Jika Anda melihat beranda media sosial di platform mana saja, maka Anda sadar bahwa ada banyak brand-brand bisnis dari segala bidang usaha muncul di setiap laman atau beranda. Besarnya peluang media sosial ini membuat banyak pebisnis ingin belajar tentang apa itu social media marketing, demi mengembangkan bisnis.
Contents
Apa itu Social Media Marketing?
Pada dasarnya, social media marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan dengan media sosial. Social media marketing merupakan rangkaian promosi yang bertujuan menciptakan kunjungan dari pengguna media sosial terhadap sebuah brand bisnis.
Sama dengan jenis pemasaran lainnya, media sosial ini menjadi wadah untuk para brand bisnis membagikan branding produk mereka dan menciptakan brand awareness.
Social media marketing ini menjadi cara memasarkan produk bisnis melalui berbagai fitur posting yang ada di setiap platform media sosial. Biasanya, setiap perusahaan akan berupaya membuat konten yang menarik audience secara berkala.
Alhasil, terciptalah electronic word-of-mouth atau komentar-komentar audience terhadap sebuah brand sebagai bentuk feedback, yang akan terus mereka bicarakan dan rekomendasikan di kanal media sosial.
Bahkan, sebagian pengguna akan membagikan pesan promosi ini dalam akun media sosial mereka sendiri. Akhirnya, brand bisnis tersebut bisa mendapatkan atensi yang semakin luas dari pengguna media sosial lainnya.
Seperti efek domino yang tiada habisnya, dampak promosi pada media sosial ini menjadi lini marketing yang luas dan sangat menjanjikan. Inilah mengapa banyak pebisnis yang akhirnya ikut mencari tahu apa itu social media marketing.
Manfaat Social Media Marketing
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengoptimalkan social media marketing. Dampak positif dari mengelola sosial media sebagai strategi marketing ini sudah sering dijalankan oleh banyak perusahaan.
Terutama karena tingginya peluang yang ada membuat sebuah brand bisnis bisa lebih mudah dikenal dan meningkatkan penjualan mereka. Berikut manfaat lain dari pemasaran ini:
1. Mudah dan Hemat Biaya
Salah satu hal yang paling banyak dipertimbangkan oleh banyak orang adalah cara mempromosikan melalui media sosial ini jauh lebih efektif. Anda bisa merencanakan strategi marketing untuk brand bisnis mulai dari menargetkan pasar, hingga menyusun konten hanya melalui perangkat online.
Anda tidak perlu lagi membuat promosi offline yang dilakukan secara besar-besaran. Hal baiknya, ini juga mampu mengurangi biaya pengeluaran Anda. Setidaknya, melalui social media marketing, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mobilitas, akomodasi, dan properti lainnya.
Tak hanya itu saja, kemudahan ini juga memungkinkan perusahaan untuk bekerja lebih optimal dan efektif. Semua strategi marketing bisa dijalankan dengan jauh lebih cepat, mudah dan kreatif melalui media online.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Kesadaraan audiens akan brand bisnis Anda bisa membuat efek jangka panjang yang positif dan memengaruhi penjualan produk tersebut. Hal ini tentu yang menjadi harapan bagi banyak merek bisnis dari segala bidang.
Brand awareness ini bisa Anda dapatkan dengan mengoptimalkan media sosial sebagai wadah promosi bisnis Anda. Sehingga, penting untuk menyusun strategi marketing yang tepat, supaya brand awareness pada bisnis Anda semakin meningkat. Ini juga memungkinkan Anda untuk menemukan pembeli potensial.
3. Memperluas Jangkauan
Penting bagi para pebisnis mengetahui apa itu social media marketing guna menyusun strategi promosi dan mengembangkan jangkauan promosi. Memperluas jangkauan ini berguna bagi perusahaan besar, maupun bisnis kecil seperti UMKM sekalipun.
Media sosial sendiri merupakan platform yang mampu menjangkau audience secara luas, menyeluruh, dan cepat. Ini membuat setiap proses promosi menjadi jauh lebih efektif. Terlebih lagi, media sosial itu sendiri memiliki algoritma yang cepat, terstruktur, dan sesuai dengan target pasar.
Sistem pada media sosial ini akan menyortir konten dan memunculkannya sesuai minat setiap pengguna. Tak hanya itu saja, adanya efek word-of-mouth juga membuat jangkauan konten setiap brand bisnis semakin luas lagi.
4. Mudah dalam Menganalisis Pasar
Manfaat lainnya dari mengetahui apa itu social media marketing adalah adanya kemudahan dalam menganalisis pasar. Saat ini, semua platform media sosial memiliki fitur yang memudahkan pengguna bisnis untuk melakukan analisis pasar.
Anda bisa mendapatkan keuntungan dari data analitik terhadap wawasan pengguna dengan cara yang lebih mudah. Tak jarang kita juga mampu menganalisis, semua wawasan tentang audiens.
Seperti gender, umur pengguna yang tertarik dengan konten, apa yang mereka sukai, dan apa kebiasaan yang tidak disukai oleh audiens. Seberapa tinggi respon audience juga bisa Anda ketahui dengan mudah hanya dengan melihat persentase hasil analitik setiap media sosial.
5. Meningkatkan Loyalitas dan Kepercayaan
Adanya kesadaran akan eksistensi brand bisnis juga mampu membangun citra yang baik terhadap perusahaan yang bersangkutan. Brand bisnis dengan strategi marketing yang baik mampu membangun brand awareness yang membuat audiens akan secara konsisten mengingat dan melakukan kunjungan.
Hal ini juga membantu audiens untuk semakin percaya dan ingat terhadap brand Anda setiap kali mereka butuh. Kepercayaan yang telah terbangun akan terus membuat audiens loyal dan bahkan merekomendasikan brand Anda kepada orang lain.
6. Optimalkan Penjualan
Inti dari memahami tentang apa itu social media marketing adalah supaya setiap pelaku bisnis mampu menjangkau lebih banyak calon pembeli dan meningkatkan penjualan omset brand tersebut.
Sebuah strategi marketing akan menjadi sempurna ketika calon pembeli akhirnya mempercayai brand Anda dan melakukan repurchase untuk mendapatkan produk bisnis. Adanya siklus pembelian ulang ini akan memberikan dampak yang besar dalam peningkatan omset sebuah perusahaan.
Contoh Social Media Marketing
Ada banyak sarana media sosial yang baik untuk menjadi wadah marketing, sebab jangkauan audiensnya juga sangat luas.
Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, Pinterest, Snapchat, hingga WhatsApp, merupakan media sosial yang paling sering digunakan. Hampir semua media sosial ini menyediakan fitur yang memudahkan strategi bisnis Anda. Berikut contoh fitur yang bisa Anda gunakan:
1. Ads
Apa artinya social media marketing jika Anda tidak menggunakan fitur Ads atau iklan?. Dengan menggunakan iklan yang tersedia di setiap media sosial, akan mempermudah branding Anda. Hasilnya, konten promosi akan mampu menjangkau lebih banyak pengguna berkali-kali lipat dari sebelumnya.
2. Influencer
Jika Anda merasa kurang puas dengan hasil iklan, maka salah satu strategi marketing dengan media sosial lainnya adalah membangun kerjasama dengan influencer.
Dengan memanfaatkan peluang ini, memungkinkan Anda mendapatkan pengguna yang lebih spesifik dan memiliki kepercayaan terhadap influencer dan juga brand bisnis Anda.
Sudah Paham Apa itu Social Media Marketing?
Melihat banyaknya keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengoptimalkan social media marketing ini menjadi alasan utama perusahaan lebih banyak menekankan strategi pemasaran ini.
Tak hanya mempermudah, tapi juga sangat efektif sebagai wadah promosi untuk meningkatkan penjualan bisnis dalam bidang apapun. Lebih menarik lagi, Anda juga bisa lebih banyak melakukan variasi konten yang kreatif, karena media sosial mampu mengembangkan tren dengan pesat. Jadi, tunggu apa lagi?
Dapatkan berbagai informasi tentang social media lainnya hanya di Virus Media.