ide konten tiktok untuk bisnis

15 Ide Konten TikTok untuk Tingkatkan Engagement Bisnis

Berdasarkan penelitian Neuro-Insight, tingkat engagement TikTok 15% lebih kuat daripada platform terkemuka lainnya. Tidak heran jika TikTok kini menjadi prioritas bagi kebanyakan pebisnis di hampir semua industri B2C untuk memasarkan produknya. Nah, biar kamu nggak ketinggalan, berikut ini 15 ide konten TikTok bisnis yang bisa kamu tiru.

15 Ide Konten TikTok untuk Bisnis

Jika digunakan secara efisien, TikTok dapat membantu kamu sebagai pebisnis pemula untuk menjangkau lebih banyak audiens. Berikut adalah beberapa ide konten TikTok yang berguna untuk mengembangkan bisnis kamu to the next level:

1. Konten Behind The Scene

Pengguna TikTok, terutama gen Z dan generasi milenial, senang melihat video di balik layar (behind the scene). Ini bisa jadi ide konten TikTok yang menarik untuk mengenalkan bisnis kamu kepada audiens. 

Konten tersebut dapat mencakup hal-hal dalam kehidupan sehari-hari, seperti rutinitas pagi kamu, hal-hal terkait bisnis seperti merekam diri kamu atau karyawan kamu yang sedang packing pesanan, dan lain-lain.

2. Hashtag Challenge

Ada banyak hashtag challenge yang sudah beredar di TikTok. Hashtag challenge ini terjadi ketika pengguna mengajak orang lain untuk membuat dan memposting jenis konten tertentu dan kemudian menandainya menggunakan tagar khusus.

Untuk mencari hashtag yang berpotensi masuk FYP, kamu bisa gunakan fitur pencarian hashtag yang ada di TikTok atau gunakan TikTok Hashtag Generator. Ketikkan saja jenis bisnis atau produk kamu, lalu pilih hashtag yang paling tren dan relevan. 

3. Konten Video Tutorial 

Video panduan dan tutorial merupakan salah satu ide konten TikTok lainnya yang populer digunakan untuk mempromosikan bisnis. Kamu bisa merekam diri kamu atau saat menggunakan produk atau bagikan tips dan trik jitu terkait produk yang kamu jual.

Misalnya, jika bisnis kamu adalah menjual kosmetik, maka kamu bisa membuat video tutorial make up untuk berbagai acara. Atau, jika kamu berbisnis menjual peralatan dapur, maka video tutorial memasak bisa jadi pilihan konten yang tepat. 

Dalam video tersebut, kamu bisa memamerkan keunggulan dan cara yang tepat dalam menggunakan produk.

4. Bagikan Kisah Sukses Bisnis Kamu

Menurut sebuah studi oleh Kantar, konten di aplikasi TikTok dinilai lebih menginspirasi pengguna dan sering menjadi trendsetter. Dan salah satu ide konten TikTok terbaik untuk bisnis adalah berbagi kisah sukses. 

Ceritanya bisa dari salah satu karyawan di bisnis kamu, atau bisa dari perusahaan itu sendiri dan awal mula berdirinya. Kamu juga dapat menunjukkan tantangan dan kesulitan yang pernah dialami selama perjalanan membangun bisnis hingga membuatnya lebih dapat diterima oleh pelanggan seperti saat ini. 

5. Konten Workspace Tour

Selain kisah sukses, ide konten TikTok lainnya yang juga patut dicoba untuk bisnis adalah memamerkan kantor atau lokasi usaha kamu. Contohnya, jika lokasi bisnis kamu berada di luar rumah, tunjukkan berbagai ruangan dari masing-masing divisi. 

Jika tempat usaha kamu lebih besar, kamu bisa memamerkan fasilitas dan pengaturan tempatnya.

6. Perkenalkan Tim Kamu

Tim adalah bagian penting dari perusahaan. Oleh karena itu, kamu harus senantiasa memberi mereka pengakuan yang layak mereka dapatkan. Salah satunya adalah memposting video di TikTok tentang kinerja dan dedikasi mereka. Melalui konten ini, kamu bisa menunjukkan kepada audiens bahwa kamu bangga memiliki mereka. 

7. Video Motivasi Pribadi

Salah satu jenis konten paling populer di aplikasi TikTok adalah konten motivasi. Konten ini dapat berupa video motivasi untuk belajar, bekerja, berolahraga, makan sehat, atau menjalani kehidupan yang lebih baik secara umum. 

Lantas, bagaimana menerapkannya untuk promosi bisnis? Kamu bisa membuat konten motivasi seputar karyawan kamu dan kesulitan yang mereka hadapi dalam karier masing-masing. 

8. Ide Konten Q&A di TikTok

Selanjutnya, ada ide konten Tanya Jawab atau Q&A yang bisa berguna untuk mempromosikan bisnis kamu melalui platform TikTok. Kabar baiknya, TikTok menawarkan fitur Q&A yang bisa dipakai pengguna untuk mengirimkan pertanyaan mereka langsung ke akun kamu.

Tugas kamu adalah menjawab pertanyaan mereka dengan membuat video balasan yang menanggapi setiap pertanyaan. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada audiens bahwa kamu peduli dengan pendapat, kesulitan, atau kebingungan mereka serta memungkinkan kamu untuk berbagi informasi penting tentang bisnis kamu.

9. Video Before After

Melalui jenis video ini, kamu akan menampilkan transformasi berdasarkan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Misalnya, sebuah bisnis di bidang kosmetik dapat menampilkan quick makeover menggunakan produknya, lalu mempostingnya di TikTok.

10. Tren Ekspektasi vs Realitas

Ada banyak sekali tren bisnis kecil populer di TikTok, tetapi salah satu yang jadi favorit adalah tren ekspektasi vs realitas. Ini bisa jadi ide konten TikTok yang unik dan menghibur untuk menarik banyak views

Bagian pertama adalah merekam klip tentang bagaimana kamu ‘mengharapkan’ atau berekspektasi tentang sesuatu. Bisa berupa ekspektasi saat mengemas pesanan, memproduksi pesanan, mengelola persediaan, atau yang lainnya. 

Untuk bagian keduanya, kamu perlu merekam klip yang menunjukkan realitas bahwa semua itu ternyata tidak selalu sesuai dengan rencana alias riweuh. 

11. Repost Ulasan Pelanggan

TikTok adalah platform yang tepat untuk menonjolkan ulasan pelanggan. Saat pelanggan membeli produk kamu, tanyakan apakah mereka mau membuat video ulasan yang bisa kamu posting ulang atau menggabungkan video tersebut di halaman TikTok kamu. 

Kamu juga bisa menampilkan chat yang berisi kumpulan ulasan pelanggan. Memposting konten ini adalah cara sederhana untuk menunjukkan kepada audiens bahwa bisnis kamu dapat dipercaya dan akan mendorong mereka untuk membeli produk kamu juga!

12. Konten Edukasi 

Jenis ide konten TikTok lainnya untuk bisnis yang banyak disukai audiens adalah konten edukasi. Orang-orang menggunakan TikTok karena berbagai alasan, tetapi salah satu alasan utamanya adalah mempelajari sesuatu yang baru!

Pilih topik yang sering menjadi pertanyaan audiens dan buat video yang mengedukasi mereka tentang topik tersebut.  Misalnya, berbagi kiat memulai bisnis, menentukan harga jual, sharing peralatan yang kamu andalkan, dan semacamnya akan jadi ide bagus untuk mengedukasi pemilik usaha kecil lainnya.

13. Video Packing dan Unboxing

Jika bisnis kamu masih berskala kecil, ini bisa jadi ide konten TikTok yang tepat. Yang harus kamu lakukan hanyalah merekam sendiri aktivitas packing pesanan, unboxing produk baru, atau mengatur inventaris. Kedengarannya sederhana, tapi ini adalah cara bagus untuk membangun kredibilitas usaha kamu. 

14. Parodi Video yang Sedang Ngetren

Saat ini, banyak jenis konten TikTok yang berpusat pada atau video musik populer. Nah, kamu bisa membuat video yang murni untuk hiburan atau mengubah kata-kata, entah itu berupa dialog, monolog, atau lirik lagu, agar relevan dengan brand kamu. Contohnya, tren video ‘Kamu nanya?’ belakangan ini populer dipakai untuk mempromosikan produk.

15. Video Duet

Menggunakan fitur duet di Tik Tok adalah cara yang bagus untuk mendapatkan keterlibatan. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk berduet dengan video pelanggan yang menunjukkan produk kamu. Kemudian, tekan duet dan rekam reaksi kamu.

Ini adalah cara yang bagus untuk membuat pelanggan merasa lebih terhubung dan dihargai oleh brand kamu dan ini akan menarik pengguna aktif ke halaman kamu.

Yuk, Buat Ide Konten TikTok yang Menarik untuk Bisnis Kamu!

Ternyata, ada banyak ide konten TikTok yang bisa jadi referensi untuk meningkatkan engagement dan mendorong perkembangan bisnis. Dari daftar di atas, kamu bisa pilih salah satu atau mengkombinasikannya, agar sesuai dengan bisnis kamu.

Dapatkan informasi serta tips social media dan lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin