Menggunakan jasa digital agency dalam hal pemasaran produk merupakan pilihan alternatif terbaik bila Anda tidak memiliki tim marketing atau awam dalam hal pemasaran bisnis. Namun, cara memilih digital agency tidak boleh asal-asalan. Agar pemasaran yang Anda lakukan tepat sasaran dan tidak menimbulkan kerugian.
Nah, bagi Anda yang masih pemula dalam menggunakan jasa digital agency, silahkan simak penjelasan di bawah ini!
Contents
- 10 Cara Memilih Digital Agency yang Tepat
- 1. Pahami Kebutuhan Bisnis Anda
- 2. Analisis Situs Web Digital Agency
- 3. Cek Portfolio
- 4. Perhatikan Kredibilitas Agency
- 5. Menawarkan Layanan Lengkap
- 6. Mempunyai Tenaga Berpengalaman dan Profesional
- 7. Bersedia Menyebarluaskan Konten
- 8. Memberikan Pelayanan yang Baik
- 9. Paham Konsep Marketing
- 10. Tanyakan Model Bisnis Digital Agency
- Sudah Tahu Cara Memilih Digital Agency yang Tepat?
10 Cara Memilih Digital Agency yang Tepat
Berikut tata cara memilih digital agency yang tepat untuk bisnis Anda:
1. Pahami Kebutuhan Bisnis Anda
Langkah awal dalam memilih jasa agensi pemasaran digital adalah Anda perlu memahami terlebih dahulu apa kebutuhan atau tujuan bisnis Anda ketika melakukan pemasaran. Misalnya, meningkatkan angka kunjungan website, meningkatkan kesadaran merek, atau meningkatkan angka konversi.
Sehingga, Anda bisa menyampaikan kebutuhan bisnis Anda tersebut kepada pihak agensi dan mereka bisa memahami serta merancang konsep iklan yang sesuai dengan target yang hendak Anda capai.
2. Analisis Situs Web Digital Agency
Setelah menentukan tujuan yang hendak Anda capai, Anda bisa melakukan riset atau analisa situs website hingga media sosial digital agency terlebih dahulu.
Pastikan website pihak agensi tersebut konsisten dalam memposting konten, menyediakan fitur lengkap, tampilan website nya menarik, dan kualitas konten promosi mereka juga bagus. Sehingga, Anda memiliki gambaran seperti apa nantinya brand bisnis Anda akan dipasarkan oleh agensi tersebut.
3. Cek Portfolio
Cara memilih digital agency berikutnya adalah dengan mengecek secara saksama portfolio mereka. Karena, portfolio adalah salah satu bukti riwayat kinerja mereka ketika menangani klien sebelumnya. Pada portfolio Anda bisa memperhatikan brand apa saja yang pernah menggunakan jasa mereka dan seperti apa hasilnya.
Jika mereka telah bekerja sama dengan banyak brand atau bahkan brand ternama, artinya agensi tersebut patut Anda pertimbangkan. Apalagi jika hasil kinerjanya memuaskan klien.
4. Perhatikan Kredibilitas Agency
Kredibilitas digital agency juga patut Anda perhatikan. Anda bisa memastikannya dari deskripsi usaha yang ada di website mereka lengkap, informatif, dan terdapat alamat kantor fisik yang valid serta contact person yang bisa Anda hubungi. Demi meminimalisir risiko Anda menggunakan jasa digital agency abal-abal.
5. Menawarkan Layanan Lengkap
Umumnya, pihak agensi pemasaran digital akan menampilkan semua layanan yang mereka tawarkan pada laman website atau media sosial mereka secara rinci. Mulai dari layanan pembuatan konten media sosial, jasa penulisan artikel, pembuatan website bisnis, dan lainnya.
Maka, sebaiknya pilih agensi yang memiliki layanan lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan pemasaran bisnis Anda.
6. Mempunyai Tenaga Berpengalaman dan Profesional
Cara memilih digital agency selanjutnya adalah memastikan bahwa agensi memiliki tenaga yang berpengalaman dan profesional di bidang pemasaran digital. Salah satu indikator bahwa tenaga mereka profesional adalah mereka memiliki sertifikasi keahlian dan kompetensi pada bidang pemasaran digital.
Selain itu, tenaga SDM mereka juga sudah memiliki pengalaman dalam membuat konten pemasaran digital untuk berbagai klien yang bisa Anda lihat pada kolom ulasan di website mereka.
Namun, tenaga profesional yang mereka miliki juga perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Karena, umumnya agensi memiliki beragam SDM dengan keahlian berbeda, seperti spesialis SEO, penulis konten, desainer web, strategi pemasaran digital, dan lainnya.
7. Bersedia Menyebarluaskan Konten
Demi memaksimalkan hasil pemasaran, sebaiknya pilih agensi yang mau menyebarluaskan konten marketing bisnis Anda secara luas. Mulai dari website, sosial media, dan lainnya. Sehingga, jangkauan pemasaran bisnis Anda akan semakin luas dan mampu meningkatkan angka penjualan serta mendapatkan target pasar spesifik.
Tetapi, biasanya agensi yang menyediakan layanan ini menawarkan harga yang relatif tinggi.
8. Memberikan Pelayanan yang Baik
Memilih agensi yang memiliki pelayanan baik juga adalah hal penting, agar Anda bisa berdiskusi dengan mudah dan nyaman dengan mereka. Sehingga, bisa mendapatkan solusi terbaik dalam hal pemasaran bisnis.
Salah satu cara memastikannya adalah dengan menghubungi customer service mereka. Perhatikan cara CS menanggapi apa yang Anda sampaikan, apakah responnya cepat, ramah, tata bahasanya baik, mudah dimengerti, dan mau menerima masukan dari Anda? Jika iya, maka agensi tersebut bisa jadi pilihan yang baik.
9. Paham Konsep Marketing
Tidak semua agensi pemasaran digital paham akan konsep pemasaran. Maka dari itu, salah satu cara memilih digital agency yang tepat adalah memilih agensi yang kreatif, tahu konsep pemasaran yang benar dan baik, bisa merancang strategi marketing yang efektif, serta mampu menyesuaikan dengan bisnis Anda.
Sehingga, tujuan Anda memasang iklan dapat tercapai dengan mudah dan tepat sasaran.
10. Tanyakan Model Bisnis Digital Agency
Setiap agen pemasaran digital memiliki model bisnis yang berbeda. Misalnya, ada yang memasang tarif per jam, per layanan, per paket, atau per proyek. Oleh sebab itu, Anda perlu menanyakannya dengan jelas, agar tidak terjadi kesalahpahaman saat pembayaran.
Selain itu, dengan mengetahui model bisnis mereka, Anda bisa membandingkan antara layanan yang mereka tawarkan dan tarif yang mereka pasang. Apakah sesuai dengan budget Anda atau tidak?
Sudah Tahu Cara Memilih Digital Agency yang Tepat?
Demikian 10 cara memilih digital agency yang tepat, agar Anda tidak salah pilih. Sebaiknya, aplikasikan semua cara di atas demi mendapatkan hasil yang maksimal ketika menggunakan jasa mereka. Selamat mencoba!
Dapatkan berbagai tips bisnis lainnya hanya di Virus Media.
Virus Media sebagai Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta siap membantu Anda mencapai target bisnis melalui Jasa Digital Marketing kami dengan hasil tertarget dan efektif.
Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang jasa digital marketing agency. Kami siap membantu Anda dalam menentukan pilihan terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.