Apa itu clickbait? Sebagai seseorang yang sering berselancar di media sosial, istilah ini tentu bukan hal yang asing di telinga Anda. Wajar saja, karena kebanyakan konten yang sering berlalu-lalang di media sosial itu menggunakan teknik clickbait.
Anda pasti sering mengklik sebuah konten karena judul maupun gambarnya yang menarik perhatian, bukan? Jika pernah, maka Anda adalah salah satu korban clickbait.
Singkatnya, clickbait adalah sebuah teknik untuk menarik perhatian pengguna internet agar mengunjungi sebuah konten. Pertanyaannya, apakah clickbait baik atau buruk? Artikel ini akan membantu Anda. Jadi, teruslah membaca!
Contents
Apa Itu Clickbait?
Dilansir dari Techcrunch, clickbait diartikan sebagai tindakan yang menjanjikan sesuatu kepada audiens secara berlebihan. Umumnya, bentuk dari clickbait sering ditemukan pada judul, konten media sosial, gambar, dan lain-lain.
Mengacu pada tujuannya untuk memancing audiens, bahasa yang digunakan pun cenderung provokatif dan mampu menarik perhatian audiens. Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari konten yang menggunakan teknik umpan klik.
- Judul konten menggunakan kalimat provokatif dan hiperbola
- Menggunakan judul yang melibatkan emosi audiens
- Memuat gambar yang menarik perhatian audiens
Contoh Judul yang Clickbait
Berikut adalah beberapa contoh judul di berita, artikel, dan iklan yang menggunakan teknik umpan klik.
1. Judul Berita
Contoh paling mudah dari judul clickbait dalam sebuah berita adalah berita mengenai selebriti. Seperti contoh di bawah ini:
- Seorang Artis Baru Saja Tertangkap Karena Narkoba, Ini Fakta Mengejutkannya
- Lama Tidak Terlihat, Beginilah Penampakan dari Selebriti B Ini
2. Judul Artikel
Judul artikel yang clickbait umumnya memiliki beberapa pola yang menggunakan bahasa yang persuasif, seperti:
- 7 Cara Menghilangkan X yang Belum Kamu Ketahui
- Jangan Pernah Lakukan Hal X Saat Kamu Sedang Tidur
- Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Bermain Game X
- 10 Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak, Nomor 5 Bikin Kamu Tercengang
3. Judul Iklan
Lalu, bagaimana dengan judul iklan yang clickbait? Umumnya, judul iklan yang clickbait menggunakan bahasa penawaran yang menggiurkan dan membuat audiens mengklik iklan tersebut. Contohnya:
- Obat Jerawat X, Terbukti Jerawat Anda Hilang Dalam 7 Hari
- Kursus Mengemudi Terpercaya: Jika Tidak Lulus, Uang Kembali 100%
- Beli 3 Produk dan Dapatkan Hadiah Umroh Bareng Artis A
Pada dasarnya, umpan klik yang baik dan benar memiliki relevansi yang sesuai antara judul dan isi konten. Jika seorang konten kreator membuat judul umpan klik yang benar dengan relevansi yang sesuai dengan isi konten, pembaca akan semakin terbantu dengan informasi yang informatif dan relevan.
Sebaliknya, umpan klik yang buruk adalah konten yang judulnya tidak memiliki relevansi yang sesuai dengan isi kontennya. Hal ini umumnya dilakukan oleh seorang konten kreator yang hanya berfokus untuk menambah jumlah klik di situsnya tanpa memedulikan perasaan audiens.
Sebagai pembuat konten, Anda tentu tidak ingin membuat audiens Anda meninggalkan situs Anda karena sering kesal dengan judul clickbait yang berlebihan, bukan? Untuk itu, gunakanlah umpan klik dengan baik, tidak berlebihan, dan relevan dengan isi konten Anda.
Kelebihan dan Kekurangan Clickbait
Clickbait merupakan teknik yang benar-benar menguntungkan jika Anda menggunakannya dengan benar dan tidak berlebihan. Sebaliknya, penggunaan umpan klik yang berlebihan akan merugikan situs Anda serta pembaca.
Karena masalah ini, ada perdebatan di luar sana mengenai boleh tidaknya menggunakan judul clickbait dalam sebuah konten. Ada yang berpendapat tidak apa-apa asal tidak berlebihan, ada juga yang tidak setuju sama sekali dengan penggunaan teknik umpan klik.
Untuk memberi Anda wawasan yang lebih luas mengenai apa itu umpan klik, kami telah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan dari teknik umpan klik di bawah. Yuk, simak!
Kelebihan
Berikut adalah beberapa kelebihan dari penggunaan clickbait.
1. Meningkatkan Click Through Rate (CTR)
Sebuah judul clickbait yang melibatkan dan mempengaruhi emosi audiens dapat membuat mereka untuk mengklik konten Anda. Semakin banyak audiens yang mengklik konten Anda, maka akan semakin banyak pula rasio CTR yang Anda peroleh.
Nah, dengan tingginya rasio CTR di konten Anda, itu menunjukkan bahwa konten yang Anda buat itu relevan dengan apa yang audiens butuhkan.
2. Memperbanyak Pageviews
Jika Anda menggunakan judul clickbait yang baik dan tidak berlebihan, tentu audiens akan tertarik untuk membaca dan menonton konten Anda. Semakin sering audiens membaca konten Anda, maka itu juga akan semakin meningkatkan pageviews di konten Anda.
Apa itu pageviews? Singkatnya, istilah ini adalah jumlah total halaman yang dilihat oleh audiens maupun pengunjung. Jika konten Anda memiliki pageviews yang tinggi, itu akan memudahkan konten anda muncul di halaman pertama mesin pencarian Google.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Saat Anda berhasil membuat konten dengan judul clickbait yang baik dan relevan, itu memungkinkan para audiens membagikan konten Anda kepada orang lain.
Tentu, hal ini akan akan meningkatkan brand awareness dimana orang-orang akan mengenal situs Anda karena menyediakan konten yang bermanfaat, informatif, dan relevan.
Kekurangan
Setelah Anda memahami kelebihan dari umpan klik, kini saatnya Anda mengetahui kekurangan dari umpan klik. Silahkan simak!
1. Bounce Rate yang Tinggi
Kekurangan umpan klik yang pertama adalah meningkatnya bounce rate di situs Anda. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Alasannya sederhana. Saat audiens menyadari bahwa isi konten Anda tidak sesuai dengan judul, maka mereka akan segera meninggalkan website Anda.
Lebih buruknya lagi, sebuah situs dengan bounce rate tinggi akan terindikasi tidak relevan oleh Google dan mengakibatkan sebuah situs tidak muncul di hasil pencarian Google maupun halaman Google.
2. Membahayakan Image Situs
Saat Anda menggunakan judul clickbait yang berlebihan dan para audiens merasa tertipu, aksi tersebut dapat mengakibatkan mereka merasa malas untuk mengunjungi situs Anda.
Tidak hanya itu, namun kekurangan ini juga memiliki efek jangka panjang, dimana para audiens bisa tidak percaya lagi dengan situs Anda dan tidak pernah mengunjungi situs Anda lagi.
3. Berpotensi Mendatangkan Audiens Yang Tidak Sesuai
Penggunaan teknik umpan klik memang bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Namun, bagaimana jika audiens yang datang ke situs anda bukanlah audiens yang tidak tepat?
Tentu saja jika Anda gagal menjangkau audiens yang menjadi target pasar, maka semua yang Anda lakukan menjadi tidak maksimal.
Tips Membuat Judul Clickbait yang Benar
Setelah Anda memahami apa itu clickbait dan kelebihan serta kekurangannya, Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa judul clickbait yang benar. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membuat judul clickbait yang benar.
- Buatlah judul yang sesuai dengan isi konten Anda
- Libatkan emosi pembaca dengan bahasa yang persuasif namun tetap relevan
- Tambahkan angka di dalam judul konten Anda
- Hindari penggunaan kalimat yang berlebihan dan tidak masuk akal
- Cantumkan dan tebalkan bagian yang paling menarik dari konten Anda
Sudahkah Anda Memahami Apa itu Clickbait?
Clickbait adalah sebuah strategi yang menguntungkan untuk sebuah situs. Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan clickbait. Sayangnya, jika digunakan secara berlebihan, umpan klik justru mendatangkan hal buruk untuk situs Anda.
Oleh karena itu, mulailah menggunakan judul clickbait yang baik dan relevan dengan isi dari konten Anda. Dengan mengaplikasikannya, situs Anda dapat menjadi lebih baik dengan CTR yang tinggi, pageviews yang bertambah, dan brand awareness yang meningkat.
Dapatkan berbagai informasi tentang tips bisnis dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.