Bagaimana cara melihat impression di Facebook? First impression biasanya akan menentukan seperti apa keputusan atau langkah berikutnya yang diambil. Inilah mengapa impression pada media sosial atau digital marketing perlu Anda perhatikan.
Bagi Anda yang memang aktif di media sosial maupun website, istilah ini seharusnya tidak asing. Namun bagi yang belum familiar, berikut artikel ini akan membagikan informasi penting termasuk bagaimana cara Anda meningkatkan impression.
Contents
Apa Itu Impression Facebook?
Impression merupakan istilah yang dipakai untuk melihat jumlah keterlibatan audiens terhadap suatu konten. Istilah ini juga ada yang menyebutnya sebagai ad view. Melalui impression ini, Anda bisa menentukan berapa besar biaya iklan pada sebuah media sosial maupun website.
Metrik ini bukan sekadar mengukur seberapa banyak dan sering audiens mengklik konten Anda. Ini berkaitan dengan seberapa sering pengguna tersebut melihat konten yang Anda buat.
Impression juga dipakai untuk melihat seperti apa performa konten berdasarkan beberapa aspek:
- berapa banyak konten muncul di website atau media sosial,
- jumlah konten dari CTA atau call to action pada sebuah website,
- jumlah tayangan berdasarkan akses pihak ketiga, misalnya content aggregator,
- pay per click.
Pada Facebook Ads, Anda bisa melihat pengeluaran yang kemungkinan besar akan Anda keluarkan. Ini karena sistem pembayaran yang sering dipakai yaitu CPM atau Cost per mile.
Cara Melihat Impression di Facebook
Sebenarnya melihat impression Facebook bisa Anda lakukan dengan beberapa cara, yaitu:
1. CTR atau Click-through Rate
Cara pertama untuk mengecek impression di Facebook yaitu berdasarkan CTR. CTR adalah persentase user internet yang mengklik konten Anda daripada hanya sekadar melihatnya.
Lalu bagaimana ketika konten yang Anda pasang mempunyai impression tinggi namun CTR yang dimilikinya rendah? Ini menandakan konten milik Anda kurang menarik.
Jadi, Anda perlu melakukan evaluasi terhadap konten tersebut. Misalnya dengan melihat kembali target audiens-nya apakah sudah sesuai. Dengan begitu, CTR-nya nanti perlahan akan meningkat.
Sementara itu, rumus menghitung CTR = Click/Impression x 100%.
2. CPM atau Cost per Mile
Cara melihat impression di Facebook bisa juga berdasarkan CPM atau Cost per mile. Istilah ini berkaitan dengan berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan pada setiap 1.000 tayangan iklan. Sebagai pengiklan atau marketer, sangat penting memahami bagaimana cara Anda menghitungnya.
Untuk rumus penghitungannya yaitu Cost/Impression x 100%. Secara ideal, ketika CPM rendah menandakan performanya semakin baik.
Cara Meningkatkan Impression di Facebook
Setelah memahami cara melihat impression di Facebook dan ternyata rendah, bagaimana cara meningkatkannya? Berikut tips penting untuk membuat impression Facebook meningkat:
1. Memahami Target Audiens
Ketika jangkauan konten Anda meningkat, maka awareness pengguna mengenai brand maupun produk juga meningkat. Di sini, Anda perlu memperluas jangkauan konten Anda sebanyak mungkin ke konsumen.
Alasannya, karena meskipun Anda sudah memperoleh 1.000 impression, tidak menjamin seluruh pengguna langsung tertarik pada produk atau brand. Anda perlu melihat jenis konten apa yang viral dan banyak dibagikan pengguna, khususnya target Anda.
Inilah pentingnya melihat engagement dari konten-konten tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih paham apa yang menjadi keinginan konsumen.
2. Mengecek Engagement secara Teratur
Pada saat impression meningkat, biasanya engagement juga meningkat karena konten Anda lebih sering tampil serta dibagikan oleh pengguna. Hal tersebut menandakan konten Anda sudah dioptimasi secara baik di Facebook sesuai target audiens.
Bagaimana jika sebaliknya? Anda perlu mengecek kembali engagement-nya. Ini sangat penting karena engagement yang meningkat akan berdampak positif pada impression konten Anda di Facebook.
3. Menghadirkan Konten yang Akan Dilihat Berkali-kali
Seperti penjelasan sebelumnya, impression berkaitan dengan seberapa sering pengguna melihat konten Anda. Selain tahu cara melihat impression di Facebook, Anda juga perlu tahu cara meningkatkannya dengan cara menghadirkan konten yang membuat audiens tidak cukup mengkliknya sekali saja.
Jadi, Anda harus menghadirkan konten yang mendorong audiens tersebut melihatnya kembali. Misalnya membuat konten polling.
Para audiens tersebut akan melihat konten Anda kembali untuk mengetahui hasil polling. Apalagi ketika polling yang Anda buat menarik perhatian serta mengandung sesuatu yang memang semua orang ingin mengetahuinya. Cara ini cukup efektif sehingga perlahan impression akan meningkat.
4. Menghadirkan Konten Seputar Tips Praktis
Salah satu konten yang terkenal dengan impression-nya yang tinggi yaitu konten seputar tips praktis maupun tutorial. Biasanya para audiens akan menyimpan konten tersebut pada bookmark. Kemudian mereka bisa melihatnya sewaktu-waktu.
Misalnya Anda membuat konten seputar video memasak, audiens tidak dapat langsung mempraktikkan apa yang tertera di video. Maka dari itu, mereka menyimpannya terlebih dahulu dan akan melihatnya kembali ketika sudah siap memasak.
5. Membuat Konten Menghibur
Cara melihat impression yang tinggi di Facebook juga bisa Anda lakukan dengan membuat konten yang sifatnya menghibur. Ketika Anda menemukan konten yang lucu, tentu Anda ingin langsung membagikannya, kan? Bisa juga Anda akan menyimpan konten tersebut untuk Anda tonton kembali nanti.
Itulah mengapa konten yang memiliki unsur humor atau sifatnya menghibur dapat meningkatkan impression.
6. CTA yang Kuat
Ketika Anda sudah menerapkan konten sesuai tips di atas, ada hal lain yang juga perlu Anda lakukan. Anda dapat menguatkan CTA atau call to action. CTA tersebut harus mendorong lebih banyak audiens untuk mengklik fitur bookmark atau Simpan pada konten Anda.
Bagaimana ketika tidak ada CTA? Maka hanya pengguna tertentu yang nanti langsung bergerak melakukannya. Untuk itu, Anda dapat mendorong lebih banyak audiens dengan menghadirkan CTA. Misalnya dengan kalimat “jangan lupa simpan konten ini agar bisa menjadi reminder!”.
7. Membuat Konten Seputar Games
Berikutnya Anda juga dapat membuat impression FB meningkat dengan banyak menghadirkan konten seputar games. Misalnya kuis, tebak-tebakan, giveaway, dan sebagainya. Tentu saja Anda perlu menyiapkan hadiah sehingga para calon konsumen semakin tertarik.
Anda dapat meminta mereka untuk menandai beberapa akun temannya. Bisa juga meminta mereka membagikan postingan. Dengan cara ini, semakin banyak orang melihat serta ikut membagikan konten Anda.
8. Pasang Iklan
Cara terakhir dan sifatnya non-organik ini juga bermanfaat meningkatkan impression. Anda dapat memanfaatkannya dengan menyesuaikan target audiens serta marketing objective. Melalui iklan, Anda juga lebih bisa menjangkau banyak target.
Perbedaan Impression dengan Reach
Setelah mengetahui cara melihat impression di Facebook, Anda mungkin akan menemukan aspek analitik lain bernama reach. Apa perbedaan antara keduanya? Sebenarnya perbedaan keduanya bisa Anda lihat pada “lihat” dan “tampil”.
Maksudnya, reach adalah jumlah orang melihat konten Anda. Sementara impression merupakan total konten Anda tampil dan muncul di layar para pengguna internet.
Misalnya, Anda mengunggah foto di Facebook tiga hari lalu. Ketika Anda mengeceknya sekarang, ternyata foto Anda memperoleh 500 impression dan 100 reach. Artinya, sebanyak 100 orang melihat foto Anda dan 500 kali foto tersebut tampil di Facebook orang lain.
Sudah Paham Cara Melihat Impression di Facebook?
Demikian cara melihat impression di Facebook. Memang bukan sesuatu yang paling penting. Namun Anda tetap perlu melihatnya untuk mengetahui apakah konten Anda mampu menarik minat audiens atau sebaliknya. Semoga bermanfaat.
Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.