apa itu ig ads dan manfaatnya untuk bisnis

Apa itu IG Ads dan Manfaatnya untuk Perkembangan Bisnis Kamu?

Instagram merupakan salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Untuk bisnis, beriklan disana menggunakan IG Ads adalah strategi marketing yang tepat. Sebab, ada banyak sekali pengguna Instagram sekaligus calon konsumen yang dapat kamu jangkau. Namun, apa itu IG Ads?

Apa itu IG Ads?

IG Ads adalah penyedia layanan pemasangan iklan di media sosial Instagram. Bentuk iklan yang kamu pasang di Instagram atau IG Ads berupa feed ataupun stories. Instagram Ads merupakan metode pemasaran berbayar. 

Sehingga, kamu harus membayar untuk memunculkan iklan di IG, seperti feed, stories, dan lainnya. Nantinya, postingan iklan kamu akan terlihat normal seperti yang lain. Namun, yang membedakan adalah pada postingan feed atau stories IG Ads, akan ada label “Bersponsor”, yang menunjukan bahwa konten tersebut adalah sebuah iklan.

Singkatnya, bila ditanya apa itu IG Ads? Maka, ini adalah alat yang dapat kamu gunakan untuk membuat dan menampilkan iklan kepada calon konsumen kamu. Dari definisi tersebut, hal ini dapat menjadi alat pemasaran efektif untuk bisnis kamu, karena konten buatanmu dapat menjangkau audiens yang lebih besar.

Cara Kerja Instagram Ads

Jika kamu telah mengetahui apa itu IG Ads, maka kamu perlu mengetahui cara kerjanya. Sebenarnya cara kerja dari Instagram Ads tidak jauh berbeda dengan Facebook Ads. Dalam menggunakannya, kamu harus membuat dan menyusun peraturan scheduling, budgeting, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bisa kamu lakukan lewat Power Editor yang ada dalam platform Instagram. Setelah itu, kamu bisa membuat konten yang akan diiklankan di Instagram Ads. Kamu juga harus menggunakan Instagram bisnis, agar proses pengelolaan iklan lebih mudah.

Cara membuatnya adalah membuka Facebook Ads Manager terlebih dahulu. Kemudian, buka menu kampanye dan buat iklan. Setelah itu, pilih tujuan dan jenis iklan yang kamu inginkan. Langkah selanjutnya adalah menulis nama iklan dan tujuan trafiknya. Kamu bisa mengarahkan trafik ke website, aplikasi, atau WhatsApp.

Kemudian, tentukan target audiens seperti lokasi, umur, jenis kelamin, dan lainnya. Pilih edit penempatan dan centang Instagram saja. Langkah terakhir adalah memilih jadwal,  memilih format iklan, masukkan deskripsi, dan lakukan pembayaran.

Manfaat IG Ads untuk Bisnis

Setelah mengenal apa itu IG Ads, kamu perlu mengetahui manfaatnya bagi bisnis, seperti berikut ini:

1. Target Audiens Cukup Spesifik

Ketika menggunakan Instagram Ads, kamu bisa mengatur promosi bisnis sesuai target atau lebih spesifik. Hal ini karena jika kamu memasang iklan di Instagram Ads, maka akan membantu kamu dalam mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai user Instagram. Informasi atau data ini meliputi lokasi, usia, jenis kelamin, dan lainnya.

Pilihan penargetan ini memberikan Instagram Ads keunggulan daripada platform lainnya. Terutama ketika kamu sedang mengembangkan dan mengintergrasikan website penjualan utama dengan segala macam promosi yang kamu lakuakn di media sosial.

Untuk mendapatkan data-data tersebut, kamu bisa lihat melalui fitur insight, dengan catatan kamu telah mendaftarkan akun Instagram menjadi akun IG bisnis. Oleh karena itu, adanya data-data tersebut akan mempermudah kamu dalam menyusun strategi promosi dan penjualan yang terbaik untuk bisnis kamu.

2. Meningkatkan Traffic Website

Ketika kamu membuat akun Instagram bisnis, kamu bisa menambahkan URL website kamu di bagian profil bio. Kamu juga dapat menggunakan Instagram Ads dengan memasukan URL website pada iklan yang kamu pasang.

Adanya Instagram Ads memungkinkan kamu untuk bisa menyisipkan link pada konten bersponsor yang mengarahkan para calon konsumen untuk mengunjungi website kamu secara langsung.

Jadi, jika para calon konsumen tertarik dengan produk kamu, mereka akan melakukan swipe up di IG stories atau mengklik tombol selengkapnya pada feed. Dengan cara ini, kamu dapat mengarahkan pelanggan yang tertarik tersebut ke platform khusus dan mendorong mereka untuk membeli sesuatu di sana.

Jika semakin banyak orang mengunjungi situs web kamu, maka semakin tinggi pula traffic web secara keseluruhan. Hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan peringkat website kamu di Google.

3. Beriklan dengan Berbagai Format

Pada Instagram Ads, kamu akan mendapatkan 3 jenis format yang bisa kamu gunakan, seperti gambar, video, dan banyak gambar dalam satu postingan iklan. Untuk format gambar, iklan akan terdiri dari 1 gambar saja. Kemudian, format video akan berisi iklan yang memuat 1 video.

Pilihan format ini dapat menjadi strategi untuk mengenalkan produk kamu agar semakin dikenal. Selain itu, dengan berbagai pilihan format iklan ini berpotensi untuk membuat target audiens tertarik untuk mencoba melihat-lihat, atau bahkan menggunakan produk yang kamu tawarkan.

4. Membangun Brand Awareness

Brand awareness adalah bagian yang paling penting bagi perkembangan suatu bisnis. Selain itu, brand awareness menjadi faktor yang mampu membentuk loyalitas dan kepercayaan konsumen atas produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Brand awareness juga menjadi kunci untuk bisnis yang masih kecil untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Instagram merupakan platform yang dapat meningkatkan brand awareness brand kamu dengan budget yang rendah, karena basis data penggunanya sangat besar. Selain itu, karena Instagram adalah platform berbagi visual, kamu dapat menciptakan familiarity antara brand awareness dan konsumen.

Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan brand awareness di Instagram adalah dengan IG Ads. Caranya dengan membuat postingan visual yang menarik, baik foto atau video atau memanfaatkan influencer.

Setelah kamu mengenal apa itu IG Ads dan menggunakannya dengan cukup konsisten, maka kamu akan sukses dalam membangun brand awareness.

5. Membangun Audiens dan Komunitas Produk Kamu

Sudah menjadi rahasia umum, jika brand yang memiliki banyak pengikut memiliki peluang sukses yang lebih besar. Di Instagram sendiri, kamu perlu menambah jumlah pengikut produk kamu terlebih dahulu. 

Hasilnya, kamu akan dapat membangun audiens, yang memungkinkan para pengguna Instagram terlibat dengan konten yang kamu buat.

Semakin banyak keterlibatan (engagement) yang kamu terima, maka ini semakin meningkatkan peluang kamu untuk membuat konsumen membeli produk, karena mereka menjadi lebih akrab dengan brand kamu.

6. Meningkatkan Penjualan

Apa itu IG Ads? Pada dasarnya, IG Ads adalah cara terbaik untuk mengiklankan produk kamu di internet. Jika kamu dapat mengoperasikan dan memanfaatkan Instagram Ads sebaik-baiknya, penjualan perusahaan kamu akan meningkat cukup pesat.

Kamu dapat menggunakan IG Ads untuk membuat calon konsumen membeli produk secara langsung tanpa meninggalkan platform. Sebab, sekarang sudah ada menu Toko di Instagram. Atau seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, bahwa iklan bersponsor kamu dapat menciptakan traffic untuk website kamu.

Hal tersebut tentu mempermudah konsumen untuk mencari hingga melakukan tindakan, seperti membeli produk yang kamu tawarkan. Sehingga, penjualan kamu mengalami peningkatan yang signifikan

Sudah Memahami Apa itu IG Ads?

Saat ini, social media marketing sangat penting untuk bisnis. Hal itulah yang membuat Instagram Ads dapat memperkuat upaya pemasaran digital organik kamu. Dengan mengetahui apa itu IG Ads, semoga kamu dapat menggunakannya sebaik mungkin dan meningkatkan brand awareness. Selamat mencoba!

Dapatkan informasi serta tips social media dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin