Media sosial dewasa ini menjadi ruang yang penting bagi para pebisnis. Jika Anda seorang marketer, tentu tidak asing dengan apa itu paid partnership (kemitraan berbayar). Salah satu fitur Instagram tersebut sangat berguna untuk kegiatan bisnis.
Pada artikel kali ini, akan dibahas pengertian, manfaat, hingga contoh kemitraan berbayar.
Contents
Apa Itu Paid Partnership?
Paid partnership adalah salah satu fitur Instagram yang rilis pada tahun 2017. Dengan adanya fitur tersebut, followers akan melihat ‘Kemitraan berbayar dengan (mitra bisnis)’ langsung di bawah username akun.
Biasanya, judul mitra bisnis berupa link yang mengarah langsung ke halaman bisnis. Artinya, banyak peluang followers atau audiens yang akan mengunjungi bisnis Anda. Sehingga, bermanfaat untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Namun, agar benefit yang Anda peroleh optimal, pastinya harus memilih mitra yang tepat. Misalnya, menggunakan jasa influencer atau selebgram yang memiliki banyak followers serta sesuai dengan brand milik Anda.
5 Manfaat Paid Partnership dalam Bisnis
Berikut 5 manfaat paid partnership dalam bisnis yang perlu Anda pahami, yaitu:
1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens
Pada dasarnya, setiap influencer atau selebgram memiliki engagement yang tinggi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan bekerja sama, pastikan Anda sudah melakukan riset mengenai influencer yang ingin Anda gunakan jasanya.
Apabila brand Anda masuk ke feed mereka, sudah bisa ditebak banyak audiens yang akan melihat brand tersebut. Pasalnya, tag akan langsung berada di bawah username influencer.
Selanjutnya, kalau ada audiens yang mengklik tag tersebut, secara otomatis akan mengarah pada halaman bisnis Anda, baik itu website, toko online, akun media sosial, atau yang lainnya tergantung dari permintaan dan kesepakatan Anda dengan mitra.
2. Pesan Tersampaikan Kepada Audiens Potensial
Jika Anda sudah memahami apa itu paid partnership, pasti sedikit banyak memahami cara kerjanya. Pada intinya, Anda harus memilih influencer atau selebgram yang cocok dan sesuai dengan visi misi bisnis Anda.
Dengan demikian, followers influencer tersebut sudah pasti menjadi target market Anda yang dapat mendatangkan keuntungan.
Dengan kata lain, Anda telah menerapkan promosi yang tepat, karena langsung menyampaikan campaign kepada audiens yang potensial.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness atau kesadaran merek dapat mempengaruhi target market untuk membeli produk atau menggunakan layanan dari sebuah brand.
Secara sederhana, brand awareness adalah kemampuan pelanggan untuk mengenali sebuah merek dengan melihat sesuatu. Hal itu bisa dari logo, warna, slogan, tagline, maupun aspek lainnya.
Biasanya, konsumen lebih tertarik untuk menggunakan produk dari brand yang sudah mereka kenal daripada yang terdengar asing. Oleh karena itu, brand awareness yang unggul dapat meningkatkan penjualan.
Dengan menggunakan paid partnership, semakin banyak orang yang mengenal brand Anda. Keuntungannya, Anda mampu bersaing dengan para kompetitor lainnya.
4. Memantau Kinerja Kampanye Konten
Fungsi kemitraan berbayar selanjutnya, yaitu memantau kinerja kampanye konten. Pasalnya, Anda sebagai mitra bisnis dapat mengakses dan memantau langsung keterlibatan yang influencer tersebut bawa terhadap merek.
Dengan begitu, Anda dapat mengumpulkan informasi dan data statistik tentang kinerja kampanye konten paid partnership di Instagram.
Sehingga, memungkin Anda untuk menentukan influencer berikutnya serta membuat keputusan yang lebih baik terkait kampanye pemasaran di media Instagram.
5. Media Pemasaran yang Efektif
Dari empat manfaat sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa kemitraan berbayar menjadi salah satu media pemasaran yang cukup efektif, sehingga patut Anda pertimbangkan.
Apalagi saat ini memasuki era digital yang mengharuskan setiap orang tergantung dengan internet, termasuk media sosial dalam berbagai kebutuhan, tak terkecuali Instagram.
Dengan demikian, kalau Anda memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran, maka besar peluang keberhasilannya. Sehingga, bisnis Anda dapat berkembang menjadi lebih besar.
3 Tips Memilih Mitra Bisnis yang Tepat
Meski sudah memahami apa itu paid partnership, Anda juga perlu memilih influencer sebagai mitra bisnis yang tepat. Berikut 3 tips yang bisa Anda coba, yaitu:
1. Identifikasi Bisnis Anda
Pertama, Anda perlu mengidentifikasi bisnis Anda terlebih dahulu, mulai dari target market, produk atau jasa yang ditawarkan, hingga harga. Setelah itu, Anda bisa mencari tahu ketertarikan atau minat audiens Anda terhadap konten.
Misalnya, audiens Anda lebih menyukai konten video daripada foto. Maka, carilah influencer yang sering mengunggah konten dengan format animasi atau video.
Dengan mengidentifikasi bisnis, Anda mampu memilih influencer secara bijak, agar kemitraan berbayar dapat bekerja secara optimal.
2. Cek Riwayat Influencer
Tips selanjutnya, Anda harus mengecek riwayat influencer. Sebagai contoh, apakah influencer pernah bermitra dengan kompetitor Anda atau tidak. Sebab, hal itu dapat mengurangi value dari kampanye konten milik Anda.
Selain itu, pastikan influencer tidak bertentangan dengan nilai atau visi dan misi bisnis Anda. Jika Anda menjual mobil, jangan sampai Anda memilih influencer yang terjerat kasus tabrak lari atau berkendara saat mabuk.
Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui latar belakang, riwayat, dan track record influencer yang akan diajak kerjasama.
3. Pastikan Orisinalitas Influencer
Berikutnya, Anda juga perlu memastikan orisinalitas influencer. Misalnya, dalam hal banyaknya followers. Memang penting memilih influencer dengan followers banyak.
Meski demikian, pastikan Anda memastikan orisinalitas followers tersebut apakah asli followers aktif atau hasil dari membeli followers. Pasalnya, jika hanya hasil membeli, hal itu akan merugikan Anda.
Padahal, tujuan menggunakan paid partnership adalah salah satunya untuk meningkatkan brand awareness. Tetapi, kalau followers-nya tidak aktif, maka percuma saja, tujuan tersebut tidak akan tercapai.
Langkah Mudah Menggunakan Paid Partnership
Mengetahui apa itu paid partnership dan cara memilih influencer yang tepat saja barangkali masih membuat Anda bingung. Nah, berikut langkah mudah menggunakan kemitraan berbayar yang perlu Anda pahami, yaitu:
- Pertama, Anda bisa memilih konten yang akan diunggah, kemudian tambahkan efek, filter, keterangan, lalu klik “Berikutnya”.
- Setelah itu, ketuk “Pengaturan Lanjutan”. Kemudian, di bawah “Konten Bermerek” klik untuk mengaktifkan “Tambahkan label kemitraan berbayar”.
- Selanjutnya, klik “Tambahkan mitra merek” untuk memasukan akun influencer yang ingin Anda tandai.
- Berikutnya, Anda dapat mengaktifkan “Izinkan mitra merek untuk mempromosikan”, sehingga dapat menggunakan konten Anda.
Namun, Anda juga bisa menyerahkan unggah konten dari pihak influencer. Nantinya, mereka yang akan menandai Anda sebagai mitra. Sehingga, Anda bisa lebih dimudahkan tanpa perlu mengunggah sendiri.
Contoh Instagram Paid Partnership
Instagram @julietan_cxq
Di atas adalah salah satu contoh penggunaan paid partnership pada akun Instagram milik Julie Tan yang bekerja sama dengan Cetaphil Singapore.
Pada gambar di atas, Anda dapat melihat di bawah username Julie Tan terdapat tulisan “Kemitraan berbayar dengan @cetaphilsg”. Dengan adanya tulisan tersebut, menunjukkan bahwa Julie Tan adalah mitra bisnis Cetaphil Singapore.
Mau Coba Paid Partnership untuk Bisnis?
Demikian informasi mengenai apa itu paid partnership, manfaatnya untuk bisnis, contoh, hingga langkah mudah menggunakannya. Dengan menggunakan media promosi yang efektif seperti kemitraan berbayar di Instagram, penghasilan Anda bisa meningkat.
Dapatkan informasi serta tips bisnis dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.