ide konten instagram makanan untuk bisnis

6 Ide Konten Instagram Makanan yang Cocok untuk Para Pebisnis

Sebagai pebisnis, apalagi pebisnis makanan, melakukan branding sebaik mungkin adalah jalan tercepat untuk sukses. Hal ini karena makanan akan cepat habis. Sehingga, jika sedikit yang tahu, maka omzet akan menurun drastis. Oleh sebab itu, Anda dapat mengiklan produk di Instagram dengan ide konten instagram makanan.

Ide Konten Makanan Instagram yang Membuat Orang Penasaran

Salah satu kualifikasi konten iklan yang berhasil adalah meningkatnya trafik orang yang kenal dengan brand Anda. Banyak hal yang bisa Anda lakukan, dari mengatur lightning, mencari tanggal dan jam tertentu, atau mencari ide konten yang relate terhadap kehidupan banyak orang, sehingga banyak yang like postinganmu. Inilah 6 idenya:

1. Posting Katalog

Sama halnya dengan barang pakai, bisnis makanan pun memerlukan katalog. Kurang lebihnya untuk memberikan gambaran kepada para calon pembeli tentang bagaimana bentuk makanan yang mereka inginkan dan ada pada menu restoran Anda secara visual. 

Selain harus dapat menggugah selera, foto katalog yang bisa Anda gunakan pastinya harus memiliki kualitas yang baik, dari segi angle, filter, dan penambahan efek tertentu.

Jika Anda memiliki banyak pilihan menu dan Anda tidak ingin memenuhi feeds Instagram bisnis dengan makanan-makanan tersebut. Anda dapat memilih beberapa di antara menu restoran yang sekiranya dapat menarik calon pembeli. Contohnya:

a. Signature Dish

Makanan signature artinya bahwa menu tersebut hanya ada di restoran Anda. Sehingga, yang memiliki makanan seperti itu dengan bumbu yang pas dan cita rasa khas, hanya dapat pembelimu rasakan di restoran Anda.

b. Customer Choice

Perlu Anda ketahui bahwa signature dish dan customer choice memiliki pengertian yang cukup berbeda. Jika signature dish adalah makanan yang Anda jadikan sebagai menu yang hanya ada pada restoran Anda. 

Maka, customer choice adalah menu yang Anda rekomendasikan atas dasar sebanyak apa kepopularitasan menu tersebut jika Anda bandingkan dengan menu lain.

c. Menu Baru

Setiap restoran Anda memiliki menu baru, perkenalkanlah menu tersebut kepada para calon pembeli dengan memasukkannya ke dalam foto katalog yang ada pada sosial media.

Nyatanya, posting katalog bukan hanya tentang pemilihan menu apa saja yang ingin Anda tampilkan pada katalog. Namun, Anda perlu juga mengenal benar apa saja tips yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan foto katalog, seperti:

  • Menggunakan pencahayaan dari lampu sorot atau cahaya alami, sehingga warna makanan tidak akan sama dengan warna aslinya, namun dengan resolusi yang cukup bagus.
  • Menghindari penggunaan flash, karena flash walaupun membuat gambar lebih terang, namun juga akan merusak warna asli dari makanan, sehingga terlihat lebih pucat.
  • Gunakan background atau latar tempat yang aesthetic dan cukup bersih. 
  • Perhatikan angle kamera dan settingannya, agar gambar tidak terdistorsi.
  • Untuk menambah efek menggiurkan seperti asap menandakan makanan tersebut tersaji selagi panas, Anda dapat menggunakan aplikasi Adobe Photoshop atau Canva.
  • Pelajari bahan baku visual yang bisa menggantikan makanan asli. Anda pernah merasa bahwa makanan asli jika difoto akan lembek seiring waktu dan tidak akan tampak menggoda. Contohnya, es krim yang meleleh saat pemotretan, jadi untuk mengakalinya, es krim tersebut diubah menjadi plastisin.

2.  Tunjukkan Aktivitas Produksi

Ide konten instagram makanan selanjutnya adalah dengan menunjukkan aktivitas produksi yang dilakukan oleh tim chef. Banyak yang menilai trik ini dapat menjadi magnet para penonton yang penasaran akan apa saja yang terjadi di balik layar.

Sebagai manusia, Anda pasti sering mengalami ataupun mendapati diri Anda kepo tentang bagaimana pembuatan suatu produk tertentu, bukan? Nah, para pembeli yang ingin datang ke resto Anda pun begitu.

Maka, sesekali buatlah konten tentang aktivitas produksi para chef saat membuat suatu makanan, mulai dari food preparation, memasak, sampai platting.

Selain menunjukkan aktivitas produksi untuk membuktikan cara-cara chef memasak makanannya, Anda juga perlu sesekali membuat konten ini agar dapat menjadi bukti kepada para pembeli, bahwa Anda memenuhi semua protokol dapur, Contohnya seperti::

  • Kebersihan kompor
  • SOP yang dimiliki oleh perusahaan
  • Kerapian pegawai
  • Dan lain-lain

3. Konten Perayaan Memperingati Hari Tertentu

Sebagai akun Instagram bisnis, pastinya Anda berharap membuat page media sosial tersebut dilihat oleh banyak. Baik dari segi ras, agama, dan suku apa pun. Untuk itu, sebagai admin atau content creator yang bertugas mengurus media sosial bisnis, Anda harus lebih bertoleransi dan berhati-hati.

Maka dari itu, ide konten Instagram makanan yang cocok Anda berikan adalah dengan mengedit postingan dengan caption yang sesuai dengan acara berikut ini:

a. Acara Libur Keagamaan yang Sudah Diakui oleh Indonesia

Setiap tanggal merah karena libur perayaan keagamaan, Anda perlu mengucapkannya juga pada feeds atau instastory. Sehingga, para pembeli makanan Anda yang juga merayakan akan merasa senang.

b. Hari-Hari Nasional Indonesia

Sebagai pebisnis, Anda harus memiliki sisi patriotisme, yaitu dengan cara memberikan selamat pada perayaan kewarganegaraan yang ada. Contohnya, hari Kartini, hari buruh, hari guru, dan lain-lain

c. Hari Anniversary Bisnis

Sebagai pebisnis, memberitahu kapan hari anniversary bisnis Anda kepada calon pembeli atau pada khalayak ramai pada media sosial adalah salah satu bagian dari branding. Sehingga, Anda patut mempertimbangkan ini sebagai salah satu ide konten dengan cara memposting konten ucapan anniversary atau perayaannya.

4. Konten Harga Promo

Ide konten Instagram makanan selanjutnya yang memiliki range tinggi untuk menjaring para calon pelanggan adalah dengan membuat konten tentang harga promo yang ada pada restoran Anda. Contohnya:

  • Restoran Anda memberikan diskon sebesar umur pembeli, jika pembeli yang datang pada saat itu sedang berulang tahun. Tentunya, Anda tidak akan terlalu rugi, dan itu cukup menjadi challenge yang seru untuk para pembeli.
  • Memberikan Buy 1 Get 1 untuk setiap pembelian lontong pada hari puasa dan bulan Ramadhan.
  • Memberikan diskon sebesar 20% untuk orang-orang yang memilih berbuka puasa di tempat Anda.

5. Konten Giveaway

Selain konten harga promo yang dianggap dapat menjaring orang banyak untuk melakukan engagement pada media sosial Anda, membuat konten giveaway juga bisa jadi alternatif lainnya.

Giveaway adalah suatu tindakan untuk memberikan suatu barang secara gratis untuk para pembeli dalam suatu kegiatan tertentu. Nah, ide konten Instagram makanan yang satu ini akan semakin banyak menjaring audiens, jika membuat syarat sebagai berikut:

  • Menandai 5 akun teman audiens yang ikut giveaway.
  • Komen sebanyak-banyaknya.
  • Like dengan tidak menggunakan akun palsu maupun akun second, harus akun pertama dengan jumlah followers lebih dari 35.
  • Share ke 2 grup WA audiens.

6. Tunjukkan Testimoni

Cara melakukan ide konten Instagram makanan satu ini dapat bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Menunjukkan leave card atau review box yang diberikan oleh customer.
  • Menunjukkan foto pelanggan dengan menu kesukaannya.
  • Foto situasi restoran saat sedang ramai.
  • Posting ulang foto pelanggan yang sedang makan di restoran Anda yang menandai akun bisnis Anda di IG.

Mana Ide Konten yang Ingin Anda Gunakan Segera?

Itulah 6 ide konten Instagram makanan yang bisa Anda coba, jika Anda memiliki atau sedang menjalankan aktivitas marketing restoran. Semoga membantu!

Dapatkan berbagai informasi tentang social media lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin