Memiliki media sosial sangat penting untuk Anda yang ingin branding, baik itu branding brand maupun branding diri. Semua orang memiliki setidaknya 1 media sosial. Salah satu media yang sedang booming adalah Tiktok. Nah, untuk Anda yang ingin branding skincare di Tiktok. Yuk, simak 10 ide konten Tiktok skincare berikut ini!
Contents
- Fungsi Penting Konten yang Baik
- 10 Contoh Ide Konten Tiktok Skincare yang Tinggi Engagement
- 1. Launching Produk Baru
- 2. Edukasi Tentang Produk
- 3. Tutorial Penggunaan Skincare
- 4. Tutorial Pembelian Produk Skincare yang Terpercaya
- 5. Behind The Scene atau Workspace Tour
- 6. Konten Packing
- 7. Testimoni dan Review dari Pembeli
- 8. Hack dan Tips
- 9. Soft Selling Produk
- 10. Kolaborasi dan Membuat Challange Sendiri
- Mana Ide Konten Tiktok Skincare yang Ingin Anda Buat?
Fungsi Penting Konten yang Baik
Sebelum mengetahui apa saja ide konten Tiktok skincare yang bisa Anda buat, mungkin Anda akan bertanya-tanya tentang kenapa perlu membuat, menganalisa, serta brainstorming ide konten terlebih dahulu? Bukankah jika ingin membuat konten Anda bisa langsung membuatnya saja? Nah, inilah fungsi penting konten yang terstruktur:
1. Dapat Mengefisienkan SEO dari Akun Tiktok Anda
SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu cara untuk membantu orang mudah untuk mengenal produk Anda. Dengan ini pula, Anda jadi lebih bisa melakukan branding, sehingga orang-orang akan mengenal produk Anda lebih dalam,, walaupun produk tersebut banyak memiliki pesaing.
2. Konten Lebih Terstruktur
Maksud dari konten lebih terstruktur ini adalah ketika Anda membuat sebuah video singkat yang akan Anda upload di Tiktok. Artinya Anda harus sudah memikirkan bagaimana kerangka informasi dari produk skincare tersebut yang harus Anda jelaskan.
Tujuannya agar informasi tidak blunder dan Anda dapat mengoptimalkan penjelasan produk. Maka dari itu, Anda wajib menyiapkannya alur kasarnya terlebih dahulu.
3. Membantu Meningkatkan Kepercayaan Audiens Terhadap Brand Anda
Ketika Anda ingin memberikan sesuatu informasi tentang skincare, maka Anda perlu menerapkan pemikiran bahwa pasti akan ada orang yang mengerti tentang skincare yang akan menonton video Anda.
Untuk itu, Anda harus memberikan informasi yang benar-benar fakta dari kandungan produk, fungsinya, bahkan legalitas hukumnya. Hal ini sebagai bentuk peningkatan kepercayaan audiens terhadap brand milik Anda.
10 Contoh Ide Konten Tiktok Skincare yang Tinggi Engagement
Untuk mencapai branding yang sukses, Anda perlu melihat dari engagement konten yang Anda miliki. Skincare saat ini cukup banyak dicari orang, baik itu perempuan dan laki-laki. Maka dari itu, Anda harus bisa memaksimalkannya. Inilah ide konten Tiktok skincare yang bisa Anda lakukan:
1. Launching Produk Baru
Ide konten pertama adalah launching produk baru. Setiap brand pasti dituntut untuk mengikuti zaman dan tetap mengeluarkan produk-produk baru seiring berjalannya waktu. Nah, Anda dapat membuat hal ini menjadi konten.
Sekaligus branding, Anda termasuk memberikan informasi ke khalayak ramai tentang skincare yang baru saja launching dan memberikan mereka rasa penasaran. Rasa penasaran ini sangat mampu menaikkan penjualan.
Ada beberapa poin penting yang bisa Anda highlight dalam konten pengenalan launching produk baru, yaitu:
- Kelebihan produk skincare Anda dengan yang lain.
- Target pasar Anda.
- Packaging skincare milik Anda.
- Promo khusus untuk produk tersebut.
2. Edukasi Tentang Produk
Ide konten Tiktok skincare kedua yang bisa Anda berikan kepada pengunjung media sosial milik bisnis Anda adalah edukasi tentang produk. Tentunya, hal utama yang perlu terus Anda ingatkan kepada khalayak adalah bagaimana produk skincare tersebut dapat membantu masalah kulit yang mereka hadapi.
Ada beberapa informasi dan edukasi tentang produk yang bisa Anda berikan, yaitu:
- Bahan-bahan dasar skincare tersebut.
- Cocok untuk kulit jenis apa.
- Mampu mengatasi masalah kulit yang bagaimana.
3. Tutorial Penggunaan Skincare
Ide ketiga adalah tentang tutorial penggunaan skincare tersebut. Buatlah sebuah video tutorial yang edukatif dan mampu mengajarkan penonton bagaimana step by step dari penggunaan produk.
Tetap gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, namun jangan terlalu banyak menggunakan bahasa ilmiah saat mengedukasi dan membuat tutorial.
Selain membuat tutorial penggunaan, Anda juga dapat mengambil kesempatan ini untuk cross selling. Caranya adalah dengan memberikan informasi bahwa produk tersebut akan memiliki hasil yang lebih efektif jika digabung dengan produk skincare lain dari brand Anda.
4. Tutorial Pembelian Produk Skincare yang Terpercaya
Selain tutorial penggunaan, ide konten Tiktok skincare lain yang bisa Anda berikan pada audiens adalah cara membeli produk tersebut dengan gampang. Pastikan untuk memberikan link CTA yang sesuai, agar calon pembeli dapat mudah melihat harga, deskripsi produk, dan halaman pembelian.
Pada TikTok sendiri, Anda dapat memasukkan link tersebut ke dalam video, agar muncul di atas username.
5. Behind The Scene atau Workspace Tour
Selanjutnya ada proses behind the scene atau workspace tour. Seperti yang kita ketahui, branding ada banyak macamnya, salah satunya adalah dengan menunjukkan behind the scene dari produk tersebut.
Dengan menunjukkan konten ini, Anda dapat mengarahkan pemikiran penonton bahwa produk milik Anda memang dibuat secara higienis dan serius oleh tim-tim yang bertanggung jawab dalam bidangnya.
6. Konten Packing
Pernahkah Anda melihat suatu brand membuat video pendek tentang packing barang mereka? Nah, hal yang satu ini bisa Anda tiru.
Ide konten Tiktok skincare keenam ini bisa Anda videokan dalam bentuk ASMR, karena banyak dari penonton Tiktok menyukai konten yang seperti ini. Caranya adalah fokus untuk memberikan suara gesekan-gesekan saat packing. Selain ASMR, Anda juga dapat membuat konten packing non ASMR.
7. Testimoni dan Review dari Pembeli
Review positif sangat berpengaruh terhadap penjualan brand. Ya, hal ini menunjukkan bahwa produk skincare yang Anda iklankan berdampak positif pada orang lain dan akan menambah rasa penasaran orang banyak.
Buatlah sebuah video yang menggambarkan testimoni dan kolase screenshot dari review pembeli yang sudah menggunakan produk skincare yang Anda iklankan.
8. Hack dan Tips
Ide konten Tiktok skincare selanjutnya adalah dengan memberikan beauty tips untuk para penonton. Contohnya, Anda dapat menyarankan penonton Anda yang memiliki masalah kulit tertentu untuk mencoba menggunakan skincare dengan bahan tertentu.
Namun, ketika memberikan tips dan hack seperti ini, Anda perlu menganalisa dan mencari informasi yang paling benar. Jika perlu, sudah terbukti secara ilmiah, agar informasi yang Anda berikan tidak salah.
9. Soft Selling Produk
Selanjutnya, Anda bisa membuat konten berisi soft selling produk. Biasanya, ide konten Tiktok skincare yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara melakukan konten seperti biasa, namun dengan tambahan pengenalan produk yang tidak terlalu kelihatan. Contohnya, yaitu:
- Storytelling tentang suatu hal yang akan diakhiri dengan pengenalan produk.
- Masalah pribadi yang nantinya juga akan diakhiri dengan pengenalan produk.
10. Kolaborasi dan Membuat Challange Sendiri
Terakhir adalah membuat challange sendiri maupun kolaborasi dengan influencer lain. Anda dapat membuat challange kepada para khalayak ramai yang menguntungkan produk skincare Anda.
Contohnya, Anda memberikan tugas kepada penonton video untuk membuat video kreatif tentang produk Anda. Nantinya, video paling kreatif akan memenangkan hadiah uang.
Mana Ide Konten Tiktok Skincare yang Ingin Anda Buat?
Itulah beberapa ide konten yang bisa Anda lakukan untuk mengiklankan atau mengenalkan produk skincare kepada masyarakat. Tentunya, dari kesepuluh ide konten tersebut, manakah yang akan Anda eksekusi?
Dapatkan berbagai informasi tentang social media lainnya hanya di Virus Media.