Cara melihat impression TikTok bisa Anda lakukan lewat tools tambahan atau tanpa tools. Setelah melihat jumlah impression tersebut, Anda bisa menentukan pilihan, salah satunya meningkatkan jumlahnya agar lebih banyak akun-akun TikTok yang mengunjungi akun milik Anda.
Contents
Apa Itu Impression TikTok?
Impression adalah sebuah matriks yang menunjukkan jumlah kunjungan akun TikTok dari sebuah konten. Keberadaan impression memiliki peran penting untuk menghitung biaya iklan di media sosial, salah satunya TikTok.
Matriks impression ini berguna untuk mengukur beberapa performa konten, antara lain:
- Pay per click
- Jumlah tayangan yang muncul di TikTok
- Total tayangan dari konten
- Jumlah tayangan call to action pada website
- Total tayangan dari content aggregator
Nah, dari jumlah impression atau data pengunjung akun TikTok, Anda bisa mengetahui seperti apa algoritma akun milik Anda. Algoritma di TikTok terbagi menjadi dua, yaitu trending dan interaksi. Biasanya, konten yang trending atau masuk FYP akan membuat jumlah impression di akun TikTok Anda tinggi.
Cara Melihat Impression TikTok
Anda bisa mengetahui jumlah impression TikTok dengan cara melihat insight akun atau konten. Agar bisa melihat insight, pastikan akun TikTok Anda sudah berubah jadi TikTok bisnis atau TikTok Pro. Anda bisa melihat impression dengan dua cara berikut:
1. Cara Melihat Impression TikTok dengan Tools
Pertama, Anda bisa menggunakan tools tambahan. Salah satu tools yang bisa bantu Anda melihat grafik insight akun TikTok adalah Exolyt. Berikut cara menggunakan tools Exolyt untuk melihat insight yang di dalamnya juga menampilkan impression akun TikTok Anda:
- Pertama, kunjungilah website Exolyt.
- Selanjutnya, Anda harus melakukan registrasi agar bisa login ke website tersebut.
- Setelah berhasil melakukan pendaftaran, Anda harus memasukkan username akun TikTok yang ingin Anda lihat jumlah impression-nya.
- Tunggu beberapa saat hingga insight akun TikTok Anda teranalisa. Dalam tampilan tersebut, Anda bisa melihat data-data insight yang mencakup followers, impression, dan reach.
Bantuan tools ini adalah cara melihat impression TikTok untuk akun yang belum berubah menjadi bisnis atau pro. Jadi, jika Anda belum melakukan perubahan status akun TikTok, Anda bisa menggunakan tools untuk melihat performa akun Anda.
2. Melihat Impression Tanpa Bantuan Tools
Anda juga bisa melihat impression tanpa bantuan tools. Ini berlaku jika akun TikTok Anda sudah berubah status menjadi bisnis atau pro. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:
- Buka aplikasi TikTok, lalu login menggunakan username milik Anda.
- Selanjutnya, pilih menu profil, lalu klik titik tiga yang berada di sudut kanan atas layar.
- Kemudian, Anda akan diarahkan ke bagian menu “Pengaturan dan Privasi”, lalu klik “Alat Kreator” atau “Creator Tools”.
- Setelah itu, klik “Analytics”. Di menu ini, Anda akan melihat data-data seperti video views, profile views, likes, comments, dan share. Untuk melihat data-data tersebut, Anda bisa klik menu “Engagement” dan tunggulah hingga analisis data selesai.
Jika Akun milik Anda statusnya masih personal, Anda perlu mengubah menjadi akun bisnis dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
- Login ke aplikasi TikTok dengan memasukkan username dan password.
- Pilih menu profil, lalu klik titik tiga di pojok kanan atas layar.
- Selanjutnya, Anda harus memilih “Setting and Privacy”, lalu klik “Account”.
- Akan ada beberapa menu seputar pengaturan akun TikTok yang muncul. Anda harus memilih “Switch to Business Account”, lalu klik “Next”.
- Berikutnya, akan muncul menu “Choose a Category”. Pilihlah kategori yang relevan dengan konten-konten Anda.
- Setelah menentukan pilihan, klik “Next”. Kemudian, input alamat email, lalu klik “Confirm”.
- Kemudian, Anda harus mengisi bio, lalu klik “Create”. Setelah itu, akan muncul tampilan Profile Completed dengan keterangan “You’re All Set”.
Cara Meningkatkan Reach TikTok
Jika sudah mengetahui jumlah impression dan ternyata hasilnya tidak memuaskan, Anda bisa meningkatkan jumlah reach atau akun-akun TikTok yang berhubungan dengan konten Anda. Caranya tidak kalah mudah dari cara melihat impression Tiktok. Penasaran? Ikuti 4 cara berikut ini!
1. Gunakan Hashtag
Pertama adalah menggunakan hashtag dalam caption konten yang Anda unggah. Anda bisa memilih hashtag yang sedang populer dan relevan dengan konten Anda. Tujuannya agar konten Anda lebih mudah menjangkau banyak audiens.
Penggunaan hashtag pun bisa lebih dari satu. Semakin banyak dan relevan hashtag yang Anda gunakan, maka semakin tinggi jumlah reach akun TikTok Anda. Pastikan Anda menggunakan hashtag yang jumlah penggunanya juga banyak.
2. Kolaborasi
Cara kedua adalah kolaborasi. Ini termasuk salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah reach akun di TikTok. Anda bisa menentukan akun TikTok yang relevan dengan diri Anda.
Misalnya, Anda fokus pada review makanan. Maka content creator yang cocok adalah para food vlogger yang hobi me-review makanan, baik makanan pinggir jalan, makanan viral, atau makanan fancy.
Untuk memudahkan cara kedua ini, Anda harus terlebih dahulu menghubungi content creator tersebut. Katakan bahwa Anda berminat untuk berkolaborasi dengan mereka.
Setelah itu, pihak content creator akan memberikan tarif payment atau barter konten. Jika sudah saling setuju, Anda bisa menentukan jadwal pembuatan konten.
Content creator yang memiliki followers banyak akan memberikan dampak positif terhadap akun TikTok milik Anda. Selain jumlah kunjungan akun yang bertambah, tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah followers Anda juga akan bertambah. Apalagi jika konten-konten Anda menarik.
3. Live Streaming
TikTok juga menyediakan fitur Live Streaming. Biasanya, fitur ini digunakan oleh akun-akun bisnis untuk berjualan. Meski akun Anda bukan kategori bisnis, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan jumlah reach di TikTok.
Pilihlah kegiatan yang menarik untuk Anda jadikan sebagai konten Live Streaming. Misalnya, Anda membagikan aktivitas seputar menanam tanaman, bermain dengan hewan peliharaan, memasak, review makanan, dan kegiatan menarik lainnya.
Jangan lupa untuk berinteraksi langsung dengan audiens! Tujuannya agar audiens senang dan betah menonton Live Streaming akun TikTok Anda. Interaksi yang baik juga akan mendatangkan uang.
Di Live Streaming TikTok ada fitur gift. Di mana para penonton bebas memberikan gift berupa item tertentu yang bisa Anda tukarkan ke Dollar dengan transaksi penukaran minimal $10 per hari dan maksimal $1000 per hari.
Jadi, selain meningkatkan jumlah reach, Anda juga bisa mendapat bayaran dari fitur Live Streaming ini.
4. Mengadakan Giveaway
Terakhir adalah mengadakan giveaway atau bagi-bagi hadiah gratis. Pilihlah jenis hadiah yang menarik, agar jumlah pesertanya banyak. Jangan lupa untuk memberikan persyaratan seperti mewajibkan peserta mengikuti akun Anda, memberikan likes atau komentar, dan lainnya!
Yuk, Tingkatkan Impression TikTok!
Impression memiliki peran penting dalam perkembangan akun TikTok. Anda bisa mengikuti beberapa cara melihat impression TikTok seperti penjelasan di poin sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan jumlah jangkauan akun-akun lain terhadap konten Anda dengan mengikuti tips atau cara di atas.
Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.