cara melihat reach tiktok

Cara Melihat Reach TikTok dan Strategi Untuk Meningkatkannya

Bagi Anda seorang content creator, mungkin istilah seperti reach bukanlah hal baru, termasuk di aplikasi TikTok. Yang belum banyak orang tahu adalah bagaimana cara melihat reach TikTok dan juga meningkatkannya.

TikTok sendiri merupakan aplikasi yang cukup populer belakangan ini. Popularitasnya inilah yang membuat aplikasi ini mulai banyak dilirik oleh para content creator.

Apa Itu Reach TikTok? 

Secara singkat, reach pada TikTok bisa diartikan sebagai jangkauan yang bisa dicapai oleh konten yang Anda buat. Artinya, reach adalah angka yang akan menunjukan berapa banyak orang yang melihat konten tersebut.

Tujuan dari reach sendiri adalah melihat seberapa berhasil strategi konten yang Anda buat. Hal ini akan sangat penting, terutama jika Anda menggunakan TikTok sebagai media marketing.

Pengukuran reach sendiri biasanya akan menunjukan beberapa konsumen potensial yang bisa Anda dapatkan. Biasanya, meskipun menargetkan konsumen spesifik, namun banyak orang yang mencoba untuk memperluas reach yang bisa mereka dapatkan.

Cara melihat reach TikTok ini menjadi penting untuk bisa mengembangkan bisnis ke depannya. Salah satu tujuannya adalah menganalisa kemungkinan pengembangan pasar atau target yang baru.

Cara Mengubah Akun TikTok ke Bisnis atau Pro 

Bagi seorang konten kreator, reach dan insight lainnya tentu saja sangat penting. Ada dua cara melihat reach TikTok untuk akun sendiri. Namun sebelum itu, Anda juga perlu memastikan jika akun TikTok milik Anda sudah berstatus Pro atau bisnis. Berikut adalah cara mengubah akun TikTok dari personal ke Bisnis atau Pro:

  • Login ke akun TikTok Anda.
  • Masuk ke halaman profil, lalu klik titik tiga pada bagian kanan atas.
  • Pilih Manage My Account.
  • Selanjutnya, pilih Switch to Pro Account atau Switch to Business Account.
  • Terakhir, pilih kategori sesuai dengan konten yang Anda buat.

Cara Melihat Reach TikTok Sendiri

Setelah merubah akun ke bisnis atau pro, berikut adalah cara melihat reach TikTok yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan Tools

Cara pertama jika Anda ingin melihat reach akun TikTok milik Anda adalah menggunakan tools tambahan bernama Exolyt. Ada beberapa tools lainnya yang juga bisa Anda gunakan, namun saat ini, Exolyt adalah tools yang paling populer. Berikut adalah langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Langkah pertama adalah buka browser, lalu kunjungi website Exolyt.
  • Selanjutnya, login ke website tersebut. Jika belum punya akun, maka Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Setelah itu, masukan username akun TikTok Anda.
  • Selanjutnya, akan muncul reach dari akun TikTok Anda. Selain itu, Anda juga bisa melihat insight lainnya dari akun TikTok Anda tersebut.

2. Tanpa Tools

Selain menggunakan tools, Anda juga bisa melihat insight akun milik Anda tanpa menggunakan tools. Berikut adalah cara melihat reach TikTok yang diperlukan:

  • Buka aplikasi TikTok dan pastikan Anda sudah log in.
  • Masuk ke menu Profil, lalu klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, masuk ke menu Pengaturan dan Privasi. Lalu, pilih menu Alat Kreator.
  • Akan muncul beberapa pilihan menu, Anda bisa memilih yang paling sesuai.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul data tentang insight dari akun TikTok Anda. Tidak hanya reach, insight tersebut juga akan berisi banyak informasi penting lainnya.

Cara Melihat Reach TikTok Orang lain 

Selain melihat reach dan insight dari akun milik sendiri, Anda juga bisa melihat reach dan insight dari akun TikTok milik orang lain. Cara ini biasanya dilakukan ketika Anda ingin bekerja sama dengan orang tersebut.

Anda perlu melihat seberapa besar jangkauan dari akun tersebut. Apakah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda atau tidak. Selain itu, Anda juga perlu melihat beberapa informasi lain dari insight milik akun orang lain tersebut jika ingin bekerja sama.

Cara melihat reach TikTok orang lain bisa Anda lakukan dengan menggunakan tools Analisa.io. Langkah yang Anda perlukan tidak jauh berbeda dengan ketika melihat reach milik akun sendiri. Berikut adalah langkahnya:

  • Langkah pertama adalah buka browser dan masuk ke website Analisa.io.
  • Masukkan username dari akun TikTok yang ingin Anda lihat performanya.
  • Akan muncul informasi dari performa akun TikTok yang Anda cari. Anda bisa melihat reach dan juga insight lainnya.

Cara Meningkatkan Reach TikTok 

Setelah mengetahui bagaimana cara melihat reach TikTok, maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana meningkatkan reach TikTok tersebut. Semakin tinggi reach yang bisa Anda raih, maka artinya semakin banyak orang yang melihat konten Anda. Berikut adalah cara meningkatkan reach TikTok:

1. Sebar Konten di Banyak Platform

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan reach TikTok adalah dengan menyebar konten tersebut ke banyak platform. Contoh platform lain yang bisa Anda gunakan, misalnya Instagram, Facebook, ataupun Twitter.

Selain bisa meningkatkan reach, cara ini juga cukup efektif untuk memperkenalkan konten Anda ke konsumen yang baru. Dalam konteks bisnis, maka cara ini bisa Anda coba untuk memasarkan produk ke target pasar yang lain.

Dengan memperluas target konsumen, maka hal tersebut juga bisa meningkatkan konsumen potensial yang Anda punya. Tidak hanya bagus untuk meningkatkan reach, hal ini juga sangat baik untuk marketing.

2. Penggunaan Hashtag

Hashtag masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk bisa meningkatkan reach. Penggunaan hashtag di TikTok sendiri tidak jauh berbeda dengan media sosial lainnya.

Dalam banyak contoh, penggunaan hashtag ini juga cukup efektif untuk membuat konten menjadi lebih mudah ditemukan. Semakin mudah ditemukan, maka akan semakin banyak juga orang yang melihatnya.

Hal ini tentu saja akan berguna untuk menaikan reach konten tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hashtag yang sedang trending untuk membuat konten Anda relevan dengan pencarian yang paling banyak dicari.

3. Memilih Waktu Posting

Pemilihan waktu masih menjadi salah satu cara efektif untuk bisa meningkatkan reach. Satu kali post di waktu yang tepat akan lebih baik daripada beberapa kali post dalam satu hari.

Terlalu banyak posting dalam satu hari juga bukanlah hal yang bagus. Apalagi dengan algoritma TikTok yang unik, terlalu banyak post dalam waktu yang berdekatan juga belum tentu membuat konten tersebut meraih reach yang tinggi.

4. Live Streaming

Salah satu fitur yang ada di TikTok adalah Live Streaming. Dengan cara ini, Anda bisa lebih interaktif dengan audiens, tentu saja cara ini juga merupakan langkah yang efektif untuk bisa menaikan reach.

Dalam konteks bisnis, Anda juga bisa sekaligus jualan di Live Streaming ini. TikTok juga menyediakan fitur online shop yang membuat audiens bisa langsung berbelanja saat melihat live sedang berlangsung.

5. Mengikuti Trend

Cara paling efektif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk bisa meningkatkan reach adalah dengan mengikuti trend yang sedang terjadi. Bisa dibilang ini merupakan cara paling mudah yang bisa Anda lakukan.

Hanya saja, untuk melihat trend tersebut, Anda juga perlu melakukan analisa dengan baik. Anda juga perlu tahu cara melihat reach TikTok untuk menganalisa seberapa jauh konten tersebut akan sukses.

Optimalkan Reach di TikTok!

Dengan paham cara melihat reach TikTok, Anda juga bisa melakukan analisa dengan lebih mudah tentang bagaimana konten yang harus Anda buat. Semakin menarik kontennya, tentu saja akan semakin tinggi reach yang didapatkan.

Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin