Mengenal apa itu landing page dan jenis yang bisa Anda gunakan, pastinya dapat membantu bisnis berkembang lebih pesat. Bukan tanpa alasan, karena teknologi marketing digital satu ini memang memiliki peranan penting dalam mengembangkan bisnis Anda. Tidak percaya? Simak pembahasan ini untuk info lengkapnya!
Contents
Apa itu Landing Page?
Pada dasarnya, landing page adalah laman mandiri yang dirancang untuk mengomunikasikan pesan yang terdefinisi dengan baik dan membujuk pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu yang diinginkan. Mudahnya halaman ini memiliki tujuan tertentu, khususnya untuk mengarahkan pelanggan melakukan sesuatu.
Sesuatu tersebut bisa berupa banyak hal, seperti bergabung dengan komunitas atau member, mendaftar dengan email, demo produk, mengunduh aplikasi, membeli produk, dan berbagai kebutuhan lain. Melalui sistem backlink, pengunjung akan “mendarat” ke sebuah halaman tertentu.
Karena itu, memahami apa itu landing page akan membantu memaksimalkan manfaat teknologi tersebut. Keberhasilannya sendiri bisa Anda lihat dari persentase pengunjung yang berhasil Anda bujuk sesuai ajakan laman tersebut. Halaman ini bisa Anda tempatkan pada berbagai platform, baik independen maupun bagian dari web.
Kebanyakan pebisnis menerapkan landing page untuk mengubah pengunjung menjadi calon pelanggan, prospek, atau pelanggan tetap. Tentunya butuh persiapan dan treatment yang tepat untuk membuat pengunjung menjadi pelanggan tetap.
Laman ini biasanya terintegrasi dengan CRM, pemasaran email, maupun aplikasi pendukung pemasaran lainnya. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi pengunjung, serta memilihnya menjadi beberapa klasifikasi. Setiap klasifikasi nantinya akan mendapatkan treatment sesuai kebutuhan.
Manfaat Landing Page untuk Bisnis
Agar dapat memperdalam pengetahuan Anda mengenai apa itu landing page, kini Anda perlu mempelajari manfaat apa saja yang bisa Anda dapat ketika menerapkannya dengan benar. Khususnya pada beberapa manfaat di bawah ini:
1. Alat Bantu Meningkatkan Penjualan
Halaman arahan memang menjadi salah satu sarana promosi yang sangat efisien, bahkan mampu meningkatkan potensi konversi yang terjadi pada bisnis Anda. Setidaknya, walaupun tak semua berhasil menjadi pelanggan, namun Anda bisa mengumpulkan beberapa audiens yang berpotensi menjadi pelanggan.
2. Media Pengumpulan Data
Selain membuat ceruk untuk bisnis yang Anda kelola, menerapkan pemahaman terkait apa itu apa itu landing page, pastinya dapat membantu Anda mengumpulkan banyak data pelanggan. Terutama untuk data email maupun identitas yang Anda dapatkan dari pengisian angket.
3. Meningkatkan Image Branding
Laman seperti ini menawarkan kesempatan untuk menunjukkan nilai brand kepada target pasar, bahkan bisa lebih baik dar penggunaan konten blog dalam web. Tak hanya menampilkan informasi tertentu, bahkan Anda bisa menonjolkan keunggulan bisnis, dan solusi apa yang Anda tawarkan untuk pelanggan.
4. Penargetan Audiens Paling Optimal
Kenapa landing page dapat meraih pasar potensial, terutama karena adanya bantuan fitur ads modern. Sebab fitur tersebut menerapkan fitur penargetan ulang, sehingga meningkatkan potensi Anda mendapatkan audiens paling potensial sesuai penargetan Anda dalam fitur tersebut. Sehingga yang masuk dalam leads adalah target terbaik.
5. Menjadi Aset Pemasaran Mandiri
Halaman arahan juga termasuk aset pemasaran yang berharga, sehingga harus Anda buat dengan baik sedari awal. Bahkan saat Anda tidak menggunakannya, halaman ini masih bisa mendatangkan lead dengan potensial yang tinggi. Tak heran, banyak bisnis sudah mulai mempelajari apa itu landing page dan menerapkannya.
6. Mengedukasi Audiens pada Produk atau Bisnis
Penerapan teknologi ini juga dapat membantu para pengguna untuk mengumpulkan informasi penting terkait bisnis maupun produk yang Anda jual. Sehingga dengan menerapkannya Anda bisa membuat halaman arahan dengan segmentasi yang terus bertumbuh.
7. Membantu Mengukur Metrik pada Strategi Pemasaran Produk
Melalui halaman seperti ini, bisnis Anda bisa lebih akurat dalam mengukur apakah strategi bisnis yang Anda jalankan sudah dalam jalur yang tepat atau belum. Karena dengan data yang terkumpul, Anda bisa mendapatkan data metrik yang lebih akurat.
Jenis Landing Page
Dalam mempelajari apa itu landing page, Anda juga harus mempelajari apa saja jenis yang bisa digunakan. Berikut ini beberapa jenis laman arahan yang bisa Anda coba gunakan:
1. Lead Generation
Jenis ini merupakan salah satu halaman yang paling banyak pebisnis gunakan, karena dengan halaman ini Anda bisa mengumpulkan data calon pelanggan secara sukarela. Dari data tersebut Anda juga mengklasifikasikan dan meneliti lead yang masuk dan tertarik dengan produk atau bisnis yang Anda kelola.
Ciri khas jenis ini adalah merangkum informasi singkat dan to the point, serta menyerahkan formulir atau form untuk pelanggan Anda isi. Uniknya, jenis ini masih bisa Anda kombinasikan dengan jenis lainnya. Jenis landing page ini berpotensi besar dan banyak pebisnis menggunakannya untuk membangun hubungan dengan pelanggan.
2. Click-Through
Jenis berikutnya adalah halaman yang memberikan dorongan pada pengunjung untuk melakukan transaksi. Ciri khusus dari jenis ini biasanya menerapkan tombol khusus, yang bertujuan untuk melakukan transaksi. Tentunya tombol tersebut disertai CTA yang menarik. Seperti “Shop Now” dan “Beli Sekarang Juga!”.
Umumnya, jenis ini banyak digunakan oleh bisnis B2C atau e-commerce. Selain berfungsi untuk menyakinkan konsumen, jenis ini juga berguna untuk memberitahu pelanggan mengenai informasi penawaran yang tengah berlangsung.
3. Product Detail
Apa itu product detail landing page? Jenis ini biasanya akan beri informasi detail mengenai produk atau layanan yang bisnis jual. Misalnya seperti deskripsi produk, harga, jenis, dan informasi lainnya. Tujuan dari jenis halaman ini adalah untuk membuat pelanggan segera membeli produk.
4. Advertorial
Jenis yang lain adalah advertorial. Umumnya, halaman arahan ini akan berisi iklan. Namun, memiliki gaya jurnalistik objektif. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat kemungkinan mereka memutuskan untuk membeli lebih besar. Misalnya, artikel tentang manfaat produk menurut pakar atau ahli profesional.
Contoh Landing Page untuk Bisnis
Ada banyak contoh bisnis yang menerapkan pemahamannya terkait apa itu landing page dengan baik. Beberapa brand berikut ini dapat menjadi contoh landing page yang bisa Anda pelajari:
1. Ruangguru
Pertama adalah Ruangguru yang memiliki halaman arahannya akan menampilkan gambar brand ambassador atau model. Di mana mereka akan mengundang pengunjung untuk meninggalkan nomor telepon agar mendapatkan diskon layanan.
2. Shopback
Selanjung adalah Shopback yang halaman arahannya berisikan berbagai informasi mengenai cashback. Anda akan menemukan banyak slider yang berisikan penawaran atau promosi secara spesifik. Selain itu, pengunjung juga akan diajak berbelanja dengan penempatan CTA seperti “Shop Now”.
3. Tiket.com
Contoh terakhir dari artikel ini adalah Tiket.com. Brand satu ini juga memiliki halaman arahan yang menarik. Karena pengunjung akan menemukan banner dan juga slider yang berisikan berbagai informasi promo. Mereka juga memberikan kolom pencarian untuk memudahkan pelanggan mencari layanan yang dibutuhkan.
Sudah Tahu Tentang Apa itu Landing Page?
Dari penjelasan tersebut, kini Anda sudah tahu apa itu landing page, manfaat, jenis, serta contoh brand yang menerapkannya dengan cukup baik. Ketika mempelajari penggunaan yang tepat, Anda pasti bisa meningkatkan penjualan bisnis lebih dari biasanya!
Dapatkan berbagai tips bisnis dan informasi website development lainnya hanya di Virus Media.