apa itu marketing campaign

Apa itu Marketing Campaign dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Apakah Anda pernah mengalami saat ingin membeli air mineral, Anda menyebutnya “Aqua”? Padahal Aqua adalah suatu brand bukan nama produk. Hal ini terjadi karena brand Aqua begitu lekat dengan konsumen karena keberhasilan dalam melakukan marketing campaign.

Pada umumnya, kampanye tersebut menggunakan media konvensional maupun digital dengan cara-cara kreatif guna mengambil perhatian publik. Karena campaign ini bisa menjadi senjata untuk mendongkrak bisnis Anda, simak penjelasan lengkap tentang kampanye marketing dan manfaatnya berikut ini. 

Apa Itu Marketing Campaign?

Istilah marketing campaign mungkin asing bagi beberapa orang. Namun, jika Anda berkecimpung di dunia pemasaran, istilah ini sudah terdengar akrab. Kampanye pemasaran atau marketing campaign adalah strategi pemasaran untuk mempromosikan aspek tertentu dari brand, seperti meningkatkan brand awareness.

Campaign juga berguna untuk promosi dalam menyambut event tertentu, misalnya event gajian di marketplace, promo hari raya, cuci gudang, dan lainnya. Selain itu, kampanye bisa menjangkau konsumennya melalui berbagai media seperti email, media sosial, televisi, sampai iklan PPC (pay per click). 

Iklan dalam suatu kampanye bertujuan mempersuasi orang lain untuk melakukan suatu tindak spesifik seperti mendaftar suatu program dan bisa juga membeli produk. Tidak sedikit yang mendefinisikan kampanye pemasaran ini adalah suatu proses peningkatan dan pengukuran dalam memasarkan produk Anda. 

Manfaat Marketing Campaign dalam Bisnis

Tentunya, kampanye marketing memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda. Simak 4 manfaat kampanye pemasaran berikut agar Anda tidak ragu lagi untuk menerapkannya:

1. Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness

Sebelum menjalankan kampanye pemasaran ‘kulit manggis kini ada ekstraknya’, apakah Anda mengenal brand Mastin Good? Sepertinya tidak. Namun, ketika iklan tersebut tayang di televisi, seluruh warga Indonesia menjadi tahu brand Mastin Good dan produk apa yang ia jual. 

Jadi, manfaat pertama yang akan Anda dapatkan adalah membangun dan meningkatkan brand awareness. Apalagi jika menggunakan kampanye yang anti-mainstream, besar kemungkinannya brand Anda akan cepat terkenal dalam waktu singkat. 

Setelah masyarakat mengenal produk Anda, ada peluang untuk meningkatkan sales, bukan? 

2. Mendatangkan Leads

Dari marketing campaign yang Anda lakukan akan membuat brand atau produk semakin populer dan mendatangkan leads. Di dunia bisnis sendiri, leads artinya orang-orang yang tertarik pada produk atau layanan bisnis dan berpotensi besar untuk menjadi pelanggan. 

Karena ketertarikan tersebut, mereka akhirnya memberikan info kontak agar tidak tertinggal berita terkait brand Anda. Informasi kontak tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menghubungi mereka, memberitahu promo yang sedang berlangsung, atau yang lainnya. 

3. Meningkatkan Penjualan

Setelah mendapatkan banyak leads, tidak menutup kemungkinan semakin banyak pelanggan akan yang Anda dapatkan. Efeknya, penjualan akan meningkat dan mendapatkan profit yang banyak. 

Inilah keuntungan menggunakan kampanye pemasaran yang mana bisa membantu Anda mencapai tujuan tersebut dengan lebih cepat. 

Nah, Anda juga harus memastikan bahwa produk yang bisnis Anda tawarkan benar-benar siap ketersediaannya dan kualitasnya sehingga tidak ada kekecewaan daripelanggan karena produk yang Anda berikan. 

Ketika melakukan transaksi, artinya pelanggan Anda mempunyai ekspektasi tinggi terhadap produk Anda. Tentunya, perusahaan Anda wajib memanfaatkan kesempatan tersebut dan jangan sampai membuat pelanggan menyesal di kemudian hari. 

4. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Ketika tiga poin sebelumnya sudah terpenuhi, manfaat yang terakhir adalah terciptanya pelanggan yang loyal. Memberikan promo-promo tertentu saat melakukan marketing campaign akan meningkatkan rasa loyalitas pelanggan terhadap produk Anda. 

Kampanye yang bertujuan untuk meyakinkan konsumennya bahwa produk atau layanan perusahaan tersebut melampaui kualitas pesaing dapat dilakukan dalam jangka panjang. Jika berhasil, pelanggan pun akan menjadi loyal dengan kualitas produk yang ada.

Contoh Keberhasilan Marketing Campaign 

Anda bisa melihat contoh keberhasilan dari marketing campaign yang telah diterapkan oleh beberapa perusahaan besar lokal maupun internasional dan berhasil menarik perhatian para konsumennya berikut ini:

1. Teh Botol Sosro

Teh Botol Sosro memiliki strategi penjualan yang sangat luar biasa karena menjadi pelopor penjual minuman teh kemasan di Indonesia yang memiliki banyak konsumen dari berbagai kalangan. 

Dengan slogan ‘apapun makannya minumnya Teh Botol Sosro’, mampu menjadi marketing campaign yang mendongkrak pasar dengan begitu dahsyat. 

Pastinya Anda juga bisa merasakan sendiri dampak dari kampanye tersebut, seperti saat makan bakso minumnya Teh Botol Sosro dan saat makan dengan makanan lain pun tetap sama. 

Awalnya, sasaran target dari produk ini adalah orang-orang yang sedang dalam perjalanan jauh atau sering berkendara di jalan dengan tujuan menghilangkan rasa dahaga.  

Namun, seiring berjalannya waktu, perusahaan tersebut memperluas target pemasarannya kepada semua kalangan. Kampanye pemasaran pun dilakukannya dengan beberapa strategi bisnis untuk mendapatkan banyak konsumen. 

2. BTS Meal by McD

Di tahun 2021, terjadi kehebohan karena campaign terbaru dari McD yang menggunakan brand ambassador boyband asal Korea yaitu BTS. McD mengeluarkan kampanye berupa BTS Meal yang merupakan menu favorit para member BTS saat makan di McD. 

McD atau McDonald’s memaketkan sejumlah menu dengan kemasan yang berwarna ungu sehingga memunculkan ikatan emosional karena warna ini sangat ikonik bagi ARMY atau para penggemar BTS. 

Kolaborasi tersebut membuat McD mendapatkan pelanggan, khususnya ARMY, yang menyerbu seluruh gerai McD yang menjual BTS Meal. Hal ini juga menjadikan McD sebagai trending topic di media sosial.

Pembuatan kampanye secara global dengan lebih dari 50 negara ini merupakan langkah besar dari McD yang membuahkan profit besar dengan memadukan produknya dengan selebritas. 

3. Nike (Just Do It)

Banyak orang pasti tahu bahwa produk sepatu dari Nike selalu bisa memberikan tampilan sneakers menarik. Perlu Anda tahu, dulu Nike hanya produk yang kebanyakan hanya digunakan untuk pelari marathon. Lalu, muncul trend kebiasaan orang-orang yang gemar menggunakan sepatu olahraga. 

Dengan munculnya fenomena tersebut, Nike menuangkan ide pemasaran untuk menerobos pesaingnya utamanya, yaitu Reebok. Pada akhir tahun 80-an, Nike mengadakan marketing campaign besar-besaran yang berhasil melekat pada produknya hingga saat ini, yaitu Just Do It

Slogan tersebut menjadi kalimat pendek, sederhana, dan penuh makna dari Nike yang selalu dirasakan orang setiap kali ingin memulai berolahraga. Kampanye ini memberikan pesan bahwa Anda bisa memulai olahraga semampunya dulu, tidak harus dengan olahraga berat. 

Nike memahami masalah kemalasan bagi siapapun yang setiap saat ingin berolahraga dengan memberikan solusi terbaik atas permasalahan tersebut. 

Melakukan olahraga sekecil apapun lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Kampanye tersebut membuat Nike berhasil menjual sekitar $800 juta dan meningkatkan penjualan selama sepuluh tahun kemudian dengan nilai mencapai 10 kali lebih banyak, yaitu $9,2 miliar. 

Kesimpulan

Marketing campaign dapat disimpulkan sebagai usaha mempromosikan produk melalui berbagai channel, baik konvensional maupun digital. Ketika suatu bisnis memiliki tujuan kampanye yang jelas, mereka dapat mengetahui media yang paling efektif dalam menjangkau pelanggan sesuai target pemasaran.

Kampanye pemasaran juga sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Karena adanya kampanye ini, perusahaan bisa menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih kreatif sekaligus menarik yang membuat hubungan keduanya menjadi lebih intens.

Dapatkan informasi serta tips bisnis dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin