainnya hanya di Virus Media.