Bisnis fashion dan clothing selalu memberikan peluang yang bagus untuk mendapatkan banyak keuntungan. Pasalnya, tren fashion selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, sehingga bisnis bisa terus berkembang. Terlebih, saat ini banyak cara untuk memasarkan secara online melalui tips digital marketing untuk bisnis fashion Anda.
Promosi secara online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan produk Anda. Karena perkembangan teknologi yang semakin maju membuat banyak orang mencari baju, tas, ataupun hijab melalui marketplace daripada toko offline. Mari simak strategi pemasaran online yang efektif untuk bisnis fashion Anda berikut ini!
Contents
8 Tips Digital Marketing untuk Bisnis Fashion
Proses pemasaran secara online perlu Anda persiapkan secara matang untuk mencapai tujuan dari promosi bisnis. Berikut beberapa tips dan strategi digital marketing untuk mempromosikan produk fashion Anda:
1. Manfaatkan Social Media Marketing
Media sosial saat ini telah menjadi bagian penting dalam hidup banyak orang. Hampir semua orang menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi hingga berbelanja. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan social media marketing untuk mempromosikan bisnis Anda.
Beberapa sosial media yang potensial untuk mengiklankan bisnis Anda adalah Facebook, Instagram, dan TikTok. Anda bisa menyesuaikan platform mana yang sesuai dengan target market Anda.
Secara lengkap, ada beberapa langkah untuk promosi menggunakan media sosial. Seperti riset calon pelanggan, menentukan tujuan promosi yang tepat, analisis kompetitor, memilih waktu yang tepat untuk posting konten, membuat konten yang relevan, dan melakukan evaluasi.
2. Buatlah Website Bisnis
Anda juga bisa membuat website untuk meningkatkan brand awareness. Bisnis fashion yang mempunyai situs website sendiri biasanya lebih sukses dalam jangka waktu yang panjang dan mempunyai kredibilitas tinggi.
Anda juga bisa menghubungkan sosial media dan website agar bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Lalu, lakukan juga optimasi SEO agar website Anda mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Sehingga traffic web semakin meningkat.
3. Manfaatkan Marketplace untuk Pemasaran
Tips digital marketing untuk bisnis fashion selanjutnya adalah dengan mendaftarkan produk pada satu atau lebih marketplace. Marketplace yang terpercaya seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada bisa menjadi jalan untuk Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan online.
Sementara langkah yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk di marketplace antara lain menggunakan gambar atau foto produk secara real atau asli. Lalu, berikan deskripsi produk secara detail termasuk harga, merek, ukuran, dan bahan. Hal tersebut akan mempermudah calon pelanggan untuk mengenali produk yang Anda tawarkan.
4. Manfaatkan Key Opinion Leader (KOL)
Key opinion leader (KOL) adalah orang-orang yang mempunyai banyak penggemar dan menjadi pusat perhatian. Anda bisa berkolaborasi dengan KOL untuk mengkampanyekan bisnis Anda.
Influencer marketing juga akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan menaikkan brand awareness produk fashion Anda. Anda bisa memanfaatkan jasa influencer di berbagai platform, seperti Instagram, blog, dan Youtube agar produk Anda bisa dikenal lebih banyak orang di media sosial.
5. Foto dan Deskripsi Produk
Bisnis fashion harus menonjolkan visual adri produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, Anda perlu menampilkan foto produk yang asli dan menarik disertai dengan keterangan yang lengkap. Produk dengan foto yang original bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan untuk membeli produk tersebut.
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa mengunggah foto produk di media sosial, marketplace, dan website bisnis. selain itu, jangan lupa berikan deskripsi yang lengkap seputar produk yang Anda tawarkan. Seperti harga, bahan, ukuran, dan informasi yang mendukung lainnya.
6. Berikan Penawaran yang Menarik
Tips digital marketing untuk bisnis fashion bisa berjalan dengan sukses apabila Anda menambahkan penawaran menarik terhadap produk Anda. Anda bisa memulainya dengan memberikan diskon dan gratis ongkir di marketplace.
Anda juga bisa membuat event giveaway melalui sosial media. Hal tersebut bertujuan agar calon pelanggan bisa mengenal produk yang Anda tawarkan dan meningkatkan kunjungan pada akun sosial media bisnis Anda.
Meski demikian, penting bagi Anda untuk menghitung terlebih dahulu terkait proyeksi keuntungan dari penawaran tersebut. Pastikan Anda tetap mendapatkan keuntungan meskipun memberikan diskon atau promo lainnya.
7. Perhatikan Feedback dari Pelanggan
Feedback dari pelanggan menjadi bagian penting untuk pengembangan bisnis fashion Anda. Umumnya, feedback dapat meliputi kualitas produk, pelayanan, pengiriman, hingga harga yang Anda tawarkan. Jangan abaikan komentar pelanggan terkait produk Anda di marketplace ataupun situs online lainnya agar tidak mengecewakan pelanggan.
8. Lakukan Evaluasi Pemasaran
Langkah yang tidak kalah penting saat melakukan pemasaran secara online adalah evaluasi strategi pemasaran tersebut. Anda bisa mencari tahu strategi mana yang masih kurang dan bisa mencari solusi untuk memperbaikinya untuk promosi selanjutnya.
Keuntungan Digital Marketing untuk Bisnis Fashion
Penerapan tips digital marketing untuk bisnis fashion di atas bisa memberikan Anda banyak keuntungan. Contohnya adalah seperti berikut:
1. Hemat Biaya Promosi
Strategi digital marketing umumnya lebih hemat daripada pemasaran secara offline. Karena Anda tidak perlu mencetak brosur atau media promosi lainnya. Penggunaan sosial media dan website sangat membantu Anda untuk menekan biaya promosi dan terkesan lebih efektif dan efisien.
Anda bisa menciptakan konten yang relevan dan menarik secara mandiri agar tidak mengeluarkan biaya. Namun, apabila Anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan jasa orang lain untuk membuat konten sesuai dengan keinginan Anda.
2. Jangkauan Target Pasar yang Lebih Luas
Keuntungan lain ketika menerapkan tips digital marketing untuk bisnis fashion adalah meningkatkan jangkauan target pasar lebih luas. Jangkauan saat mempromosikan produk secara online tidak terbatas letak geografis. Semua orang yang menggunakan media digital mempunyai kemungkinan untuk menemukan produk yang Anda.
Jangkauan yang luas ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan calon pelanggan yang sesuai dengan target pasar secara mudah dan cepat. Konten yang menarik dan relevan dengan kebutuhan target pasar Anda akan lebih mudah dikenali.
3. Lebih Dekat dengan Pelanggan
Komunikasi yang baik dengan pelanggan bisa menjadi kunci keberhasilan suatu bisnis, termasuk bisnis fashion. Ini bertujuan untuk menganalisis produk seperti apa yang diinginkan pelanggan dan menerima tanggapan terkait produk yang Anda tawarkan.
Feedback dari pelanggan sangat penting bagi suatu bisnis untuk meningkatkan kualitas produk. Lewat adanya platform pemasaran online, Anda bisa menjadi lebih dekat dengan pelanggan dan mengetahui berbagai keluhannya.
Semakin baik hubungan antara penjual dan pelanggan, semakin meningkat pula loyalitas pelanggan terhadap produk Anda. Pelanggan yang loyal jauh lebih menguntungkan daripada Anda harus meyakinkan calon pelanggan baru.
Sudah Tahu Tips Digital Marketing untuk Bisnis Fashion?
Itulah tips digital marketing yang bisa menjadi jalan untuk mengembangkan bisnis fashion Anda. Melalui tips pemasaran online di atas, Anda bisa menawarkan produk secara online dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan di media sosial. Namun, Anda harus melakukan strategi tersebut secara konsisten agar bisa berkelanjutan.
Dapatkan berbagai informasi tentang tips bisnis lainnya hanya di Virus Media.