Bagi sebagian pengguna TikTok, mungkin masih asing dengan apa itu TikTok ads. Apabila kamu seorang pebisnis, sekarang saatnya mempertimbangkan media sosial tersebut sebagai strategi marketing untuk mengembangkan bisnis.
Lalu, bagaimana cara kerja TikTok ads dan apa saja manfaatnya untuk bisnis? Kali ini kamu akan mendapatkan penjelasan yang lengkap di bawah ini. Yuk, simak!
Contents
Apa Itu TikTok Ads?
TikTok ads adalah fitur iklan atau alat yang dapat digunakan sebagai media promosi produk dan jasa yang kamu jual. Tool tersebut akan membantu kamu untuk mendapatkan perhatian dari jutaan pengguna TikTok di seluruh dunia.
Selain itu, TikTok ads mampu menargetkan audiens secara spesifik. Mulai dari usia, jenis kelamin, minat, lokasi, dan variabel unik lainnya yang dibutuhkan. Sehingga, kamu bisa menjangkau audiens dengan tepat dan cepat tanpa boros biaya iklan.
Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk beriklan di media sosial TikTok, supaya brand lebih dikenal, terutama jika kamu baru merintis bisnis.
Cara Kerja TikTok Ads
Berikut ini cara kerja TikTok ads yang harus kamu ketahui, yaitu:
1. Buat Akun Iklan TikTok
Untuk bisa mengetahui cara kerja iklan TikTok, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Akun ini yang nantinya akan digunakan untuk mengelola dan melacak iklan. Sehingga, kamu bisa mengukur performa iklan tersebut.
Cara membuat akun relatif mudah. Pertama, buka halaman beranda TikTok for Business, lalu klik tombol memulai. Kemudian, kamu akan menuju ke halaman login.
Jika kamu sudah memiliki akun, cukup masuk menggunakan akun yang sudah dibuat. Namun, bila belum tentu kamu harus membuat terlebih dahulu dengan memilih tombol daftar.
2. Siapkan Iklan TikTok
Langkah selanjutnya setelah membuat akun adalah menyiapkan iklan TikTok. Mulai dari kampanye iklan, penempatan, detail, target, anggaran, durasi, format, hingga desain dari iklan tersebut.
Ketika membuat kampanye iklan, tentukan tujuan utama iklan, diantaranya yaitu jangkauan, traffic, menginstal aplikasi dan menonton video, atau mengonversi.
Berikutnya, masukkan semua detail iklan yang kamu perlukan. Misalnya, website toko online, gambar, dan nama tampilan. Di samping itu, kamu juga bisa memilih 20 kata kunci yang nantinya berguna untuk mencocokkan produk dengan audiens.
Kamu dapat menentukan target audiens iklan, supaya lebih tepat sasaran. Contohnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, bahasa, dan sebagainya.
Selain itu, kamu bisa menentukan sendiri anggaran iklan, apakah harian atau terjadwal. Kemudian, pilih format dan desain iklan, apakah berupa video dan gambar horizontal atau persegi serta masih banyak lagi.
Dengan banyaknya pilihan musik latar yang tersedia secara gratis, akan membuat iklan kamu semakin menarik. Nah, berikutnya TikTok ads akan bekerja sesuai dengan kampanye iklan yang sudah kamu buat tersebut.
Manfaat TikTok Ads untuk Bisnis
Setelah mengetahui apa itu TikTok ads dan bagaimana cara kerjanya, berikut ini 8 manfaat TikTok ads untuk bisnis, yaitu:
1. Memperluas Jangkauan Iklan
Pengguna TikTok terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, di Indonesia hingga April 2022 pengguna aktif bulanan TikTok mencapai 99,1 persen dan merupakan terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.
Selain itu, konten yang berupa video, terutama untuk kebutuhan pemasaran sedang banyak diminati dan berhasil menarik perhatian audiens. Sehingga, ketika kamu menggunakan iklan TikTok, akan membuka peluang iklan tersebut menjangkau lebih banyak audiens target.
2. Iklan Mengarah kepada Audiens Potensial
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kamu bisa mengatur target audiens berdasarkan karakter unik yang ditentukan. Dengan demikian, iklan akan mengarah kepada audiens spesifik sesuai karakter yang sudah kamu pilih.
Sehingga, lebih potensial terjadi aksi yang kamu inginkan, seperti menginstal aplikasi, mengunjungi website, atau yang lainnya.
3. Memiliki Format Iklan yang Beragam
Manfaat lainnya, yaitu TikTok ads memiliki beragam jenis format iklan. Sehingga, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan.
Jenis iklan TikTok yang tersedia, diantaranya iklan top view, iklan dalam umpan, hashtag bermerek, pengambilalihan merek atau brand takeover, dan efek bermerek. Masing-masing format iklan tersebut memiliki harga yang berbeda, sehingga kamu bisa memilih dengan mempertimbangkan budget untuk marketing.
4. Mendorong Keterlibatan Audiens
Dengan adanya format iklan yang beragam, tentu dapat mendorong audiens untuk terlibat. Sehingga, kamu bisa berinteraksi dengan audiens maupun mendapat pengikut baru.
Contohnya, iklan dalam umpan berupa in-feed video yang memungkinkan pengguna untuk menyukai, berkomentar, berbagi, mengikuti, serta merekam video dengan suara TikTok yang sama.
5. Bisa Mengatur Iklan Sesuai Kebutuhan
Keunggulan iklan online adalah kamu bisa mengatur iklan sendiri. Begitu juga dengan TikTok ads. Jadi, kamu bisa membuat kampanye sesuai tujuan yang ingin dicapai.
Misalnya, ingin meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic website, atau yang lainnya. Dengan demikian, iklan menjadi lebih efektif, karena tidak akan salah sasaran.
6. Bisnis Relevan dengan Tren yang Berkembang
Manfaat TikTok ads berikutnya adalah membuat bisnis tetap relevan dengan tren yang berkembang. Pasalnya, tanpa mengikuti tren, tentu tidak bisa menarik perhatian audiens.
Sedangkan, TikTok adalah media sosial yang sering menjadi tempat munculnya tren atau menghadirkan sesuatu yang viral. Sehingga, dengan menggunakan TikTok ads, kamu bisa terus mengikuti tren.
Misalnya, dengan menggunakan musik latar atau sound yang viral, maka iklan akan lebih menarik dan mudah diterima oleh audiens. Selain itu, ada juga filter atau efek tertentu yang bisa kamu gunakan.
7. Iklan Menjadi Lebih Menarik
Nah, karena TikTok dapat membantu brand milikmu tetap relevan dengan tren, maka tentu saja iklan menjadi lebih menarik. Kamu bisa membuat iklan yang kreatif dengan fitur yang tersedia, seperti musik latar, efek, filter, stiker, dan masih banyak lagi.
Dengan membuat iklan yang kreatif, maka kamu bisa menarik perhatian audiens. Sehingga, dapat mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan tertentu sesuai dengan tujuan iklan.
8. Dapat Menghemat Biaya Iklan
TikTok mampu memperluas jangkauan, mendorong keterlibatan audiens, serta dapat membuat iklan menjadi lebih menarik. Namun, yang pasti adalah iklan bisa mengarah kepada audiens potensial, karena kamu bisa mengatur iklan sesuai kebutuhan.
Dibanding iklan tradisional yang membutuhkan waktu berhari-hari agar menarik audiens, TikTok ads bekerja dengan cepat. Sehingga, kamu bisa menghemat biaya dengan performa iklan yang bagus. Di samping itu, kamu juga bisa menentukan jenis iklan sesuai budget yang dimiliki.
Tertarik Coba TikTok Ads untuk Promosi Bisnis?
Demikian informasi mengenai apa itu TikTok ads, cara kerja, hingga manfaatnya untuk bisnis yang perlu kamu ketahui. Dengan terus meningkatnya pengguna TikTok, serta tersedianya berbagai fitur yang ramah untuk pebisnis, maka TikTok ads bisa kamu pertimangkan untuk strategi marketing bisnis.
Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis serta meningkatkan keuntungan. Setelah membaca penjelas di atas, kamu tertarik coba TikTok ads untuk promosi bisnis?
Dapatkan informasi serta tips social media dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.