apa itu dv360

Apa itu DV360? Apa Manfaatnya bagi Kampanye Marketing Bisnis?

Bicara tentang apa itu DV360, maka tidak terlepas dari geliat perkembangan dalam dunia digital marketing. Secara garis besar, DV360 sendiri merupakan platform periklanan terbaru keluaran Google. Fungsinya, yakni untuk kampanye bisnis pada website dan aplikasi dengan sistem penargetan yang mudah dan mendalam.

Pada dasarnya, mekanisme kerja dari platform ini adalah sebagai inventory iklan. Namun, yang menjadi salah satu keunggulan dari platform ini terletak pada tools khusus yang mampu memaksimalkan fitur serta tingkat efektivitas periklanan yang tayang. Lantas, apa manfaat platform ini untuk bisnis? Mari simak selengkapnya!

Apa itu DV30?

DV360 adalah Demand Side Platform (DSP) keluaran Google yang menjadi solusi terprogram bagi pengiklan untuk menawar serta membeli inventaris dari bursa iklan di luar jaringan Google. Platform ini menawarkan fungsionalitas yang luas untuk para pelaku bisnis yang ingin menjangkau audiens dengan berbagai format iklan digital. 

Selain itu, Google Display & Video 360 juga menawarkan fitur tambahan untuk perencanaan, pengukuran, dan juga optimasi kampanye marketing. Tak hanya itu, platform ini juga menyediakan tools untuk merancang dan mengelola materi iklan, serta mengatur data dari target audiens secara spesifik dan mendalam.

4 Manfaat DV360 bagi Kampanye Marketing Bisnis!

Setelah mengetahui apa itu DV360, berikut adalah beberapa manfaat Google Display & Video 360 dalam kampanye marketing bisnis. Simak penjelasan lengkapnya:

1. Optimasi Iklan dengan Data yang Spesifik dan Luas

DV360 dapat memaksimalkan potensi terprogram dari tayangan iklan. Integrasi asli dengan Google Analytics membuat setiap segmen khusus dari data pihak pertama akan tersedia untuk penargetan audiens di DV360. Platform ini juga menawarkan perluasan jangkauan melalui kemiripan audiens yang terbentuk secara otomatis.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan data rich audience Google secara gratis. Hal tersebut memungkinkan iklan untuk tidak hanya menerapkan penargetan demografis dan geografis saja. Namun, target iklan nantinya juga akan menjangkau audiens lain yang menyukai produk serupa. 

2. Tersedia Berbagai Akses Inventory yang Luas

Bicara tentang apa itu DV360, tentu saja tidak terlepas dari Demand-side Platform (DSP) terbesar di dunia. Bahkan, platform ini juga mempunyai akses ke +76 ad exchanges termasuk di dalamnya Google Ads exchange. 

Artinya, platform ini memungkinkan pihak pengiklan untuk dapat membeli dan juga mengatur seluruh inventory iklan dalam satu tempat. Selain itu, platform ini juga  terintegrasi dengan fitur cross channel reporting serta Google Marketing Platform. 

Jadi, iklan yang Anda pasang nantinya dapat tampil di berbagai platform media di internet hanya dengan satu inventory saja. Sehingga, inventory Google Display & Video 360 berperan sebagai dashboard utama periklanan bisnis.

3. Insight dan Optimasi Kampanye Marketing

Google Display and Video 360 membantu memberikan pemasaran yang lebih cepat dan cerdas. Karena platform ini menyediakan tools dan insight yang Anda perlukan untuk pengoptimalan kampanye bisnis yang sukses.

Bidding di Google Display and Video 360 bisa Anda sesuaikan dan memungkinkan iklan dapat teroptimasi secara maksimal. Praktik terbaiknya adalah mengaktifkan inisiatif baru dengan penawaran CPM secara tetap. 

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan strategi penawaran otomatis setelah ada cukup data bagi platform ini untuk optimasi indikator kinerja utama. Indikator tersebut mencakup klik, tayangan, kunjungan situs, dan konversi.

Dalam hal analisis pelaporan, fitur khas DV360 adalah tingkat transparansi kinerja yang tinggi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menganalisis kampanye marketing dari sudut yang berbeda. Sehingga Anda bisa membuat keputusan yang tepat untuk optimasi iklan.

4. Meningkatkan Performa Iklan dengan Fitur Data Driven Creative

Berdasarkan penelitian Google Media Lab, 70% keberhasilan performa campaign dapat terlihat dari nilai kreativitas iklan. Tentu saja, hal ini membuktikan pentingnya menyajikan ide kreatif yang tepat, pada waktu yang tepat, dan kepada target iklan yang tepat. 

Jika Anda menggunakan Google Display & Video 360, Anda dapat menggunakan first-party data dari platform ini. Fungsinya, yakni sebagai sinyal dalam menjalankan dynamic dalam kreativitas iklan. 

Display & Video 360 yang mengadopsi data-driven mempunyai insight terkait analisis ide kreatif dari berbagai iklan yang telah sukses di internet. Sehingga, Anda akan mendapat banyak asupan ide kreatif untuk keperluan kampanye marketing yang optimal.

Fitur Utama pada DV360

Setelah memahami tentang apa itu manfaat dari DV360, tentu Anda tertarik untuk mengetahui fitur utama pada platform ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Scalability

DV360 menyediakan akses langsung ke AdX: Ad Exchange Google. Sehingga, Anda tidak perlu mencari situs yang menurut Anda akan memberikan audiens yang tepat untuk produk atau layanan Anda. Jadi, DV360 akan menemukannya secara otomatis untuk Anda di antara salah satu grup platform yang tersedia.

2. Audience Targeting

DV360 menawarkan lima opsi berbeda untuk membangun target audiens. Sehingga, akan menghasilkan grup dengan skala besar dalam proses penayangan iklan. Selain itu, Anda juga bisa memilih dari ribuan target group yang ada, sesuai dengan jenis produk atau bisnis yang Anda tawarkan. 

Tak hanya itu, Anda juga dapat bermitra dengan penyedia data melalui DV360 untuk membangun audiens Anda sendiri. Sehingga, iklan dapat tayang secara optimal sesuai dengan sasaran strategi promosi bisnis.

3. End-to-end Campaign Management

Platform ini dapat mengkombinasikan lima aspek modul secara sekaligus. Sehingga, kampanye marketing bisnis Anda dapat berjalan secara optimal dalam satu platform yang sama dan dengan data informasi yang sama. Kelima modul tersebut meliputi tayangan, view iklan, materi Iklan, inventori, dan juga insight

Hasilnya, kampanye marketing bisnis jadi lebih praktis, efisien, dan optimal. Ini terjadi, karena Anda dapat mengoptimasi iklan melalui kumpulan data dari lima aspek modul. Sehingga, Anda tidak perlu menganalisis satu persatu aspek tersebut untuk mengoptimalkan iklan yang akan Anda pasang selanjutnya.

Perbandingan DV360 vs Google Display Network

DV360 pada dasarnya adalah inovasi dari Google Display Network dengan cakupan yang lebih optimal. Selain itu, DV30 juga mempunyai setelan iklan yang jauh lebih kuat. Bahkan, DV360 mempunyai tools  lapisan tambahan untuk menjaga nama baik brand pada iklan Anda agar tetap aman. 

Jadi, bagaimana cara Anda memutuskan mana yang menjadi solusi terbaik antara DV360 dan Google Display Network? Inilah sudut pandang perbedaannya yang mungkin bisa menjadi acuan rekomendasi bagi Anda yang bingung dalam memilih antara dua platform inventory iklan ini:

  • Google Display Network merupakan platform terbaik untuk Anda yang ingin memasang iklan produk dengan anggaran pengiklan berskala kecil. Kemampuan dari Google Display Network sudah cukup guna mencapai banyak aspek penting dalam penargetan serta analisis iklan produk Anda.
  • DV36O cocok untuk Anda yang memiliki anggaran periklanan dengan skala besar dan mencari lebih banyak cakupan target iklan. Selain itu, platform ini mempunyai opsi kontrol serta lebih banyak strategi untuk memperluas kehadiran iklan Anda dalam seluruh ekosistem web.

Sudah Paham Tentang Apa itu DV360?

Itulah penjelasan tentang DV360 beserta manfaatnya bagi kampanye marketing bisnis. Intinya, platform ini memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengiklan mengelola inventory iklan dalam satu dashboard utama. Selain itu, tersedia juga analisis insight dan juga data driven creative untuk inovasi ide iklan.

Dapatkan informasi serta tips bisnisperformance marketing lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin