cara membuat konten plan instagram

Cara Membuat Konten Plan Instagram dengan Mudah

Dalam penggunaanya, Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang sempurna untuk mempromosikan bisnis ataupun brand Anda ke masyarakat. Anda bisa membuat konten promosi produk yang menarik lewat platform ini dengan cara membuat konten plan Instagram yang baik dan benar. 

Meski terdengar mudah, namun Anda memerlukan strategi dan rencana yang benar ketika membuat konten Instagram. Demi membantu meningkatkan promosi bisnis Anda, kami telah menyusun 8 cara membuat konten plan Instagram di bawah. Simak dan dapatkan informasinya!

Apa itu Konten Plan Instagram?

Tentu, sebelum Anda memahami caranya, Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai definisi dari konten plan Instagram. Secara definisi, konten plan adalah sebuah perencanaan pengembangan isi konten di media sosial dengan tujuan untuk membantu mencapai target tertentu dari sebuah bisnis.

Berdasarkan pada definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa konten plan Instagram adalah sebuah perencanaan yang dilakukan dan disusun untuk mengembangkan konten yang ada di platform Instagram sebuah bisnis atau brand.

Manfaat Membuat Konten Plan Instagram

Konten plan dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan promosi bisnis Anda di platform media sosial ini. Di bawah ini, kami telah merangkum beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konten plan Instagram.

1. Membuat Penyusunan Konten Instagram Lebih Konsisten

Ketika Anda memiliki konten plan Instagram, konten yang akan Anda unggah di Instagram nantinya akan jauh lebih konsisten. Mengapa begitu? Karena waktu untuk mengunggah konten sudah tersusun dan terjadwal dengan rapi dan jelas sesuai dengan rencana Anda.

2. Memperjelas Pendistribusian Konten

Dengan adanya konten plan Instagram, maka pendistribusian konten Instagram yang Anda lakukan akan jauh lebih jelas ke mana konten itu akan disebarluaskan. Membuat konten plan dapat membantu Anda untuk mencari, menemukan, dan mendistribusikan konten Instagram ke target audiens yang tepat.

3. Membuat Performa Konten Jauh Lebih Efektif

Saat Anda membuat konten plan Instagram, itu juga dapat memengaruhi kualitas dari konten yang Anda unggah di Instagram. Misalkan, Anda membuat konten untuk para pekerja, maka jadwal unggahan konten Anda ada di jam istirahat kerja maupun waktu setelah selesai bekerja.

Dengan ini, konten Instagram yang Anda buat akan jauh lebih mudah ditemukan oleh target pasar bisnis Anda.

Cara Membuat Konten Plan Instagram

Setelah Anda memahami definisi dan manfaat dari konten plan Instagram, kini saatnya Anda mengetahui mengenai cara membuatnya. Di bawah ini adalah 8 cara membuat konten plan Instagram. Simak, yuk!

1. Tentukan Tujuan dari Konten Instagram Anda

Pertama-tama untuk cara membuat konten plan Instagram, Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan dari pembuatan konten di akun Instagram Anda.

Apakah tujuan konten Instagram Anda adalah untuk mendapatkan followers baru, meningkatkan promosi bisnis Anda, atau mengajak pengguna Instagram untuk mengunjungi situs tertentu? Nah, Anda harus menentukan ke semua hal ini ketika membuat konten plan Instagram.

Dengan tujuan yang jelas, nantinya, pendistribusian konten Instagram akan jauh lebih efektif dan sesuai dengan target bisnis Anda.

2. Buat Penjadwalan Konten

Cara membuat konten plan Instagram yang kedua adalah membuat penjadwalan dalam mengunggah konten Instagram. Cara ini menjadi salah satu yang terpenting karena dapat membantu Anda untuk mencapai target tertentu dari bisnis Anda.

Dengan membuat penjadwalan pengunggahan konten, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam menemukan ide-ide konten terbaru, membantu menemukan kekurangan dari konten sebelumnya, dan membantu Anda untuk lebih konsisten dalam mengunggah konten Instagram.

Ketika Anda berencana membuat jadwal pengunggahan konten, Anda dapat melakukannya dengan menentukan waktu, hari, minggu, hingga bulan yang sesuai.

3. Konsisten Dengan Tema dan Warna Konten

Selanjutnya adalah konsisten dengan tema dan warna konten. Anda bisa menerapkan cara membuat konten plan Instagram ini dengan mengunggah konten dengan tema dan warna yang sama.

Kenapa hal ini menjadi penting? Alasannya adalah demi kenyamanan para audiens yang berkunjung ke akun Instagram Anda. Tentu saja, konten Instagram yang tema dan warnanya berubah-ubah akan terlihat kurang menarik.

Sedangkan jika Anda membuat konten dengan tema dan warna yang sama, itu dapat membuat para audiens betah untuk berlama-lama menjelajahi akun Instagram Anda.

Selain untuk kenyamanan audiens, membuat konten Instagram dengan tema dan warna yang sama juga akan memberikan identitas tersendiri untuk brand maupun bisnis Anda. Dengan ini, orang-orang akan lebih mudah mengenali bisnis Anda dengan hanya melihat tema dan warna dari konten Instagram Anda.

4. Tunjukkan Kreativitas dengan Fitur Instagram yang Tersedia

Anda tentu sudah tahu bahwa Instagram itu kaya dengan berbagai macam fitur. Lewat platform media sosial ini, Anda tidak hanya bisa mengunggah foto namun juga bisa video. Contoh fitur-fitur yang ada di Instagram adalah reels, IGTV, Instagram stories, dan Instagram shopping.

Nah, dari semua fitur di atas, Anda bisa memaksimalkannya dengan membuat konten yang menarik untuk menjangkau lebih banyak audiens.

5. Buat Caption yang Menarik

Cara membuat konten plan Instagram yang kelima adalah membuat caption yang menarik. Jika Anda sudah membuat konten Instagram, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan caption yang menarik dan membuat audiens tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang bisnis Anda.

Kami menyarankan Anda untuk membuat caption yang soft-selling daripada hard-selling. Anda dapat menerapkan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) ketika membuat caption untuk konten Instagram Anda.

6. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Selain caption, Anda bisa menggunakan hashtag yang sesuai untuk konten Instagram yang Anda buat. Saat Anda menentukan hashtag, kami menyarankan untuk memilih hashtag yang sesuai dan berhubungan dengan konten Instagram yang akan Anda unggah.

Untuk itu, cara yang selanjutnya adalah melakukan riset untuk menemukan hashtag yang berhubungan dengan konten Anda.

7. Pahami Waktu yang Tepat untuk Mengunggah Konten

Ketika Anda mengunggah konten, menentukan waktu yang tepat menjadi hal yang penting karena dapat memberikan Anda trafik yang signifikan untuk akun Instagram Anda.

Mengacu pada hal ini, maka cara yang berikutnya adalah menentukan waktu yang tepat untuk mengunggah konten. Anda dapat menggunakan fitur Instagram untuk melakukan tracking kapan waktu audiens aktif ketika menggunakan Instagram.

Untuk mendapatkan akses fitur Instagram ini, Anda harus mengganti akun Instagram dari yang akun personal menjadi akun bisnis.

8. Evaluasi Hasil Konten

Cara yang terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap hasil konten Instagram yang sudah Anda unggah. Berikut adalah poin-poin yang bisa Anda pertimbangkan ketika melakukan evaluasi.

  • Likes
  • Follow
  • Shares
  • Comments, dan
  • Saves

Kelima poin diatas dapat menjadi parameter seberapa berhasil konten Instagram yang sudah Anda unggah. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui poin mana yang paling tinggi dan mana yang paling rendah. Dengan ini, Anda dapat melakukan peningkatan kualitas terhadap salah satu poin yang rendah.

Sudah Paham Tentang Cara Membuat Konten Plan Instagram?

Itulah 8 cara membuat konten plan Instagram yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan promosi bisnis Anda lewat Instagram. Platform satu ini telah menjadi salah satu platform terbaik untuk melakukan promosi produk dari sebuah bisnis.

Oleh karena itu, mengetahui dan memahami cara membuat konten plan dapat menuntun Anda untuk mendapatkan lebih banyak audiens serta meningkatkan promosi bisnis Anda ke arah yang jauh lebih efektif.

Dapatkan berbagai informasi tentang social media lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin