Cara meningkatkan CTR Youtube perlu Anda ketahui agar konten bisa tampil dalam urutan teratas rekomendasi video di mesin pencari Youtube. Metode ini terbukti ampuh untuk meningkatkan engagement terutama bagi Anda youtuber pemula.
Selain itu, melalui CTR, konten video Anda akan lebih berpotensi untuk mendapat banyak view. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara meningkatkan rasio klik tayang di platform Youtube, mari simak artikel ini sampai habis!
Contents
Cara Meningkatkan CTR Youtube
Langsung saja, berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan rasio klik tayang di Youtube. Simak penjelasan lengkapnya:
1. Gunakan Thumbnail yang Menarik
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rasio klik tayang video Youtube, yakni dengan membuat thumbnail judul yang menarik. Thumbnail tersebut harus mewakili keseluruhan dari isi video.
Terutama pada part atau bagian penting dalam konten video tersebut. Pastikan Anda meletakan bagian inti dalam konten video Anda di bagian thumbnail. Sebetulnya, tidak ada patokan atau pedoman pasti dalam pembuatan thumbnail.
Namun, Anda bisa mengukur menarik atau tidaknya thumbnail konten Youtube melalui CTR. Karena itu, Anda perlu menganalisa CTR konten menggunakan tools analisa seperti Youtube Analytic agar thumbnail konten lebih optimal.
2. Buat Judul Semenarik Mungkin dan Relevan dengan Keyword
Salah satu hal yang membuat audiens tertarik untuk mengklik konten video adalah judul yang menarik. Ini merupakan aspek dasar yang tidak boleh Anda lewatkan. Terlepas dari thumbnail, judul konten merupakan hal pertama yang akan dibaca oleh audiens ketika mencari sebuah konten di platform manapun.
Selain itu, pastikan juga bahwa judul tersebut telah teroptimasi sesuai kata kunci yang relevan dengan jenis konten Anda. Kemudian, tempatkan kata kunci tersebut di awal judul. Sehingga, audiens langsung membaca kata kunci tersebut. Penempatan kata kunci di awal judul juga akan mengoptimasi konten sesuai algoritma Youtube.
Judul video juga akan mempengaruhi jangkauan viewers yang relevan ketika audiens telah mengkliknya sekali. Sehingga, konten jadi lebih berpotensi tampil sebagai rekomendasi konten pada mesin pencari Youtube.
Karena itu, untuk cara meningkatkan CTR Youtube, pastikan bahwa Anda membuat judul yang dikategorikan secara tepat. Baik itu peristiwa, berita, informasi, dan segala jenis konten apapun. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan judul dengan kalimat yang panjang jika Anda tidak ingin mengkategorikan judul tersebut.
3. Tulis Thumbnail Persuasif dan Membuat Penasaran
Bukan hanya gambar thumbnail saja, akan tetapi tulisan pada thumbnail konten juga akan menjadi penentu apakah audiens akan mengklik konten video Anda atau tidak. Maksud dari thumbnail persuasif dan membuat penasaran adalah tulisan pada thumbnail Anda hanya sepenggal kalimat persuasif yang menarik saja.
Sehingga, para audiens yang melihatnya jadi penasaran dan ingin mengetahui apa isi dari konten tersebut? Metode ini terbukti ampuh untuk meningkatkan rasio klik tayang. Karena, audiens secara tidak sadar akan mengklik konten tersebut berdasarkan rasa penasaran dan ketertarikannya pada kalimat persuasif thumbnail.
Namun, perlu Anda harus ingat bahwa jangan sampai kalimat tersebut tidak mewakili atau memuat isi konten. Karena akan membuat konten jadi klikbait dan membuat penonton merasa kecewa. Anda bisa memakai kalimat pertanyaan atau objektif tertentu agar viewers penasaran.
4. Gunakan Hashtag
Hashtag sebetulnya bersifat opsional saja. Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda menyertakan hashtag pada deskripsi konten Video Youtube Anda. Seluruh platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, Twitter menggunakan hashtag sebagai sebuah metode guna meningkatkan akurasi serta lokasi konten.
Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari sebuah konten dengan kata kunci “cara menjadi ganteng”. Maka, Anda bisa mencarinya juga dengan menggunakan hashtag “cara menjadi ganteng”. Namun, pastikan bahwa hashtag yang Anda buat relevan dengan konten Anda, serta related dengan konten lain agar lebih teroptimasi.
Melalui metode hashtag, konten Anda akan lebih mendapatkan banyak impression serta jumlah tayangan. Sehingga, metode ini perlu untuk Anda lakukan sebagai cara meningkatkan CTR Youtube, serta langkah optimasi SEO di platform Youtube.
5. Rata-Rata Jumlah View Harus Tinggi
Meningkatkan rasio klik tayang juga bisa Anda lakukan dengan cara menaikkan durasi view konten. Durasi view akan optimal jika Anda dapat meningkatkan retensi dari viewer channel Anda.
Lalu, untuk rata-rata jumlah view yang dianggap tinggi oleh Youtube sendiri adalah sekitar 4.000 sampai dengan 10.000 jumlah view atau penonton. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda membuat konten yang menarik serta layak tayang.
Sehingga, algoritma Youtube juga tidak akan berhenti menayangkan konten video Anda sebagai rekomendasi konten dalam mesin pencari. Nah, jika view sudah mencapai rata-rata jumlah penonton yang sesuai algoritma Youtube, maka secara tidak langsung rasio klik tayangnya juga akan meningkat pesat.
Namun, metode ini akan mengharuskan Anda mempunyai skill yang mumpuni dalam mengusung konsep serta menyajikan materi pada konten Anda. Banyak sekali contoh konten yang bisa Anda kembangkan agar lebih optimal. Mulai dari konten sosial eksperimen, game, podcast, atau bahkan materi tentang agama.
Sudah Tahu Bagaimana Cara meningkatkan CTR Youtube?
Nah, itulah 5 cara meningkatkan CTR Youtube agar konten dapat tampil di urutan teratas rekomendasi mesin pencari Youtube. Terlepas dari cara di atas, faktor utama yang akan membuat channel Youtube Anda kebanjiran penonton adalah konten yang berkualitas. Jadi, mulailah buat konten yang original dan berkualitas tinggi!
Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.