cara meningkatkan penjualan di facebook

Ikuti 8 Cara Meningkatkan Penjualan di Facebook Berikut!

Strategi pemasaran dalam sebuah bisnis merupakan hal yang penting untuk Anda perhatikan. Saat ini, terdapat banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset perusahaan. Salah satunya dengan cara meningkatkan penjualan di Facebook yang merupakan salah satu media sosial eksis di kalangan masyarakat.

Lalu, bagaimanakah langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan omset perusahaan? Hal apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk bersaing dengan kompetitor? Berikut review singkatnya untuk Anda.

Cara Meningkatkan Penjualan di Facebook untuk Anda

Beberapa tips dan trik yang bisa Anda jalankan saat menggunakan platform sosial media Facebook untuk pemasaran produk antara lain:

1. Membuat Rancangan Bisnis

Hal utama yang perlu Anda miliki adalah rancangan atau tujuan bisnis yang jelas. Dalam hal ini, Anda perlu menentukan manakah konsumen yang akan Anda targetkan. Rancangan bisnis merupakan akar dari jalannya usaha yang memuat poin mengenai usaha yang Anda miliki.

Dalam tahap ini, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa strategi yang perlu dilakukan saat strategi pertama tidak bisa teraplikasikan dengan mulus. Hal ini tentunya perlu Anda pikirkan sebagai pemegang kekuasaan pertama dalam sebuah usaha itu.

Rancangan bisnis bisa saja berubah seiring berjalannya usaha yang Anda lakukan. Meskipun demikian, Anda perlu membuat rancangan bisnis yang benar-benar matang saat memulai usaha. 

Perubahan yang terjadi saat usaha tersebut Anda jalankan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda miliki.

2. Siapkan Akun Facebook Terlebih Dahulu

Setelah semua rancangan bisnis terancang dengan matang, Anda bisa sambil mempersiapkan akun Facebook untuk pemasaran produk. Anda juga perlu memberikan nama akun Facebook yang menunjukkan ciri khas dari usaha yang Anda jalankan.

Pada akun Facebook, Anda bisa memanfaatkan Facebook Ads untuk menampilkan iklan. Terdapat juga fitur Facebook yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana dalam memasarkan produk seperti short story.

3.  Tingkatkan Penjualan dengan Analisis Pasar dan Kompetitor

Cara meningkatkan penjualan di Facebook selanjutnya adalah melakukan analisis pasar dan kompetitor. 

Saat Anda melakukan analisis pasar maka Anda perlu melakukan peninjauan secara detail. Pada tahap ini Anda Anda perlu melakukan analisis terkait dengan target pasar, harga pasar, kondisi pasar, dan beberapa hal lain. 

Selain itu, hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda tinjau selain pasar adalah pesaing atau kompetitor.

Analisis yang Anda perlukan adalah melihat kisaran harga yang ditetapkan oleh para kompetitor dalam menjual produk yang sama dengan Anda. Hal lainnya yakni dengan melakukan analisis terhadap produk kompetitor dengan tujuan menjadikannya sebagai referensi produk.

Dengan begitu, Anda bisa memberikan inovasi terhadap produk Anda yang sama dengan kompetitor. Hal ini juga yang akan membuat produk usaha memiliki ciri khas yang mudah dikenali oleh konsumen.

4. Lakukan Analisis Produk

Setelah Anda melakukan analisis pasar dan pesaing, hal selanjutnya adalah melakukan analisis terhadap produk yang Anda miliki. Produk yang Anda tawarkan nanti memerlukan analisis dan evaluasi terlebih dahulu sebelum beredar di pasaran.

Langkah sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan membandingkannya  dengan produk lain yang sudah beredar. Setelah itu, Anda perlu memastikan bahwa tujuan dari penggunaan atau manfaat produk pun sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Analisis produk ini sebenarnya tidak hanya Anda lakukan saat awal merintis usaha. Anda bisa melakukan analisis dan evaluasi produk dalam beberapa waktu tertentu, sehingga produk usaha yang Anda miliki selalu mengalami kemajuan setiap periode.

5. Siapkan Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Cara meningkatkan penjualan di Facebook selanjutnya adalah dengan mempersiapkan produk usaha. Mulai dari proses pembuatan hingga pengemasan produk tentunya bisa Anda lakukan sebaik mungkin.

Pada tahap ini Anda bisa mendokumentasikan setiap langkah pengerjaan produk usaha. Kemudian jadikan setiap dokumentasi tersebut sebagai salah satu media untuk memasarkan produk yang Anda miliki di platform Facebook.

Melalui proses dokumentasi, maka Anda bisa menunjukkan kualitas produk mulai dari awal pembuatan hingga pengemasan. Dalam hal ini, Anda juga perlu menonjolkan kelebihan lain pada produk untuk menarik minat konsumen.

6. Buat Konten Promosi Kreatif

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat konten kreatif untuk menampilkan aura dari produk usaha yang Anda miliki. Anda bisa mengkreasikan iklan promosi atau konten promosi yang akan diunggah ke Facebook.

Dalam membuat konten Anda juga memerlukan spot khusus untuk mengatur tata letak promosi produk. Usahakan spot yang Anda ambil untuk memfoto atau mengambil video dari produk usaha berbeda-beda. Jadi, terdapat variasi konten yang mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk yang Anda miliki. 

Saat usaha yang Anda miliki mengalami kemajuan maka ubahlah konsep promosi pemasaran produk. 

Anda bisa menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produk tersebut melalui short story Facebook atau melakukan promosi langsung kepada konsumen melalui live streaming. Dengan begitu, produk yang Anda miliki dapat beredar dengan cepat di pasaran.

7. Lakukan Promosi secara Berkala

Cara meningkatkan penjualan di Facebook berikutnya adalah melakukan promosi secara berkala. Promosi produk tidak cukup hanya Anda lakukan sekali saja. Waktu pemasaran produk pun juga berpengaruh terhadap tingkat eksistensi usaha yang Anda miliki.

Maka dari itu, Anda memerlukan jadwal khusus untuk memasarkan setiap produk usaha dengan tema yang berbeda-beda. Usahakan pemasaran produk Anda lakukan dengan tepat waktu sehingga lebih mudah diketahui oleh konsumen melalui Facebook.

Selain itu, Anda juga memerlukan Facebook Ads untuk menampilkan promosi produk dalam beranda pengguna media sosial tersebut. Jadi, konsumen yang merupakan pengguna media sosial tersebut dapat dengan mudah menemukan produk usaha Anda tanpa perlu mengunjungi profil atau page bisnis Anda.

8. Lebih Interaktif Terhadap Audiens

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melakukan interaksi terhadap konsumen. Interaksi yang perlu Anda lakukan bisa berupa pemberian giveaway, live streaming, atau interaksi langsung.

Ketika Anda melakukan tindakan interaktif secara langsung bersama konsumen, Anda bisa memasarkan produk sekaligus memberikan informasi tentang akun Facebook resmi dari usaha yang Anda miliki. Hal inilah yang menjadi salah satu langkah dalam memperkenalkan produk usaha kepada masyarakat luas.

Tindakan interaktif juga bisa Anda lakukan melalui live streaming dan pemberian giveaway. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menyebarluaskan produk usaha Anda kepada khalayak umum.

Terapkan Cara Meningkatkan Penjualan di Facebook Sekarang!

Dari banyaknya media sosial yang saat ini beredar di dunia maya, apakah Anda merupakan salah satu pengguna Facebook? Media sosial yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk sekaligus terhubung dengan orang banyak tanpa batas ruang dan waktu.Tentunya, terdapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk mencapai target omset dari usaha yang sedang Anda jalankan. Oleh karena itu, segera update cara meningkatkan penjualan di Facebook yang Anda miliki mulai dari sekarang!

Dapatkan berbagai informasi tentang social media dan tips bisnis lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin