Siaran pers adalah salah satu cara pemasaran yang efektif untuk bisnis. Misalnya, untuk mempromosikan produk, meningkatkan brand awareness, hingga memberikan informasi penting mengenai perusahaan kepada khalayak umum. Lalu, apa itu press release? Apa saja contohnya? Yuk, cari tahu informasinya lewat artikel di bawah ini!
Contents
Apa itu Press Release?
Press release atau siaran pers adalah pengumuman resmi yang dibuat oleh perusahaan dan secara sederhana merupakan alat publikasi informasi yang layak publik atau pihak-pihak yang berkepentingan ketahui.
Contoh informasi tersebut adalah perkembangan bisnis meliputi produk atau layanan baru, penghargaan atau prestasi perusahaan, dan lain sebagainya.
Selain itu, siaran pers juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak terlalu panjang. Sehingga, informasi dapat tersampaikan tanpa adanya kesalahpahaman yang akan merugikan bisnis.
Dari pengertian diatas, setidaknya ada empat hal yang menjadi kunci utama dari siaran pers. Pertama, siaran pers merupakan pengumuman formal atau resmi yang dibuat oleh perusahaan dengan format tertentu.
Berikutnya, siaran pers hanya memberitakan informasi yang layak publik ketahui terkait perkembangan bisnis. Ketiga, siaran pers didistribusikan kepada media atau berbagai pihak yang berkepentingan. Keempat, siaran pers menghasilkan liputan media yang bertujuan untuk mempromosikan bisnis.
Manfaat Press Release untuk Bisnis
Apa itu manfaat dari press release? Berikut manfaatnya untuk bisnis yang akan kamu rasakan, yaitu:
1. Membangun Relasi Bisnis
Manfaat pertama dari siaran pers, yaitu dapat membantu kamu dalam membangun relasi bisnis dengan beberapa pihak. Misalnya, dengan blogger, influencer, jurnalis, dan orang yang berpengaruh lainnya.
Sebab, relasi tersebut sangat penting untuk menjaga kelangsungan bisnis. Oleh karena itu, kamu perlu memelihara relasi atau hubungan dengan banyak pihak. Salah satunya melalui siaran pers.
2. Melibatkan Banyak Media
Ketika membuat siaran pers, kamu akan melibatkan banyak media. Kamu bisa berkenalan dengan jurnalis maupun tenaga media profesional lainnya. Sehingga, ada peluang mereka bersedia untuk menuliskan siaran pers tersebut.
Tentu hal ini dapat membantumu dalam menyebarkan informasi terkait perkembangan bisnis kepada masyarakat. Sedangkan, tanpa siaran pers informasi tersebut hanya akan tersebar dalam lingkungan di sekitarmu saja.
3. Sebagai Media Pemasaran
Manfaat dari press release berikutnya, yaitu bisa dijadikan sebagai media pemasaran. Sebagai contoh, menyiarkan informasi produk baru, layanan baru, acara perusahaan, dan lainnya. Sehingga, kamu bisa menjangkau target pasar dan meningkatkan brand awareness.
4. Mengelola Krisis
Tak hanya berhenti di situ, siaran perks dapat membantu kamu dalam mengelola krisis bisnis ketika suatu hal buruk terjadi pada bisnis atau perusahaan. Kamu bisa mencegah berita negatif tentang perusahaan muncul dengan membuat press release.
Sehingga, tidak ada media yang menulis berita buruk atau bahkan hoaks yang membuat masyarakat kehilangan kepercayaan terhadap bisnis milikmu.
Cara Membuat Press Release
Setelah mengetahui apa itu press release dan manfaatnya untuk bisnis. Berikut ini cara membuat press release yang bisa kamu terapkan;
1. Pilih Topik yang Layak
Langkah pertama, kamu harus memilih topik yang layak dan penting untuk diketahui oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, kamu wajib memastikan bahwa topik yang dipilih relevan dengan industri bisnis yang kamu jalankan.
Misalnya, informasi tentang peluncuran produk baru, prestasi perusahaan, pengangkatan pimpinan baru, event besar yang melibatkan perusahaan, prestasi atau penghargaan yang diterima perusahaan, dan lain sebagainya.
2. Tulis Judul yang Memikat
Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah menulis judul yang memikat. Gunakan pula judul yang mencerminkan isi siaran pers. Sebab, setiap hari calon konsumen pasti menemukan puluhan berita. Apabila judul siaran pers milikmu tidak menarik, mereka tidak akan terpikat untuk membacanya.
Namun, judul memikat sekalipun akan tetap membuat konsumen kecewa jika ternyata menyimpang dari isinya. Jika sudah terjadi, kondisi tersebut dapat merugikan bisnismu. Karena bisnis kehilangan kepercayaan calon konsumen.
3. Cantumkan Informasi Penting
Jangan lupa untuk mencantumkan informasi penting mengenai topik yang kamu pilih sesuai tujuan awal. Hindari pembuatan siaran pers yang tidak ada hubungannya dengan topik sebelumnya yang sudah ditentukan.
Perlu kamu ingat bahwa siaran pers merupakan pernyataan resmi dari perusahaan. Sehingga, kamu harus mencantumkan informasi penting yang perlu calon konsumen ketahui dalam rilis tersebut.
4. Bahasa Mudah Dipahami
Cara membuat siaran pers berikutnya, yaitu kamu harus menggunakan bahasa yang mudah pembaca pahami. Tidak perlu terlalu panjang, tulislah press release secara singkat saja. Asalkan, semua poin penting tentang topik yang dipilih sudah tersampaikan dengan baik.
5. Gunakan CTA
CTA (call to action) adalah poin penting dalam siaran pers yang tidak boleh ketinggalan. Karena dengan adanya CTA, akan memudahkan pembaca untuk melakukan tindakan setelah membaca press release tersebut.
Biasanya, orang tidak akan membaca sampai akhir. Sehingga, kamu bisa menulis CTA di paragraf pertama atau ketiga supaya lebih efektif. Call to action bisa berupa arahan kepada pembaca untuk mengunjungi link website atau menghubungi contact person supaya mendapat informasi lebih lanjut.
Contoh Press Release
Setelah mengetahui apa itu press release, manfaat, hingga cara membuatnya, berikut contoh dari press release yang perlu kamu pahami, yaitu:
1. Kerjasama Indomaret dengan BNN
Siaran pers yang dilakukan oleh Indomaret tersebut memuat informasi penting yang mendukung citra perusahaan, yaitu dukungan terhadap BNN (Badan Narkotika Nasional). Dukungan tersebut tidak hanya dilakukan oleh Indomaret. Justru, Indomaret mengajak pelanggan untuk ikut serta berpartisipasi.
Pelanggan dapat ikut menyumbangkan uangnya sebesar Rp10,00 untuk program rehabilitasi penyalahgunaan narkoba apabila membeli produk merek Indomaret. Selain membangun citra, Indomaret dapat menaikkan angka penjualan dengan adanya siaran pers ini.
2. KFC Mendukung Indonesian Youth Marine Debris Summit 2019
Contoh siaran pers kedua berasal dari PT Fast Food Tbk (KFC Indonesia). Rilis tersebut menginformasikan bahwa KFC mendukung Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) 2019.
Siaran pers yang dilakukan oleh KFC tersebut menunjukkan kepedulian dan komitmen perusahaan terhadap lingkungan. Pasalnya, seperti yang tertulis di judul, sebanyak 40 pemuda akan beraksi nyata dalam IYMDS 2019.
Tentu saja, siaran pers ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand. Sebab, brand tersebut tidak hanya sekedar berbisnis, tapi juga peduli kepada lingkungan.
Kamu Sudah Memahami Apa itu Press Release?
Demikian informasi tentang apa itu press release, manfaat, cara membuat, hingga contoh-contohnya. Melalui siaran pers, kamu bisa meningkatkan brand awareness, memberikan arahan atau sugesti kepada calon konsumen untuk melakukan tindakan tertentu, serta menaikkan penjualan.Selain itu, apabila dilakukan dengan benar, pressrelease bisa menjadi ajang promosi yang terlihat secara alami melibatkan berbagai media. Sehingga, dapat lebih menarik minat dan ketertarikan target pasar. Jadi, kamu sudah siap mempraktikkan press release untuk mengembangkan bisnis?
Dapatkan berbagai tips bisnis dan informasi seputar KOL management hanya di Virus Media.