Sadarkah Anda bahwa perkembangan trend digital marketing makin kompetitif untuk bisnis di berbagai industri? Faktanya, Anda butuh taktik untuk menjalankan tugas pemasaran digital agar dapat mencapai tujuan secara efektif. Artikel kali ini merangkum 5 tips digital marketing untuk bisnis yang dapat Anda terapkan.
Contents
Apa itu Digital Marketing?
Strategi pemasaran digital adalah pemasaran atau promosi merek (baik untuk layanan atau produk) berbasis perangkat teknologi digital dan kanal daring (online).
Menggunakan strategi pemasaran yang satu ini memang sudah seperti sebuah keharusan baru. Pasalnya, digital marketing memungkinkan bisnis atau brand menjaring dan berinteraksi dengan audiens atau pasar lebih luas.
Selain itu, penggunaan digital marketing memberikan akses yang lebih komprehensif pada hasil upaya pemasaran yang telah Anda lakukan. Akses tersebut memudahkan Anda dalam proses pemantauan, evaluasi, dan optimasi.
6 Jenis Digital Marketing yang Paling Umum
Ada enam jenis pemasaran digital yang umum dan digunakan. Namun, keenam jenis tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda. Anda bisa menggunakan salah satu atau semua jenis sekaligus bergantung kemampuan dan kebutuhan Anda.
1. Content Marketing
Jenis digital marketing ini melibatkan unsur hiburan, edukasi, dan ajakan untuk menarik calon pelanggan atau konsumen, serta membangun kredibilitas bisnis.
Format konten pun sangat beragam. Anda tentu sering menemukan konten berbentuk video, blog, e-book, infografis, hingga format webinar. Variasi isi dan format ini akan bergantung pada industri dan tujuan bisnis Anda.
Content marketing sangat erat berkaitan dengan SEO. Oleh karenanya, metode ini cocok Anda terapkan untuk menarik traffic pengunjung ke situs web bisnis Anda.
2. SEO dan SEM
Metode SEO dan SEM berkaitan dengan optimasi pencarian di mesin pencari informasi di internet, seperti Google, dan Bing. SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) memanfaatkan kata kunci atau keyword tertentu, yang relevan dengan intensi dan kebutuhan konsumen yang bisnis Anda targetkan.
SEO dikenal sebagai salah satu metode tepat yang dapat meningkatkan potensi dan menduduki ranking tinggi di halaman hasil mesin pencari. Search Engine Optimization menerapkan tips digital marketing untuk bisnis yang organil, yaitu dengan melakukan konten dan struktur situs web.
Sementara SEM, walaupun memiliki upaya yang serupa, namun metode ini menggunakan alat iklan berbayar di mesin pencari, seperti Google Ads. Kedua jenis metode ini membantu meluaskan visibilitas situs web brand Anda.
3. Email Marketing
Email marketing ternyata disebut sebagai pilar digital marketing. Pasalnya, Anda dapat menjangkau calon pelanggan atau konsumen secara langsung dan berkelanjutan.
Format email memudahkan Anda untuk memberikan pesan dan informasi yang pada pelanggan, berdasarkan kategori target pelanggan serta minat mereka, dan tujuan kampanye marketing Anda.
Berbagai brand besar bahkan masih menggunakan email marketing sebagai pendekatan yang bertujuan untuk mempertahankan pelanggan (customer retention).
4. Social Media Marketing
Penggunaan media sosial sebagai kanal marketing memberi peluang bagi bisnis untuk berinteraksi secara langsung. Selain itu, Anda juga dapat membangun engagement (keterikatan) antara merek dengan audiens, baik pelanggan maupun calon konsumen.
Media ini sangat cocok sebagai wadah membangun reputasi brand (brand awareness). Anda dapat menggunakan media sosial secara organik pada platform yang menampung target audiens bisnis Anda. Kemudian, manfaatkan jasa iklan media sosial berbayar dalam strategi social media marketing Anda untuk hasil yang lebih optimal.
5. Influencer Marketing
Rekomendasi dari orang lain, terutama mereka yang terkenal secara luas dengan reputasi yang baik, adalah cara yang lebih efektif dalam meningkatkan visibilitas merek dan membangun kepercayaan.
Influencer marketing merupakan jenis digital marketing yang melibatkan kerja sama dengan sesosok individu yang memiliki audiens dengan jumlah besar. Hasil dari kolaborasi tersebut dapat memberi pengaruh kepada audiens yang sudah Anda targetkan sejak jauh-jauh hari.
Tips digital marketing untuk bisnis di posisi kelima ini akan menggunakan strategi influencer untuk bekerja sama dengan mereka yang memiliki audiens sesuai dengan target bisnis Anda. Tujuannya, tidak lain agar bisnis Anda dapat menjangkau audiens secara efektif.
6. Affiliate Marketing
Salah satu jenis digital marketing yang cukup efisien dari segi finansial adalah affiliate marketing. Jika Anda menerapkan strategi ini, Anda perlu bekerja sama dengan individu dan memberikan mereka kesempatan untuk menjadi promotor untuk produk atau layanan bisnis Anda.
Promotor akan mendapatkan imbalan komisi atas setiap rujukan atau referral yang berhasil menarik calon pelanggan melakukan konversi (baik itu berupa pendaftaran ataupun penjualan). Jadi, tidak hanya Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan, namun si promotor juga mendapatkan keuntungan.
5 Tips Praktis Digital Marketing untuk Bisnis Anda
Untuk memulai penerapan strategi pemasaran digital, gunakan lima tips dasar berikut ini agar peningkatan brand awareness, keterikatan dengan audiens, dan penjualan lebih efektif.
1. Tetapkan Tujuan yang Terfokus
Sebelum memilih kanal digital marketing atau pendekatan mana ingin Anda gunakan, pastikan Anda menentukan tujuan dari strategi pemasaran Anda. Tetapkan prioritas utama yang dapat mendorong perkembangan bisnis Anda ke depannya.
Sebagai contoh, Anda bisa fokus untuk menentukan sebuah business goal yang spesifik, dan terukur. Gunakan metode SMART yang terdiri dari specific, measureable, achievable, relevant, and timely. Kelima faktor ini akan membantu Anda agar bisa memiliki tujuan yang jelas untuk mencapai keuntungan.
2. Kenali Target Audiens Terlebih Dahulu
Nyatanya, manfaat strategis dari mengidentifikasi target audiens Anda sangat banyak. Anda dapat lebih mudah menentukan jenis kanal digital marketing yang perlu Anda gunakan agar dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan yang Anda harapkan.
Lebih dari itu, Anda juga dapat lebih memahami cara mereka berkomunikasi. Hasilnya, Anda dapat menyampaikan pesan yang sesuai dengan mereka dalam kampanye marketing.
Sebagai contoh, Anda menjual produk kecantikan. Maka Anda bisa berkolaborasi dengan influencer di Instagram yang juga menyukai produk kecantikan. Jadi, para pengikut si influencer akan merasa tertarik sehingga Anda dapat menarik banyak audiens dalam waktu singkat.
3. Tentukan Budget dan Pilih Kanal Digital Marketing yang Sesuai
Dari hasil SMART yang Anda buat, pertimbangkan budget yang efektif untuk mencapai goal utama dari kampanye pemasaran. Sementara itu, Anda dapat memilih kanal digital marketing yang cocok dengan tiga elemen utama, yaitu tujuan, audiens, dan anggaran yang Anda miliki.
Secara umum, untuk mencapai tujuan utama kampanye marketing, Anda dapat memanfaatkan berbagai jenis kanal pemasaran digital sekaligus. Sebagai contoh, bisnis dapat memanfaatkan gabungan penggunaan kanal organik dan berbayar, selama sesuai dengan tiga elemen utama yang direncanakan.
4. Berikan Konten yang Bermakna
Anda pasti tergoda untuk membuat konten yang menjual fitur dan keunggulan produk atau layanan Anda. Tetapi, akan lebih baik jika Anda membuat konten yang dapat menjawab keresahan atau memberi solusi terhadap masalah dari audiens Anda.
Bangun kredibilitas dan kepercayaan pada brand Anda lewat konten yang simpatik, menghibur, dan informatif sekaligus mencerminkan makna atau value produk atau layanan bisnis Anda.
5. Analisis dan Evaluasi Kampanye Marketing
Proses ini penting dan tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Untuk mempermudah tugas ini, manfaatkan berbagai tools dan software untuk membuka dasbor analitik.
Hasil dari peninjauan akan membantu Anda mengidentifikasi kelemahan pada proses kampanye yang telah Anda lakukan, sehingga Anda bisa melakukan perbaikan untuk kampanye selanjutnya.
Siapkah Mengaplikasikan Tips Digital Marketing untuk Bisnis?
Seperti yang Anda ketahui, pemasaran digital memang terus berkembang. Tidak jarang, adaptasi menjadi tantangan tersendiri. Tips digital marketing untuk bisnis yang efektif adalah dengan melihat gambaran besar strategi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jika Anda ingin menerapkan strategi digital marketing yang tepat, maka pertimbangkan untuk menyelami strategi masing-masing kanal pemasaran digital. Sebaliknya, jika ingin meningkatkan permainan digital marketing bisnis Anda, maka fokus pada cara menggabungkan beberapa metode ke dalam format strategi yang lebih kohesif.
Semoga tips di atas dapat mendorong hasil terbaik dari strategi pemasaran digital bisnis Anda. Selamat mencoba!
Dapatkan berbagai informasi tentang tips bisnis lainnya hanya di Virus Media.