cara meningkatkan penjualan di tiktok

10 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok, Dijamin Ampuh

Platform media sosial semakin memiliki banyak manfaat terutama dalam hal bisnis. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah TikTok. Potensinya yang cukup besar membuat hampir semua orang menggunakannya sebagai media promosi. Penasaran bagaimana cara meningkatkan penjualan di TikTok? Simak di sini!

Apa Itu TikTok?  

TikTok merupakan platform media sosial yang memiliki banyak fitur dan memungkinkan penggunanya merekam video singkat beserta iringan musik. Seiring berkembangnya teknologi, TikTok semakin banyak memiliki pengguna, terutama dari kalangan pebisnis. 

Mulai dari anak muda hingga orang dewasa, saat ini memanfaatkan TikTok sebagai media untuk menambah penghasilan melalui konten-konten kreatif. 

10 Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok

Berikut ini beberapa strategi atau cara yang perlu Anda lakukan di platform TikTok jika ingin bisnis semakin maju dan berkembang: 

1. Mengenali Cara Kerja TikTok

Sebelum memanfaatkannya sebagai media promosi, tentu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengenali cara kerjanya. TikTok memungkinkan penggunanya untuk berbagi video atau konten dalam durasi 15 detik hingga 60 detik. 

Anda bisa membuat video dengan menambahkan efek dan latar musik yang menarik audiens. Pastikan konten Anda menarik sehingga pengguna lain akan memberikan like, komentar, hingga membagikan konten tersebut. Semakin banyak interaksi Anda dengan audiens, maka akan semakin tinggi peluang meningkatnya bisnis. 

Selain itu, TikTok juga memiliki engagement rate yang lebih tinggi daripada Instagram. Sehingga Anda harus memanfaatkan brand awareness produk dengan maksimal. 

2. Mencari Ide Konten Menarik 

Setelah mengetahui cara kerja TikTok, selanjutnya Anda perlu berpikir tentang bagaimana cara membuat konten menarik. Sama halnya seperti konten blog, Anda bisa memanfaatkan tools seperti Ubersuggest atau Ahrefs untuk riset kata kunci sesuai produk dan kebutuhan audiens. 

Selain menggunakan tools, Anda bisa bertanya langsung kepada audiens melalui postingan media sosial dengan melakukan polling dari beberapa topik pilihan. Beberapa contoh konten menarik adalah tentang tutorial, produk launching, maupun challenge

3. Konsisten Posting Konten 

Konsisten adalah langkah paling penting untuk mencapai suatu tujuan. Ketika Anda memposting video konten, lakukan secara konsisten setiap hari atau setidaknya sesuai dengan jadwal. Karena semakin banyak konten, maka semakin banyak followers yang akan tertarik untuk lebih mengenal produk atau brand Anda. 

Langkah ini juga akan membuka peluang konten masuk ke halaman FYP (For Your Page). Cara meningkatkan penjualan di TikTok akan semakin mudah jika konten Anda masuk ke halaman tersebut. Apalagi jika bisa FYP setiap hari, maka Anda akan berhasil membangun brand awareness yang kuat. 

4. Melakukan Kerja Sama dengan Influencer 

Jika Anda masih belum memiliki banyak pengikut, tidak ada salahnya mencoba untuk bekerja sama dengan influencer. Anda bisa sesuaikan influencer dengan jenis produk dan budget

Contohnya, Anda ingin mempromosikan sebuah produk kecantikan. Maka, Anda bisa menjalin kerja sama dengan seorang beauty influencer. Seperti Paola Serena atau Molita Lin.

5. Memanfaatkan Hashtag untuk Membuat Video 

Cara meningkatkan penjualan di TikTok selanjutnya adalah dengan memanfaatkan hashtag pada setiap postingan konten. Namun, Anda harus pastikan penggunaan hashtag tersebut tetap relevan dengan konten atau produk yang Anda jual. 

Contohnya, Anda membuat konten tentang fashion, maka Anda bisa menambahkan hashtag seperti #fashionkekinian atau #fashionlebaran. Tujuannya adalah agar semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda. 

6. Menanggapi Komentar dari Audiens

Menanggapi komentar cukup penting untuk meningkatkan penjualan, karena brand Anda bisa mendapatkan like dan semakin populer sesuai algoritma TikTok. Menjawab pertanyaan dari audiens pada postingan Anda juga hal yang tidak kalah penting untuk meningkatkan engagement akun. 

Namun, tidak semua komentar perlu Anda balas, pastikan untuk memilih komentar yang jawabannya berupa informasi terkait produk Anda.

7. Membuat Hashtag Challenge 

Para pengguna TikTok sangat menyukai challenge, sehingga hal itu bisa Anda manfaatkan sebagai media pengenalan produk. Buatlah hashtag semenarik mungkin untuk memengaruhi audiens agar mengikuti challenge tersebut. Jika brand Anda semakin populer, maka semakin besar peluang pengguna membeli produk Anda. 

8. Menggunakan TikTok Ads

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan di platform TikTok, yaitu dengan memanfaatkan TikTok Ads. TikTok sendiri menawarkan empat jenis produk iklan, antara lain : 

  • Infeed Ads: Iklan yang terbiasa muncul saat pengguna melakukan scroll feed berbagai konten TikTok.
  • Branded Effect atau Filter: Filter khusus yang berisi informasi tentang produk.
  • Promotes Hashtag Challenge: Iklan yang bertujuan untuk mengajak pengguna menggunakan hashtag saat membuat konten berdasarkan konsep challenge dari brand tertentu.
  • Brand Takeover: Iklan eksklusif berupa GIF, video, maupun image yang muncul sekali dalam sehari saat pengguna membuka aplikasi TikTok pertama kali.

Berdasarkan empat jenis produk iklan tersebut, Infeed Ads adalah yang paling populer. Terutama untuk bisnis yang masih kecil. Selain karena membutuhkan dana yang tidak besar, iklan ini akan muncul pada feed audiens. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk mencapai target penjualan. 

9. Melihat Data Analytics TikTok Ads

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu Anda selalu membutuhkan data untuk memantau setiap perkembangan bisnis. Nah, jika sudah memanfaatkan TikTok Ads, maka Anda bisa mendapatkan data tersebut agar kemudian dapat melakukan analisa terkait promosi yang sedang berjalan. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu klik pada menu Analytic di akun TikTok. Kemudian, klik View Analytic untuk melihat hasil analisa dari setiap konten yang Anda posting. Selain itu, terdapat fitur Followers Analytic untuk memberikan insight tentang perilaku dari pengikut. Seperti konten yang sering ditonton atau kapan waktu online

Adanya data analytic di TikTok Ads tersebut akan menjadi salah satu cara yang membantu Anda meningkatkan penjualan produk dan membuat konten yang lebih menarik.

10. Merapikan Katalog Produk 

Hal yang tidak kalah penting dan harus Anda lakukan jika ingin bisnis semakin berkembang adalah merapikan katalog produk pada akun TikTok. Katalog produk adalah hal pertama yang akan dilihat oleh audiens ketika pertama kali membuka akun TikTok Anda. 

Bayangkan jika katalog berantakan dan tidak menarik, hal itu pasti akan membuat audiens merasa malas membeli. Karena itu, pastikan katalog produk Anda sudah menarik dan eye-catching. Sehingga saat followers membukanya, mereka akan tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Merapikan katalog juga bisa dengan cara mengelompokkan barang yang Anda jual berdasarkan jenisnya. Penulisan judul produk pun tidak perlu berlebihan, maksimal 34 karakter saja. Buatlah copywriting yang bisa menarik minat pembeli dan pastikan menuliskan informasi detail dari produk yang Anda jual. 

Sudah Tahu Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok? 

Itulah berbagai cara yang perlu Anda lakukan jika ingin meningkatkan penjualan di platform TikTok. Pastikan Anda melakukan banyak riset terlebih dahulu tentang trend yang sedang terjadi. Kemudian pelajari pembuatan konten menarik dan waktu posting konten yang berpeluang FYP. Semoga membantu!

Dapatkan berbagai informasi tentang social media dan tips bisnis lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin