ide konten instagram properti

8 Ide Konten Instagram Properti yang Menarik Calon Pembeli Potensial

Instagram merupakan salah satu media sosial pilihan, terutama untuk mengembangkan usaha. Salah satu usaha yang sering menggunakan Instagram adalah bisnis properti. Dengan konten yang menarik, bisnis properti dapat tumbuh dan menjangkau audiens dengan baik. Namun, apa saja ide konten Instagram properti yang menarik?

8 Ide Konten Instagram Properti Menarik

Berikut adalah beberapa ide yang dapat menginspirasi untuk membuat konten di akun IG bisnis properti Anda, antara lain:

1. Konten Tips dan Trik

Salah satu konten yang akan sering Anda jumpai di Instagram adalah tips dan trik. Sebab, konten ini sangat berguna untuk menaikan engagement pada akun Instagram Anda. Dalam konten ini, orang-orang akan memberikan umpan balik berupa komentar dan membuat interaksi serta diskusi dengan Anda maupun followers lain.

Seperti apa konten tips dan trik untuk bisnis properti? Anda bisa membuat konten Instagram tips dan trik mengenai traveling. Berikan informasi tips dan trik perjalanan menuju destinasi wisata ke area dekat properti Anda. Misalnya, konten berisi cara menyusun rencana perjalanan atau tips mengatur budget ke tempat wisata A.

Selain itu, Anda bisa membuat konten tips dan trik seputar properti. Contohnya, tips memilih properti untuk rumah pertama yang wajib untuk followers ketahui. Kemudian, karena di post melalui Instagram, gunakan video grafis atau ilustrasi yang menarik, agar followers lebih memahami apa yang Anda sampaikan.

2. Konten House Tour

Ide konten Instagram properti berikutnya adalah house tour. Konten ini cocok untuk akun Instagram bisnis properti dan cukup disenangi oleh penonton. Sebab, house tour bisa menginspirasi followers Anda untuk membeli furniture, aksesoris, ataupun perabotan rumah tangga yang tersaji dalam konten

Konten house tour juga memberi gambaran kepada calon pembeli properti secara nyata tentang seperti apa rumah tersebut nantinya. Untuk itu, Anda bisa mencoba pisahkan video house tour menjadi beberapa bagian yang menunjukan banyak ruangan, seperti kamar, ruang keluarga, hingga dapur.

Kemudian, unggah video tersebut ke reels Instagram. Anda dapat merekam setiap bagian properti, lalu menjelaskan kelebihan dan fitur dari setiap ruangan tersebut. Namun ingat! Sebisa mungkin jangan tampilkan ruangan yang menyimpan benda berharga. Hal ini agar menghindari kejahatan seperti pencurian.

3. Konten Spot Menarik

Anda dapat menarik perhatian followers dengan membuat konten yang menunjukkan spot instagramable dalam properti yang Anda jual. Ide konten Instagram properti ini bisa jadi daya tarik tersendiri yang dapat memikat pengguna bahkan calon pembeli potensial.

Calon pembeli tersebut bisa saja tertarik untuk membeli atau menyewa properti tersebut. Atau, mereka akan mempertimbangkan properti lain yang Anda tawarkan, karena atensinya telah Anda dapatkan. Dengan kata lain, membuat konten video dengan spot Instagramable bisa meningkatkan potensi penjualan.

Adapun spot instagramable properti yang bisa Anda jadikan konten seperti wall art properti yang menghidupkan suasana, figura atau furniture artistik, serta tempat santai yang minimalis dan estetik.

4. Bekerja Sama dengan Influencer

Mendapatkan exposure dari influencer merupakan kesempatan yang bisa Anda manfaatkan untuk ide konten Instagram properti. Influencer merupakan alat yang sangat efektif dalam memasarkan suatu bisnis. Sebab, influencer memiliki jumlah followers yang besar, spesifik, dan loyal.

Menurut Hotello, 85% konsumen akan mempercayai influencer dan mengikuti rekomendasi mereka. Selain itu, influencer dapat membantu menjangkau audiens target Anda. Influencer juga akan meningkatkan brand awareness bisnis properti Anda, karena dilihat oleh banyak orang.

Jadi, jika influencer datang bertamu ke properti Anda, maka tawarkanlah untuk bekerja sama dan berikan benefit lebih kepada mereka. Kemudian, repost feed atau story yang mereka buat tentang properti Anda. Dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan sejumlah manfaat memperkuat reputasi dan visibilitas bisnis properti Anda.

5. Video Testimonial Klien

Ide konten Instagram properti berikutnya adalah video testimonial dari klien Anda. Konten ini dapat meningkatkan kepercayaan audiens Anda. Lebih lanjut, konten ini berisi tentang pengalaman orang lain (klien) yang dapat menjadi pertimbangan bagi calon pembeli atau penyewa untuk menggunakan jasa properti Anda.

Apalagi, konten ini tersaji dengan format video yang lebih menarik daripada harus membacanya. Untuk itu,  cobalah minta kesaksian dari klien Anda. Gunakan ponsel Anda untuk mengambil video testimonial. Selain itu, secara teratur postinglah video testimonial, setidaknya 1 kali/bulan.

Hal tersebut untuk mendapatkan kepercayaan followers atau calon pembeli dan meningkatkan engagement rate bisnis properti Anda. Namun, pastikan Anda memiliki kesepakatan untuk membagikan video testimonial tersebut sebagai bagian dari bisnis Anda.

6. Membuat Educational Video

Video yang mengedukasi bisa menjadi ide konten Instagram properti Anda yang berikutnya. Ide konten ini dapat membantu bisnis Anda sebagai expert dalam industri properti, karena telah memberikan wawasan kepada pengikut di internet

Untuk mendapatkan topik konten ini, Anda dapat memikirkan pertanyaan umum dari klien. Kemudian, ubah menjadi video. Anda bisa membuat video edukasi dengan topik beragam, contohnya dasar-dasar membeli properti dari perspektif pemula. Selain itu, Anda juga bisa membuat video singkat untuk melihat pajak properti di wilayah Anda.

Anda juga bisa mengadakan webinar terkait properti. Kemudian, cuplikan webinarnya bisa Anda jadikan konten yang dapat meningkatkan kredibilitas bisnis properti Anda.

7. Sesi Q&A di Live Instagram

Jika bisnis properti Anda telah terbentuk dan memiliki audiens yang cukup banyak dan loyal, buatlah konten sesi QnA secara live. Ide konten Instagram properti ini dapat membantu Anda untuk terhubung langsung dengan calon pembeli potensial.

Konten ini juga memungkinkan Anda dan followers untuk berinteraksi, sehingga mengembangkan kedekatan. Dengan interaksi yang dihasilkan oleh konten Q&A, maka dapat memperkuat brand dan mengedukasi konsumen tentang berbagai topik terkait properti.

8. Acara dan Keterlibatan Warga Sekitar Properti

Dokumentasikan acara-acara yang berlangsung di daerah sekitar properti. Sebab, acara-acara tersebut merupakan hal menarik yang calon pembeli Anda cari. Apalagi, acara tersebut merupakan tradisi adat. Cara ini juga ampuh untuk menarik minat wisatawan agar datang ke daerah properti yang Anda tawarkan.

Ide konten Instagram properti ini juga bisa menyorot acara layanan komunitas. Dengan menampilkan konten kemanusaiaan, Anda dapat menarik emosi followers Anda.

Sebagai referensi, Anda dapat membuat konten Instagram tentang acara-acara ataupun festival yang akan berlangsung. Berikan informasi seperti berlangsungnya festival, peraturan, bintang tamu, dan hal penting lainnya. Anda juga bisa membuat konten informasi mengenai tradisi perayaan tahun baru di daerah properti.

Sudah Tahu Ide Konten Instagram Properti yang Menarik?

Itulah beberapa ide konten yang dapat menginspirasi Anda dalam mengembangkan bisnis properti. Jika bisnis properti Anda belum menggunakan Instagram, segeralah buat! Catat ide-ide menarik di atas dan kembangkan lagi untuk mendapatkan konten yang lebih berkualitas. Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi tentang social media lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin