Penggunaan digital marketing saat ini sudah semakin masif. Hampir semua pebisnis sudah memanfaatkan penggunaan cara ini untuk kebutuhan penjualan mereka. Hal itu juga yang membuat penggunaan tools digital marketing semakin banyak orang butuhkan.
Selain dinilai lebih efektif, penggunaan digital marketing juga dinilai lebih bisa menjangkau banyak pihak. Hal ini bisa membuat lebih banyak konsumen yang datang, bahkan dari berbagai wilayah.
Contents
Tools Digital Marketing
Dalam penggunaanya, salah satu keunggulan dari pemanfaatan strategi pemasaran digital ini adalah ada banyak tools yang bisa Anda gunakan dan sangat membantu. Berbagai macam tools ini tentu saja memiliki berbagai macam fungsi. Beberapa contoh tools tersebut antara lain:
1. Hootsuite
Salah satu tools digital marketing yang banyak digunakan adalah Hootsuite. Tool ini sendiri biasanya berkaitan dengan pengelolaan media sosial. Hanya dengan satu aplikasi ini saja maka Anda bisa mengelola dan memonitor banyak media sosial sekaligus.
Tool ini juga multi platform, artinya Anda bisa memantau tidak hanya banyak akun namun juga banyak media sosial yang berbeda. Keunggulan lainnya dari tools ini adalah fitur penjadwalan postingan. Fitur ini membuat konten yang Anda buat akan tayang otomatis saat waktunya.
Selain itu, fitur unggulan lain dari tool ini tentu saja adalah Analytics. Nantinya, Anda bisa langsung melihat performa dari masing-masing akun ataupun campaign yang sedang Anda kerjakan.
2. Google Analytics
Tools digital marketing lainnya yang juga akan sangat berguna adalah Google Analytics. Sesuai namanya, tool ini akan sangat membantu dalam berbagai macam hal yang berkaitan dengan analisis.
Dengan statusnya yang merupakan mesin pencari paling banyak digunakan, maka hasil analisis dari tool ini bisa menjadi sangat akurat. Tool ini bisa membantu Anda untuk melihat tingkat kunjungan website, bounce rate, konversi, dan lainnya.
Hal lainnya yang juga menjadi keunggulan dari tool satu ini adalah terintegrasi langsung dengan Google Ads. Sehingga Anda juga bisa dengan mudah menciptakan campaign dan langsung memantaunya.
3. Ahrefs
Dunia digital marketing akan selalu berkaitan dengan SEO. Dalam kasus ini maka salah satu tool yang bisa Anda gunakan adalah Ahrefs. Tools digital marketing satu ini bisa membantu Anda untuk menentukan target dan juga strategi marketing yang tepat,
Selain itu, tool ini juga bisa membantu Anda untuk menentukan kata kunci apa yang harus Anda gunakan. Termasuk nantinya tool ini juga akan memberikan gambaran tentang kata kunci yang kompetitor gunakan dan juga sedang banyak orang cari.
Khusus untuk fitur kata kunci, tool ini juga memiliki fitur yang sangat mendalam. Tidak hanya mencari kata kunci yang tepat, namun itu tersebut juga bisa memperlihatkan berapa banyak orang yang mencari, seberapa sulit kata kunci tersebut, dan juga berapa jumlah klik dari kata kunci tersebut.
4. Canva
Tampilan visual merupakan salah satu hal penting dalam dunia digital marketing. Tampilan visual yang menarik merupakan salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menarik pelanggan.
Tool yang bisa Anda gunakan untuk hal ini adalah Canva. Tool yang satu ini sudah menjadi andalan banyak orang untuk bisa menciptakan konten visual yang sangat menarik.
Canva sendiri memiliki banyak template yang bisa Anda gunakan untuk membuat logo, membuat postingan media sosial, desain grafis, dan lainnya. Tool ini tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar.
5. Mailchimp
Di era digital marketing, maka salah satu pola komunikasi yang banyak dilakukan para penjual dengan konsumen adalah melalui email. Selain dianggap lebih cepat, cara ini juga lebih murah.
Tool yang bisa membantu Anda untuk melakukan dan mengoptimalkan email marketing tersebut adaah Mailchimp. Dengan menggunakan tool ini maka Anda bisa mengirim banyak email sekaligus hanya dalam satu waktu.
Selain itu, tool ini juga memiliki banyak sekali fitur, salah satunya terintegrasi dengan Google Analytics sehingga bisa menunjukkan seberapa berhasil email marketing yang Anda lakukan.
Dengan menggunakan tool ini maka Anda juga akan lebih mudah untuk melihat apakah email dan campaign yang Anda lakukan berhasil atau tidak? Hal lainnya yang juga menjadi keunggulan dari tool ini adalah memiliki banyak plugin yang akan membantu Anda dalam menjalankan strategi email marketing.
6. Trello
Kolaborasi merupakan salah satu hal penting dalam dunia digital marketing. Ketika melakukan kolaborasi, maka pengaturan dan manajemen tentu saja merupakan hal yang perlu Anda pikirkan.
Salah satu tools digital marketing yang bisa Anda gunakan untuk hal ini adalah Trello. Tool ini bisa membantu Anda untuk mengatur banyak hal dalam satu tempat dengan cukup mudah.
Nantinya, tiap orang yang ada di tim bisa dengan mudah mengetahui apa saja tugas mereka, bagaimana update pekerjaan, apa yang harus dikerjakan selanjutnya, dan lainnya.
7. Data Studio
Digital marketing dan data merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tidak hanya mencari dan mengolah data, namun Anda juga harus memastikan jika data tersebut bisa dibaca dengan mudah.
Untuk membantu proses penyajian data tersebut, maka salah satu tool yang juga bisa Anda gunakan adalah Data Studio. Tool ini akan sangat membantu Anda untuk menciptakan visualisasi data menjadi lebih menarik.
Hal ini tentu saja bisa membantu penyajian data menjadi lebih mudah untuk orang pahami. Tool satu ini juga bersifat interaktif sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan setiap data yang ingin Anda sampaikan.
8. Yoast SEO
Berkaitan dengan SEO, tidak hanya pencarian kata kunci saja yang penting, melainkan Anda juga perlu melihat seberapa jauh optimasi tersebut sudah Anda lakukan. Anda bisa menggunakan Yoast SEO sebagai bantuan.
Tool ini akan sangat membantu Anda melakukan optimasi performa SEO. Nantinya, tool ini juga bisa memberi tahu mana saja bagian yang harus Anda perbaiki. Keunggulan lainnya dari tool ini adalah adanya fitur yang menilai seberapa mudah konten tersebut dibaca.
9. SEMRush
Masih berkaitan dengan penggunaan SEO, maka tools digital marketing lainnya yang juga bisa menjadi andalan adalah SEMRush. Tool ini sendiri sudah banyak orang gunakan karena kemampuannya dalam banyak hal.
Bisa dibilang tool ini menawarkan paket lengkap dalam sebuah pemasaran digital. Anda bisa mencari kata kunci, mengoptimasi SEO, melihat performa website, riset dan analisis iklan, sampai dengan mengelola media sosial bisa Anda lakukan hanya dengan satu tool ini.
Selain itu, salah satu keunggulan lainnya dari tool ini adalah adanya fitur yang bisa melihat performa dari kompetitor. Fitur ini tentu saja bisa menjadi salah satu landasan Anda untuk melakukan strategi marketing berikutnya.
10. Google Ads
Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan bisnis lebih luas. Dalam digital marketing, maka Anda bisa melakukannya dengan menggunakan bantuan dari Google Ads.
Tool ini bisa membuat iklan menjadi lebih efektif penanganannya. Nantinya, iklan tersebut hanya akan muncul pada orang yang memang membutuhkan ataupun mencari produk yang Anda tawarkan.
Optimalkan Penggunaan Tools Pemasaran Digital!
Degan ada banyaknya tools digital marketing, maka hal ini akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih terbantu. Tentu saja, selain contoh tools di atas, masih ada beberapa tools lainnya yang juga bisa Anda gunakan.
Dengan menggunakan tools ini maka harapannya selain membuat pekerjaan menjadi lebih mudah juga membuat hasil yang diberikan jauh lebih baik. Tool ini juga bisa membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien.
Dapatkan berbagai informasi tentang tips bisnis lainnya hanya di Virus Media.