cara melihat impression instagram

Cara Melihat Impression Instagram, Tingkatkan Efektivitas Pemasaran!

Impression Instagram merupakan fitur analitik di Instagram yang bisa Anda gunakan untuk melihat dan mengukur efektivitas konten yang Anda posting di Instagram. Fitur ini akan membantu Anda untuk melihat seberapa baik strategi pemasaran yang Anda buat di Instagram. Lalu, bagaimana cara melihat impression Instagram?

Apa Itu Impression Instagram?

Impression Instagram adalah jumlah tayangan konten Anda pada layar pengguna Instagram lain, baik itu followers Anda maupun bukan. Angka impression ini pun mencakup tayangan postingan yang mendapatkan reaksi pengguna maupun yang hanya lewat saja.

Jadi, ketika Anda melihat data jumlah impression postingan Anda sebesar 200, artinya postingan Anda telah tayang pada beranda maupun eksplor sebanyak 200 kali.

Fungsi mengetahui impression Instagram adalah untuk memudahkan Anda dalam menganalisis dan mengukur efektivitas kampanye pemasaran yang Anda lakukan di Instagram. Anda bisa melihat seberapa baik dan efektifnya setiap konten yang Anda posting di Instagram. 

Selain itu, Anda juga bisa membandingkan efektivitas impresi di setiap konten dan melihat konten apa yang lebih disukai oleh para pengguna Instagram. Untuk bisa melihat impression Instagram, Anda harus menggunakan akun Instagram bisnis. Cara melihat impression Instagram tidak bisa Anda lakukan melalui akun pribadi. 

Cara Melihat Impression Instagram

Sebelum membahas bagaimana cara melihat impression Instagram, Anda harus mengaktifkan fitur insight di Instagram. Selain itu, Anda juga bisa melihat impression Instagram melalui beberapa cara. Berikut adalah cara melihat impression Instagram yang bisa Anda lakukan:

1. Aktifkan Insight Instagram

Untuk mengakses fitur insight Instagram, Anda harus mengaktifkan fitur insight tersebut terlebih dahulu. Saat Anda mengaktifkan fitur insight di Instagram, maka akun Instagram Anda akan berubah menjadi akun publik atau akun bisnis. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur insight di Instagram:

  • Buka menu profil.
  • Klik garis tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Setting”.
  • Klik “Account”.
  • Pilih “Switch to professional account”.
  • Pelajari tentang ketentuan akun profesional, kemudian klik “Continue”.
  • Pilih kategori professional account yang Anda inginkan.
  • Aktifkan “Display on profile” jika ingin menampilkan kategori professional account yang Anda pilih di bio profil Anda, kemudian klik “Done”.
  • Pilih jenis kepemilikan akun sesuai dengan kategori yang Anda pilih. Ada 2 jenis kepemilikan akun yang bisa Anda pilih, yaitu “Creator” dan “Business”, kemudian klik “Next”.
  • Aktifkan “Promotional emails” jika Anda ingin mendapatkan penawaran terbaru dari Instagram tentang fitur professional account yang Anda aktifkan, kemudian klik “Next”.
  • Review informasi kontak yang akan Anda tampilkan di halaman profil Anda, kemudian klik “Next”.
  • Anda juga bisa menghubungkan akun Facebook Anda untuk tambahan informasi kontak di profil Anda.
  • Selesaikan tahap akhir pengaturan professional account Anda dengan melengkapi 5 tahap terakhir.

2. Cara Melihat Impression Akun Instagram

Ada 3 jenis impresi yang bisa Anda lihat di Instagram, salah satunya yaitu impresi akun. Berikut adalah cara melihat impression Instagram untuk akun yang Anda miliki:

  • Buka menu profil.
  • Klik garis tiga di pojok kanan atas. 
  • Pilih menu “Get insight”
  • Anda dapat melihat insight akun melalui data grafik dan angka yang disajikan. Data yang bisa Anda lihat yaitu jumlah pengikut, sorotan terbaru, interaksi akun, dan akun yang bisa Anda jangkau.

3. Cara Melihat Impression Story Instagram

Selain melihat impresi akun, Anda juga bisa melihat impresi dari story yang Anda buat. Berikut adalah cara melihat impresi story di Instagram:

  • Buka story Instagram yang telah Anda buat.
  • Klik fitur “Seen” yang ada di pojok kiri bawah.
  • Anda bisa melihat data insight story Instagram seperti jumlah jangkauan, jumlah orang yang melihat story Anda, dan interaksi yang dilakukan oleh pengguna di story Anda..

4. Cara Melihat Impression Postingan Instagram

Anda juga bisa melihat insight dari konten yang Anda posting di Instagram, seperti konten foto, video, dan reels. Berikut adalah cara untuk melihat insight postingan di Instagram:

  • Pilih postingan atau konten yang ingin Anda lihat impresinya.
  • Klik menu “View Insights” yang ada di bagian bawah konten tersebut.
  • Anda dapat melihat data insight, seperti jumlah pengguna yang menyukai konten Anda, jumlah komentar, dan jumlah jangkauan dari konten postingan tersebut.

Cara Meningkatkan Impression Instagram

Setelah mengetahui bagaimana cara melihat impression Instagram, Anda juga bisa menaikkan atau meningkatkan impression pada akun dan konten yang Anda buat. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan impression Instagram:

1. Pakai Gambar dengan Resolusi Tinggi

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menaikkan impression Instagram, yaitu meningkatkan kualitas postingan atau konten yang Anda buat. Salah satu aspek dari kualitas konten yang bagus adalah resolusi gambar atau video yang Anda upload.

Pastikan jika konten yang akan Anda upload, seperti foto, video, reels, maupun story memiliki resolusi yang tinggi dan tidak pecah. Konten dengan kualitas resolusi yang tinggi akan lebih disukai dan menarik bagi follower dan pengguna Instagram lainnya.

2. Gunakan Caption yang Menarik

Cara kedua untuk meningkatkan insight Instagram, yaitu dengan menggunakan caption yang menarik dan persuasif. Anda bisa menggunakan teknik copywriting untuk membuat caption yang menarik. 

Untuk bisa membuat copywriting yang menarik, Anda bisa mempelajari tentang penggunaan teknik copywriting yang baik dan benar. Anda juga bisa menggunakan kalimat-kalimat persuasif, testimoni, maupun kutipan dalam caption Anda.

3. Gunakan Hashtag

Hashtag merupakan salah satu komponen yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten Anda mudah ditemukan oleh para pengguna Instagram lainnya. Hal ini karena biasanya beberapa pengguna menggunakan hashtag, jika ingin menemukan atau mencari konten tertentu di Instagram.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan hashtag apa, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu di Google Trends untuk mengetahui kata kunci apa yang sedang populer saat ini.

4. Pakai Sistem “Feed Theme”

Jika Anda ingin menggunakan Instagram sebagai media pemasaran produk atau layanan jasa, Anda harus memperhatikan konsep dan estetika feed. Feed adalah kumpulan konten yang Anda posting dan tampil di halaman profil Anda.

Untuk membuat feed Anda lebih menarik, Anda bisa mengatur konsep feed yang akan Anda tampilkan di halaman profil Anda. Anda bisa mengatur warna, jenis gambar, dan jenis konten yang akan Anda upload, agar feed Anda bisa terlihat rapi dan menarik.

5. Lakukan Kolaborasi

Cara untuk meningkatkan reach Instagram selanjutnya, yaitu lakukan kolaborasi dengan akun Instagram lainnya. Anda bisa melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan akun Instagram lainnya untuk membuat konten promosi yang menarik.

Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu, lakukan kolaborasi dengan akun yang sudah memiliki impression Instagram yang tinggi. Anda bisa melihat impression akun Instagram orang lain dari jumlah pengikut, like, dan komen di setiap postingan.

6. Beriklan di Instagram

Cara terakhir untuk meningkatkan impression Instagram, yaitu melalui beriklan di Instagram. Anda bisa memanfaatkan fitur promosi berbayar yang ada di Instagram untuk menaikkan impresi konten Anda.

Sudah Paham Cara Melihat Impression Instagram?

Ada beberapa cara melihat impression Instagram yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mengetahui impresi akun, story, maupun konten yang Anda posting. Namun sebelum itu, Anda harus mengubah pengaturan akun Instagram Anda ke pengaturan publik.  Selamat mencoba!

Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin