cara meningkatkan penjualan di youtube

6 Cara Meningkatkan Penjualan di YouTube Terbukti Berhasil

Memahami bagaimana cara meningkatkan penjualan di YouTube sangat penting. Ini akan menentukan seberapa banyak audiens yang tertarik terhadap produk maupun jasa yang Anda promosikan. Alhasil, hal tersebut akan menentukan berapa besar keuntungan yang berhasil Anda dapatkan.

Begini Cara Meningkatkan Penjualan di YouTube

Terdapat beberapa poin penting yang mesti Anda pahami dalam menerapkan strategi marketing di YouTube, di antaranya:

1. Memiliki Channel yang Profesional

Sebagai langkah awal, Anda perlu membuat channel YouTube terlebih dahulu. Di sini Anda perlu menghadirkan sebuah channel yang terlihat profesional dan menghadirkan beragam video berkualitas. 

Selain itu, channel profesional juga dapat Anda identifikasi berdasarkan beberapa poin utama seperti informasi profil dan deskripsi video yang jelas.

Ketika membuat channel, pasti Anda menemukan beberapa menu, misalnya Tentang. Pada menu tersebut Anda dapat menjelaskan gambaran singkat seputar produk maupun jasa yang Anda jual. Dengan begitu, Anda bisa menghadirkan profil bisnis yang jelas.

Pastikan profil tersebut mampu meyakinkan calon pembeli sehingga percaya terhadap apa yang Anda tawarkan. 

Jika Anda membuatnya secara sembarang, kepercayaan para calon konsumen terhadap apa yang Anda tawarkan menjadi berkurang. Bahkan mereka berpotensi mengurungkan niatnya untuk membeli produk atau memanfaatkan jasa dari Anda.

Kemudian, pada menu tersebut Anda juga dapat mencantumkan website maupun media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter. Ketika ada konsumen merasa penasaran terhadap apa yang Anda tawarkan, mereka dapat langsung mengklik tautan tersebut, lalu menuju media sosial bisnis tersebut.

Selanjutnya terkait deskripsi video yang Anda unggah di kanal YouTube tersebut. Anda juga perlu membuat deskripsi pada video secara jelas dan berkualitas. Dalam membuat sebuah deskripsi video, beberapa hal penting untuk diperhatikan yaitu:

  • Website produk, bagi yang belum punya maka perlu membuatnya terlebih dahulu.
  • Media sosial untuk produk.
  • Nomor yang dapat dihubungi.
  • Gambaran konten yang tengah dibahas pada video.

2. Buat Konten Berkualitas

Cara meningkatkan penjualan di YouTube yang kedua yaitu dengan menghadirkan konten berkualitas. Ini merupakan kunci utama jika Anda sedang mempromosikan sesuatu melalui media YouTube. Lalu bagaimana cara membuat konten berkualitas tersebut?

Tentu masing-masing mempunyai jawaban yang berbeda. Namun beberapa poin berikut bisa Anda jadikan sebagai acuan.

Pertama, menentukan tema. Tema menjadi bagian yang sangat penting dan mesti Anda perhatikan sebelum membuat konten. 

Penentuan tema yang tepat memungkinkan konten video Anda nanti menarik dan sesuai dengan apa yang ingin Anda tampilkan. Bagaimana Anda akan fokus menghadirkan konten ketika temanya saja masih tidak jelas?

Tema yang Anda hadirkan juga harus sesuai dengan produk atau jasa yang Anda promosikan. Misalnya Anda menjual atau mempromosikan produk makanan. Sudah tentu tema konten Anda juga harus seputar makanan.

Kedua, buatlah video berkualitas tinggi. Maksudnya video berkualitas yaitu video yang Anda hadirkan nanti kualitas gambarnya jernih, suara jelas, serta menghadirkan penyampaian yang mudah dipahami. 

Jadi bukan sekadar berfokus pada resolusi video saja melainkan isi video tersebut juga harus membuat penonton mudah paham apa yang disampaikan.

Video berkualitas membuat para penonton merasa nyaman. Ketika mereka sudah nyaman, bukan tidak mungkin para penonton tersebut kembali ke channel Anda. Untuk menghadirkan video berkualitas cukup mudah namun memang perlu modal.

  • Pastikan kamera webcam atau HP Anda memiliki kualitas dan fitur kamera yang bagus. Misalnya mendukung GoPro
  • Mikrofon eksternal
  • Tripod
  • Ring light alias lampu yang bentuknya seperti cincin

Ketiga, buat isi konten bermanfaat. Membuat isi konten bermanfaat juga menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan di YouTube. Artinya, Anda tidak sekadar fokus ke kualitas atau resolusi video, namun juga pada kontennya. Hadirkan sebuah konten yang tujuannya menjawab apa yang menjadi pertanyaan penonton.

Ketika isi video Anda bagus, kemungkinan besar mereka akan mengunjungi channel Anda. Kemudian niat calon konsumen tersebut bukan sekadar menonton video, melainkan membeli produk, bahkan mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Gunakan Keyword yang Tepat

Sama dengan mempromosikan produk lewat website, di YouTube pun Anda juga perlu menghadirkan kata kunci secara tepat. Ketika keyword yang Anda cantumkan sesuai target, video Anda semakin naik peringkatnya pada laman pencarian serta mudah ditemukan.

Penggunaan keyword tersebut juga dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness. Dengan begitu produk atau jasa Anda akan mudah dikenal masyarakat sehingga keuntungan pun sudah tentu Anda dapatkan. 

Dalam mencari keyword, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan yakni:

  • Riset kata kunci menggunakan tools seperti Google Trend, Keywordtool.io, Google Keyword Planner, dan Youtube Analytics.
  • Riset hashtag atau tagar yang populer.
  • Tempatkan keyword serta hashtag.

4. Gunakan CTA Secara Efektif

Cara meningkatkan penjualan di YouTube juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan CTA secara efektif. Untuk channel pribadi, biasanya penggunaan CTA adalah mengajak orang untuk subscribe channel YouTube, berkomentar, maupun membelikan like.

Sementara pada channel bisnis, tujuan CTA untuk membuat audiens lebih mengenal produk atau jasa Anda. Ini akan lebih efektif daripada hanya sekadar mengajak penonton untuk like maupun komen. Anda dapat memilih kata maupun kalimat yang cocok Anda jadikan CTA dan pastikan sesuai tema video Anda.

Selain itu, Anda juga harus mencantumkan link toko online maupun alamat website pada setiap deskripsi video yang Anda upload (jika ada). Akan percuma ketika Anda menghadirkan CTA efektif namun tidak memberikan akses penonton yang ingin lebih tahu secara detail mengenai produk dan jasa Anda.

5. Unggah Video Secara Konsisten

Jika Anda perhatikan, akun YouTube yang memiliki subscriber dan jumlah penonton banyak biasanya mereka rutin mengunggah video. Para konten kreator tersebut umumnya memiliki jadwal tersendiri kapan harus mengunggah kontennya. Ada yang mengunggah setiap hari, seminggu sekali, dan lain-lain.

Anda juga perlu membuat jadwal rutin terkait upload konten Anda. Ini akan berpengaruh terhadap engagement dan juga menjadi penilaian penting dalam penentuan ranking YouTube. Tidak kalah penting, Anda juga perlu memastikan kapan waktu terbaik unggah konten.

Pastikan saat Anda upload video bersamaan dengan banyaknya audiens yang sedang mengakses YouTube. Ini akan meningkatkan peluang konten Anda memiliki jumlah penonton yang banyak.

6. Membangun Komunikasi dengan Penonton

Cara meningkatkan penjualan di YouTube yang terbukti ampuh selanjutnya yaitu dengan membangun komunikasi dengan para audiens. Ini perlu dilakukan karena komunikasi menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepercayaan penonton terhadap produk Anda.

Melalui komunikasi yang terbangun secara baik, akan timbul rasa ketertarikan audiens pada produk sekaligus channel Anda. Ketiak komunikasi sudah terjalin secara baik, hanya masalah waktu hingga para penonton tersebut membeli produk atau memanfaatkan jasa yang ditawarkan.

Terdapat beberapa cara membangun komunikasi misalnya dengan aktif membalas komentar penonton, memberikan like, membangun atau memulai percakapan.

Sudah Paham Cara Meningkatkan Penjualan di YouTube?

Itulah beberapa langkah penting agar penjualan di YouTube meningkat. Dengan langkah-langkah di atas, penjualan melalui channel Anda pun semakin meningkat dan otomatis keuntungan atau pendapatan yang Anda dapatkan lebih besar.

Dapatkan berbagai informasi tentang social media dan tips bisnis lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin