Social media marketing strategi merupakan satu hal penting yang diperlukan oleh para pelaku bisnis saat ini. Dampak pengguna sosial media yang makin banyak membuat banyak orang yang membutuhkan tips social media marketing.
Saat ini sendiri, kebutuhan bisnis untuk hadir di platform digital menjadi sangat penting. Tidak hanya untuk menaikan penjualan, namun bagaimana mengembangkan bisnis itu sendiri.
Tips Social Media Marketing
Penggunaan social media sebagai tempat untuk berjualan memang sudah memiliki dampak yang cukup besar. Terutama dengan jumlah pengguna yang semakin banyak, menjadikan platform ini tempat yang efektif untuk marketing. Berikut adalah beberapa tips social media marketing yang kamu perlukan:
1. Tentukan Tujuan Pemasaran
Hal pertama yang kamu perlukan sebagai social media marketing strategi adalah menentukan tujuan pemasaran itu sendiri. Masalah tujuan ini sendiri akan langsung berkaitan dengan langkah strategi yang akan kamu gunakan.
Secara umum, ada 3 tujuan yang biasanya akan dituju ketika menggunakan social media marketing ini, seperti:
- Awareness. Ini merupakan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran dari audiens pada bisnis yang kamu punya. Singkatnya, ini merupakan cara agar bisnis kamu dikenal. Indikator yang digunakan biasanya reach dan impression.
- Consideration. Tujuannya adalah menciptakan ikatan antara calon konsumen dengan bisnis. Dalam prakteknya, hal ini bisa terlihat dengan akun sosial media yang mem-follow, like, memberi komentar, dan lainnya. Indikator yang biasa dilihat adalah engagement.
- Conversion. Ini adalah tujuan akhir dari social media marketing yang dilakukan, yakni merubah calon konsumen menjadi konsumen.
2. Tentukan Social Medianya
Tips social media marketing lainnya adalah menentukan mana platform yang tepat untuk mendukung tujuan kamu. Saat ini ada banyak platform yang bisa kamu gunakan, dan belum tentu semuanya akan cocok.
Selain melihat strategi yang akan kamu gunakan, penentuan platform yang tepat ini sendiri harus melihat tujuan konsumen yang ingin kamu gapai. Misalnya, jika calon konsumen potensial untuk bisnis kamu banyak yang bermain Instagram, maka pilih platform Instagram untuk platform social media marketing yang kamu andalkan.
3. Analisa Kompetitor
Untuk bisa memenangkan persaingan, maka kamu juga perlu tahu siapa saja yang menjadi kompetitor bisnis nantinya. Ini juga merupakan tips social media marketing lainnya yang perlu kamu lakukan.
Masalah analisa kompetitor ini juga perlu kamu lakukan untuk memastikan konten yang akan kamu gunakan tidak sama. Nantinya, kamu juga bisa menentukan Unique Selling Point dalam campaign marketing yang akan kamu gunakan.
4. Atur Masalah Budget
Salah satu keunggulan dari penggunaan social media marketing adalah kamu bisa mengatur sendiri budget yang kamu butuhkan. Masalah budget ini sendiri sebenarnya akan sangat berkaitan dengan strategi yang akan kamu gunakan.
Meski demikian, sebenarnya kamu bisa mengatur ulang penggunaan budget tersebut sesuai kebutuhan. Misalnya, jika kamu masih pebisnis pemula dengan budget pemasaran terbatas, kamu bisa memilih beriklan di Instagram Ads, Facebook Ads, atau Google Ads yang biayanya mulai dari Rp25.000,00 per hari.
Namun, jika budget pemasaran kamu besar, kamu bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk kamu di media sosial.
5. Content Planning
Tips social media marketing lainnya adalah membuat content planning yang akan memudahkan dalam eksekusi nantinya.
Singkatnya, pembuatan content planning bertujuan sebagai guide tentang konten apa yang harus diupload, kapan waktu upload, dan lain sebagainya. Dalam social media marketing strategi, cara ini sangatlah penting, agar konten yang kamu buat tidak berantakan.
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah pembuatan content planning adalah penentuan content pillar. Dari content pillar inilah nantinya kamu bisa memetakan lebih jauh konten apa saja yang akan kamu buat ke depannya.
6. Penentuan Jenis Konten
Hal lainnya yang juga penting dalam tips social media marketing adalah penentuan jenis konten. Saat ini sendiri, ada banyak jenis konten yang bisa kamu gunakan dalam campaign social media marketing.
Mulai dari text seperti pada blog, audio seperti pada podcast, atau bahkan video. Sekarang, jenis konten video merupakan yang paling banyak diminati. Salah satunya karena platform yang bisa digunakan cukup banyak.
Hampir semua platform social media saat ini memiliki fitur video di dalamnya. Inilah mengapa konten video sangat diminati. Selain video, jenis konten lainnya yang juga cukup banyak peminatnya adalah foto.
Penggunaan foto sendiri berguna untuk memberikan bentuk visual yang nyata bagi konsumen. Penggunaan foto juga bisa membuat konten social media marketing strategi menjadi lebih menarik.
7. Storytelling
Tips social media marketing lainnya yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan storytelling. Ada banyak tujuan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan storytelling ini.
Dalam video misalnya, penggunaan storytelling ini akan membuat video menjadi lebih jelas dan mudah untuk audiens memahaminya. Storytelling ini juga bisa membuat ikatan emosional dengan audiens terbentuk. Hal ini juga bisa mendorong untuk terciptanya interaksi antara konsumen dan bisnis yang kamu punya.
8. Gunakan Tools yang Tepat
Penggunaan social media marketing strategi ini juga akan sangat berkaitan dengan tools lain yang kamu gunakan di dalamnya. Tools ini sendiri akan sangat membantu kamu dalam banyak hal.
Mulai dari melihat trend yang sedang berkembang, penentuan keyword, dan lainnya. Bahkan, tools ini juga bisa kamu gunakan untuk melihat bagaimana kinerja dari konten yang kamu buat.
Kamu bisa melihat apakah konten yang kamu buat berhasil menjangkau audiens yang kamu sasar atau tidak, berapa engagement yang berhasil diraih, dan lain sebagainya.
Contoh tools yang bisa kamu gunakan seperti Canva sebagai tools editing konten, kemudian Google Trends untuk melihat keyword terpopuler secara real time. Selain itu, ada juga tools Tanke untuk melihat engagement rate, dan berbagai tools lainnya.
9. Jangan Lupakan Interaksi
Dalam social media marketing strategi, hal yang tidak bisa kamu lupakan adalah masalah interaksi dengan audiens. Interaksi ini sendiri akan bernilai sangat banyak untuk kinerja campaign yang kamu buat nantinya.
Karena akan berkaitan dengan engagement yang kamu punya. Dalam banyak algoritma media sosial, engagement akan lebih penting dari sekedar jumlah followers.
Semakin tinggi engagement yang kamu raih, biasanya semakin besar juga kemungkinan campaign yang kamu buat untuk muncul di mana-mana. Proses interaksi ini juga bisa menumbuhkan audiens secara organik.
10. Lakukan Evaluasi
Tips social media marketing terakhir yang juga tidak bisa kamu lupakan adalah masalah evaluasi. Hal ini penting untuk melihat apakah campaign yang kamu buat berhasil atau tidak. Sehingga, nantinya kamu bisa menentukan apakah strategi tersebut masih bisa digunakan untuk waktu mendatang atau tidak.
Kamu bisa melakukan evaluasi dengan cara melihat data insight pada akun sosial media bisnis kamu.
Yuk, Terapkan Tips Social Media Marketing Sekarang!
Dengan semua manfaat dan kemudahan yang bisa kamu dapatkan dari social media marketing strategi, maka sebenarnya tidak alasan untuk tidak menggunakan cara ini. Dengan melakukan tips social media marketing dengan benar maka hasilnya pun akan maksimal dengan biaya pemasaran yang relatif lebih rendah.
Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.