apa itu beauty influencer

Apa Itu Beauty Influencer dan Contohnya di Indonesia

Dalam era teknologi informasi saat ini, internet telah menjadi sumber informasi yang sangat luas, sehingga hampir semua informasi tersedia secara online. Hal tersebut juga memungkinkan Anda tahu tentang apa itu beauty influencer untuk belajar merias wajah dan mendapatkan informasi terbaru dalam dunia kecantikan.

Banyaknya tutorial tersebut, terutama di media sosial, dapat memberikan peluang bagi Anda untuk mempromosikan produk Anda. Agar promosi Anda dapat mencapai target pasar dengan tepat, Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan para influencer tersebut.

Apa Itu Beauty Influencer?

Anda pasti sudah sering mendengar tentang apa itu beauty influencer karena konten mereka mungkin muncul di pencarian media sosial Anda. 

Seorang beauty influencer adalah seseorang yang populer di media sosial dan memfokuskan pada konten yang berkaitan dengan kecantikan. Mereka mengulas produk-produk kecantikan, memberikan tutorial makeup dan perawatan kulit, serta berbagi informasi menarik seputar kecantikan. 

Influencer kecantikan biasanya juga membahas topik lain yang sejalan dengan kecantikan, seperti fashion dan makanan sehat.

Untuk menjadi influencer kecantikan, seseorang harus memiliki keterampilan dalam berkomunikasi mengenai produk kecantikan, mampu menciptakan konten menarik dan terkini seputar kecantikan, dan memiliki pengetahuan luas tentang produk-produk kecantikan, mulai dari kandungan hingga kemasan.

Beberapa konten buatan influencer kecantikan umumnya meliputi tutorial merias wajah, cara menggunakan makeup dan perawatan kulit, membuka kotak produk (unboxing), menyiapkan diri untuk acara (get ready with me), dan memberikan ulasan mengenai produk kecantikan.

Manfaat Beauty Influencer untuk Bisnis

Selain mengetahui apa itu beauty influencer, Anda juga perlu tahu bahwa influencer ini dapat membantu dalam mempromosikan produk melalui endorsement atau product placement pada konten yang mereka buat. Berikut beberapa manfaat yang Anda peroleh dari bekerja sama dengan para influencer untuk bisnis Anda:

1. Memperkenalkan Produk ke Target Pasar yang Sesuai

Jika Anda ingin memperkenalkan brand atau produk kecantikan yang baru, Anda dapat menjalin kerja sama dengan influencer kecantikan untuk memasarkannya. Namun, Anda perlu melakukan riset sebelum memilih influencer

Selain itu, juga penting untuk mengetahui audiens dari influencer tersebut. Jika target pasar Anda adalah anak muda generasi Z, pastikan audiens dari influencer yang Anda pilih juga sejalan dengan target tersebut.

Dengan melakukan penyesuaian tersebut, Anda akan dapat menargetkan pasar yang tepat dan mengoptimalkan strategi marketing Anda.

2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Kehadiran influencer dengan jumlah followers yang banyak dapat menjadi potensi pasar bagi brand kecantikan yang baru saja didirikan dan belum memiliki online presence. Dengan bekerja sama dengan para influencer, brand kecantikan dapat mencapai calon pelanggan yang potensial di antara audiens influencer

Namun, penting untuk memastikan dan menganalisis lebih lanjut apakah target pasar brand sesuai dengan audiens influencer tersebut.

3. Menumbuhkan Kepercayaan terhadap Produk yang Ditawarkan

Influencer marketing merupakan salah satu strategi untuk membangun kepercayaan calon pelanggan terhadap produk yang ditawarkan oleh sebuah brand kecantikan. Melalui beauty influencer, brand bisa memperoleh review produk kecantikan yang menjadi acuan oleh calon pelanggan untuk menilai kualitas produk tersebut. 

Audiens atau followers dari influencer juga memiliki kecenderungan untuk mengikuti gaya hidup dan pola konsumsi sama seperti influencer idolanya, sehingga mereka lebih terdorong untuk menggunakan produk rekomendasi dari orang tersebut. 

4. Meningkatkan Penjualan

Dalam strategi pemasaran yang melibatkan beauty influencer, tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan penjualan produk kecantikan. Dengan meningkatnya popularitas brand melalui promosi dari influencer, brand dapat memperluas jangkauan pasar dan menarik perhatian pelanggan potensial. 

Semakin banyak pelanggan potensial yang tertarik dengan penawaran produknya, semakin besar peluang untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan bagi brand

5. Memberikan Peluang Balik Modal

Untuk bekerja sama dengan influencer kecantikan, memerlukan persiapan anggaran terlebih dahulu. Namun, penyiapan anggaran yang dapat Anda sesuaikan dengan pilihan jenis influencer, yaitu nano, mikro, atau makro, yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran brand

Strategi pemasaran melalui influencer merupakan sebuah investasi yang memiliki potensi untuk mendapatkan kembali modal yang telah dikeluarkan. Jika pemasaran melalui influencer berhasil, hal ini dapat memberikan keuntungan dan meningkatkan kinerja bisnis brand

Deretan Beauty Influencer Indonesia

Setelah mengetahui apa itu beauty influencer dan manfaatnya, Anda dapat bekerja sama dengan para influencer yang memiliki kredibilitas baik serta dapat meningkatkan kredibilitas brand Anda. Berikut adalah lima influencer kecantikan Indonesia yang memiliki gaya unik dan berpotensi membantu promosi bisnis Anda:

1. Rachel Goddard

Rachel Goddard adalah seorang influencer kecantikan yang memiliki gaya unik dan menarik. Dia selalu menambahkan elemen humor dalam setiap konten kecantikan yang dia buat, sehingga tidak membosankan dan mengundang tawa. 

Dalam video review produk, dia memberikan pendapat yang jujur apakah produk tersebut layak untuk dibeli kembali atau tidak. Selain konten kecantikan, Rachel juga memiliki konten parodi dan vlog yang bisa dinikmati sebagai hiburan. 

Rachel juga memiliki cara yang unik dalam melakukan kampanye pemasaran digital produk. Sebagai contoh, dalam mempromosikan produk pembersih pakaian, dia melakukannya dengan gaya yang smooth dan menghibur, sehingga tidak terasa seperti sedang melakukan iklan.

2. Amalia Hayati – Deszell

Anda dapat bekerja sama dengan Amalia Hayati atau yang biasa dikenal dengan nama Deszell untuk menjadi mitra promosi produk perawatan dan kesehatan kulit. 

Deszell merupakan seorang beauty influencer yang gemar mencoba berbagai produk perawatan kulit untuk menjaga kecantikan wajahnya. Dia diakui sebagai seorang ahli perawatan kulit yang terkenal di industri kecantikan di Indonesia. 

Deszell seringkali memberikan ulasan mengenai berbagai jenis perawatan kulit, mulai dari produk perawatan kulit dari toko obat hingga produk-produk high-end

Gal yang unik adalah, Deszell tidak hanya memberikan informasi mengenai perawatan kulit di platform Instagram, tetapi juga memberikan penjelasan yang lebih rinci tentang berbagai produk di blog pribadinya.

3. Suhay Salim

Suhay Salim adalah seorang beauty influencer yang jujur dalam memberikan review dan opini mengenai produk kecantikan. Ini terlihat dari respons positif yang ia terima dari para pengikutnya di setiap video dan kontennya. 

Dia memiliki cara review yang unik dan jujur bahkan jika ia menerima produk dari brand tertentu. Kehadiran pengikut setia Suhay Salim memberikan peluang bagi brand yang ingin menjangkau target pasar yang lebih luas. 

Meskipun menerima review yang jujur terkait produk, Anda membutuhkan kesiapan hati. Namun hal tersebut bisa menjadi bahan survei yang bagus untuk meningkatkan kualitas produk di masa depan dan mengetahui apakah manfaat produk sudah sesuai dengan kebutuhan pasar atau perlu pengembangan lebih lanjut.

Tips Memilih Beauty Influencer yang Tepat

Jika Anda ingin memilih influencer kecantikan yang tepat untuk mengiklankan produk kecantikan Anda, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Cari tahu tentang influencer yang akan Anda ajak kerja sama. Lihat juga jumlah followers, engagement rate, dan juga kualitas konten yang dihasilkan.
  • Pastikan bahwa influencer yang Anda pilih memiliki audiens yang sesuai dengan target market produk Anda. Misalnya, jika produk Anda ditargetkan untuk remaja, maka pilihlah influencer yang memiliki audiens remaja.
  • Pastikan bahwa influencer yang Anda pilih juga memegang nilai-nilai yang sama dengan merek Anda. Hal ini penting agar konten tersebut dapat sejalan dengan citra merek Anda.
  • Tentukan budget yang sesuai untuk kerja sama dengan influencer dan pilihlah influencer yang bisa memenuhi kebutuhan Anda dengan budget yang ada.

Bangun Bisnis Anda dengan Beauty Influencer!

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu beauty influencer, manfaat, deretan para influencer kecantikan Indonesia, dan tips untuk bekerja sama dengan mereka. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dan menginspirasi ide-ide baru dalam merancang strategi pemasaran digital.

Dapatkan berbagai tips bisnis dan informasi seputar KOL management hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin