Facebook Ads atau FB Ads kini menjadi salah satu platform iklan online yang menjadi pilihan bagi banyak pemilik bisnis. Apalagi kamu bisa langsung mengisi saldo di Facebook Ads untuk memasang iklan. Namun, belum banyak yang paham bagaimana cara menambah saldo FB Ads dengan benar.
Nah, untuk kamu yang ingin tahu informasi selengkapnya tentang Facebook Ads dan cara menambah saldo FB Ads dengan mudah, simak artikel ini sampai akhir, ya!
Contents
Apa Itu Facebook Ads?
Facebook Ads merupakan kependekan dari Facebook Advertising yang menjadi fitur berbayar dari Facebook untuk mengiklankan postingan pada sebuah akun bisnis. Fitur ini juga bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan dan target bisnis.
Selain itu, kamu juga bisa mengatur iklan sesuai dengan interest, gender, umur, hingga lokasi atau domisili dari target pasar yang kamu inginkan.
Kemudian, budget iklan juga memiliki pilihan yang beragam. Mulai dari Rp20.000,00 per hari, kamu sudah bisa memasang iklan bisnis di Facebook. Tentunya, semakin besar budget yang kamu keluarkan, sudah pasti akan semakin tinggi jangkauan atau reach postingan yang kamu iklankan.
Kamu juga perlu mengetahui berbagai jenis iklan Facebook, agar bisa fokus pada target audiens. Berbagai jenis iklan yang ada di Facebook, antara lain image ads, video poll ads, video ads, slideshow ads, carousel ads, playable ads (untuk keperluan games), serta stories ads.
Manfaat Memasang Iklan di Facebook Ads
Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat memasang iklan di Facebook Ads setelah menerapkan cara menambah saldo FB Ads yang perlu kamu ketahui:
1. Menargetkan Pengguna Secara Spesifik
Saat ini, pengguna Facebook di seluruh dunia sudah lebih dari 2,39 miliar. Hal inilah yang membuat iklan online di Facebook mempunyai jangkauan yang lebih luas. Meski kamu memiliki karakteristik tertentu untuk iklan bisnis, namun hal tersebut tidak mengurangi target pasar yang kamu inginkan.
Apalagi Facebook juga menawarkan berbagai pengguna sesuai dengan target usia yang beragam. Mulai dari rentang usia 13 hingga 65+. Tak hanya usia, kamu juga dapat menargetkan target pasar berdasarkan lokasi, status pernikahan, ketertarikan, dan lain sebagainya.
Strategi iklan yang seperti ini tentu jauh lebih efektif, karena memiliki target yang spesifik.
2. Fitur Remarketing
Remarketing atau pemasaran kembali merupakan sebuah fitur yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan engagement audiens yang memang sudah pernah terpapar oleh iklan bisnismu.
Sebagai contoh, ada audiens yang sudah pernah mengunjungi website, berinteraksi di sosial media, atau mungkin pernah memasukkan produk ke keranjang.
Fitur ini tentu bermanfaat untuk bisa meyakinkan calon pelanggan yang sudah aware terhadap brand kamu untuk segera melakukan konversi.
3. Efektif untuk Banyak Tujuan Marketing
Funneling menjadi salah satu strategi pemasaran yang perlu kamu pahami. Funneling adalah gambaran alur perjalanan pelanggan dari tahap awal hingga deal. Istilah ini juga kerap disebut dengan customer journey.
Dengan menggunakan Facebook Ads, kamu bisa menentukan tujuan marketing sesuai dengan kebutuhan bisnis. Mulai dari klik, penjualan, visitor, leads, dan lain sebagainya. Artinya, FB Ads mempunyai banyak layanan untuk berbagai tujuan marketing.
4. Memonitor Performa Iklan
Lewat dashboard Ads Manager, kamu bisa memonitor performa iklan yang terpasang secara real time setiap saatnya. Apabila ternyata ada yang tidak sesuai dengan ekspektasi dan rencana, maka kamu bisa langsung segera melakukan penyesuaian.
FB Ads ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan dan menelusuri informasi secara lebih detail. Misalnya, hasil iklan dari waktu ke waktu dan juga perincian demografis.
Sebagai contoh, pada dashboard Ads Manager, kamu dapat mengetahui ketertarikan audiens terhadap jenis iklan tertentu ataupun kelompok mana yang paling banyak melakukan konversi iklan.
5. Membangun Relasi dengan Audiens
Berbeda dengan iklan offline, pada Facebook Ads ini kamu bisa mendapatkan instant feedback dari audiens yang melihat iklan bisnismu.
Menariknya, kamu juga dapat melihat reaksi yang mereka berikan. Baik itu dalam bentuk like, love, dislike, hingga komentar dari audiens. Semua hal tersebut bisa kamu lihat melalui akun Facebook pagemu.
Hal ini tentunya akan sangat membantumu dalam menjalin komunikasi pada calon pelanggan sekaligus mengarahkan mereka untuk melakukan tujuan marketing kamu. Seperti melakukan subscribe newsletter, pembelian produk, ataupun leads.
6 Cara Menambah Saldo FB Ads dengan Mudah
Berikut ini adalah 6 cara menambah saldo FB Ads dengan mudah yang bisa kamu coba ikuti dan terapkan pada akun Facebook bisnismu:
1. Masuk ke Menu Lainnya
Cara menambah saldo FB Ads yang pertama adalah masuk ke menu utama akun Facebook bisnismu. Kemudian, klik Menu Lainnya atau garis tiga yang ada di bagian kanan atas halaman Facebook.
2. Pilih Fanspage atau Buat Fanspage
Setelah itu, masuk ke Halaman Facebook Fanspage, baik yang ada di aplikasi maupun melalui web. Selanjutnya, kamu bisa langsung klik Promosikan Halaman untuk memasang iklan online di Facebook.
3. Tambah Uang Facebook
Di bagian Promosikan Halaman, kamu bisa scroll ke bagian bawah hingga nantinya menemukan bagian Akun Pembayaran. Di tahap ini, kamu bisa melihat total saldo FB Ads yang dimiliki.
Kemudian, kamu bisa klik Tambahkan Uang ke Akun untuk melakukan top up saldo atau deposit sesuai dengan kebutuhan iklan masing-masing.
4. Tentukan Nominal dan Metode Pembayaran
Cara menambah saldo FB Ads yang selanjutnya adalah menentukan nominal top up saldo yang kamu inginkan. Tak hanya itu saja, di bagian ini kamu juga bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan.
Kamu bisa memilih metode pembayaran melalui kartu kredit ataupun transfer bank. Terkait dengan metode pembayaran ini, lebih disarankan untuk menggunakan metode transfer bank, agar lebih mudah.
5. Klik Tombol Lanjutkan
Setelah itu, kamu akan pindah ke halaman baru browser. Pada halaman tersebut, kamu perlu melakukan konfirmasi terkait transaksi yang kamu lakukan. Selanjutnya, silahkan klik Lanjutkan atau Next.
6. Selesaikan Pembayaran
Cara menambah saldo FB Ads yang terakhir adalah menyelesaikan pembayaran. Nantinya, kamu mendapat nomor rekening virtual dari Doku (Bank Pertama) untuk melanjutkan pembayaran.
Jadi, silahkan kamu melakukan pembayaran dengan melakukan transfer bank untuk top up sesuai dengan nominal yang kamu inginkan. Apabila sudah melakukan pembayaran, secara otomatis kamu akan mendapat notifikasi. Baik melalui aplikasi Facebook maupun email.
Dalam notifikasi tersebut, terdapat pemberitahuan yang menyatakan bahwa transaksi pembayaran sudah berhasil. Kamu bisa mengecek laman Facebook Ads untuk memastikan jika saldo sudah bertambah.
Sudah Paham Cara Menambah Saldo FB Ads dengan Mudah?
Nah, itu dia penjelasan singkat tentang apa itu Facebook Ads dan cara menambah saldo FB Ads dengan mudah yang bisa kamu pahami. Mulai dari masuk ke Menu Lainnya hingga melakukan transfer bank. Semoga membantu, ya.
Dapatkan informasi serta tips social media dan performance marketing lainnya hanya di Virus Media.