apa itu social media management

Apa Itu Social Media Management? Ini Dia Manfaatnya untuk Bisnis!

Banyak pebisnis pemula bahkan senior yang masih menganggap remeh bahkan acuh dengan apa itu social media management. Padahal, jika Anda mau memahami hal ini dan menerapkannya dengan benar, pastinya dapat berdampak pada kemajuan dan peningkatan bisnis yang Anda kelola. Mari simak lebih dalam di sini!

Apa Itu Social Media Management?

Pada dasarnya, untuk mendukung eksistensi sebuah bisnis di era digital seperti sekarang, sosial media memiliki peranan yang cukup besar. Seperti peluang besar membuat pengguna menjadi pelanggan, serta banyak manfaat lain yang bisa Anda manfaatkan untuk perkembangan bisnis.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu seluk beluk sosial media, cara pengembangannya, dan penyesuaiannya untuk bisnis serta tools powerful dalam sosial media yang Anda gunakan. Ini juga yang membuat banyak pebisnis mulai mempelajari apa itu social media management untuk mampu memaksimalkan akun sosial media bisnisnya.

Karena dalam manajemen ini sudah mencakup berbagai hal terkait penggunaan sosial media, pengelolaan, pengawasan, hingga pemanfaatan tools penting sosial media. Seluruh proses digital marketing juga akan sangat terbantu dengan memahami cara manajemen sosial media yang benar.

Sehingga tak heran jika banyak bisnis startup bahkan bisnis berkembang yang terbatas dalam jumlah tim memilih menggunakan jasa expert social media manager. Tentu saja dengan harapan sosial media bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan bisnis masih bisa berjalan bahkan terus berkembang.

Manfaat Social Media Management

Secara sekilas mungkin Anda sudah bisa menggali betapa bermanfaatnya memahami apa itu social media management. Contohnya seperti beberapa manfaat manajerial sosial media di bawah ini:

1. Membangun Branding Image 

Tergantung konsep dan konten yang Anda kembangkan, manajerial sosial media yang baik pastinya akan membantu membangun brand image untuk perusahaan maupun produk. Penyebaran informasi yang lebih cepat dan luas juga bisa menjadi peluang efektif untuk target pasar yang Anda inginkan.

2. Efektifitas Mengenalkan Produk Baru

Ketika mempelajari manajerial sosial media, pastinya akan membantu Anda lebih efektif dalam mengenalkan produk baru. Karena melalui sosial media, brand awareness (kesadaran terhadap brand atau produk) bisa menyebar lebih cepat dan lebih luas.

3. Efektifitas Promosi Produk

Peningkatan kesadaran produk dari para calon customer tertarget, pastinya akan membantu meningkatkan peluang produk baru terjual lebih cepat. Sosial media juga menyediakan tools yang cukup bermanfaat, yakni iklan atau ads yang bisa Anda filtrasi target pemasarannya.

4. Menunjukkan Produk Bisa Jadi Solusi untuk Pelanggan

Sudah semestinya pembuatan sebuah produk memiliki ide atau gagasan untuk menyelesaikan (solusi) dari sebuah masalah yang pelanggan alami. Sehingga dengan memahami apa itu social media management, Anda bisa menunjukkan produk adalah solusi untuk masalah para pelanggan.

5. Memaksimalkan Penyebaran Informasi Pada Audiens Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, penyebaran informasi jadi salah satu hal yang krusial. Terutama bagi sebuah produk baru yang butuh perkenalan dan penyebaran yang massive. Tujuannya untuk membuat calon pelanggan penasaran dengan produk yang Anda pasarkan dan tertarik membelinya.

6. Meningkatkan Eksistensi Online

Pengelolaan konten media sosial secara benar dan teratur, akan meningkatkan kehadiran dan eksistensi online. Tujuan eksistensi online sudah pasti untuk meningkatkan exposure, agar perusahaan atau produk yang Anda pasarkan audiens temukan.

7. Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Melalui manajerial media sosial yang benar, ada chance untuk memperbaiki atau memperkuat hubungan dengan para pelanggan. Karena dalam sosial media kontak dengan para pelanggan juga bisa lebih massive, sehingga pelanggan akan merasa lebih dekat dengan bisnis.

8. Memantau Kompetitor

Jika sudah memahami apa itu social media management, bisnis yang Anda kelola bisa lebih mudah untuk memantau kompetitor. Karena dengan aktivitas yang sama dan tertuang dalam sosial media, tidak hanya pelanggan yang melihat, namun juga bisa Anda manfaatkan untuk menganalisis kompetitor.

9. Meningkatkan Omzet Penjualan

Tak hanya butuh produk yang berkualitas dan marketing yang massive, Anda juga perlu terlihat profesional melalui sosial media yang Anda jalankan. Melalui keaktifan, konsistensi, dan konten yang menarik, pastinya juga akan mempengaruhi omzet penjualan dari bisnis Anda.

Peran Penting Social Media Management

Memahami apa itu social media management sedikit banyak akan membantu perkembangan bisnis jadi lebih baik. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya berbagai peranan penting manajemen media sosial dalam dunia bisnis, contohnya seperti:

1. Membangun Media Promosi yang Baik

Manajerial sosial media sangat Anda butuhkan untuk melakukan promosi atau kampanye sebuah produk maupun jasa. Melalui berbagai tools yang tersedia, Anda bisa melakukan berbagai strategi pemasaran yang lebih efisien. Selain efisien terkait proses dan hasil, efisiensi promosi sosial media juga berlaku untuk budgeting.

2. Meningkatkan Visitabilitas Produk atau Bisnis

Visitabilitas bisnis sangat penting dan harus dikembangkan untuk kebaikan bisnis ke depannya. Untungnya, dengan memahami dan memanfaatkan social media management yang tepat, visibilitas bisnis pasti juga akan ikut naik.

3. Memperluas Jaringan dan Jangkauan Bisnis

Melalui sosial media, bisnis juga bisa memperluas jangkauan dan jaringan bisnisnya dari lingkup yang sebelumnya Anda capai. Selain itu, manajemen yang tepat akan membantu perluasan jaringan bisa Anda targetkan pada pelanggan maupun mitra yang lebih potensial.

4. Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Seperti yang sudah disinggung di bab sebelumnya. Ketika memahami apa itu social media management, Anda juga dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan. Tentu saja, Anda perlu melakukan banyak interaksi dua arah dengan pelanggan untuk memahami kekuatan dan kelemahan bisnis agar dapat Anda perbaiki.

5. Media Pengumpulan Basis Data Pelanggan

Banyak yang tidak sadar bahwa dalam bisnis apapun, basis data pelanggan adalah hal yang cukup penting dan dapat mempengaruhi perkembangan bisnis. Melalui basis data tersebut, bisnis dapat meraup pasar yang lebih luas, memahami pelanggan, serta membuat strategi pemasaran paling efektif untuk masing-masing pelanggan.

6. Meletakkan Portofolio

Bentuk portofolio dalam sebuah bisnis bisa dalam berbagai bentuk, baik melalui katalog produk, kredibilitas melalui berbagai penghargaan, maupun testimoni dari pelanggan. Nah, dengan memahami manajemen social media, Anda dapat memaksimalkan penggunaannya sebagai media portofolio.

Tugas Utama Social Media Management

Dalam mengatur dan mengelola sosial media perusahaan, ada beberapa poin penting yang harus tim divisi ini lakukan. Berikut beberapa tugas utama dari tim social media management:

  • Membuat strategi media sosial (mencakup tujuan, target audiens, konsep, content planning, jadwal upload, dan lain sebagainya).
  • Pembuatan konten media sosial.
  • Pengawasan dan pengelolaan publikasi konten.
  • Melakukan interaksi dengan audiens (mencakup komentar, reaction, dan membalas pesan masuk).
  • Memantau dan menganalisis kinerja sosial media.
  • Memantau media sosial kompetitor.
  • Pengelolaan dan pengadaan iklan media sosial (mencakup filtrasi target, analis hasil, dan pembuatan strategi pemasaran digital untuk sosial media).

Anda Sudah Paham dengan Apa Itu Social Media Management?

Nah, itulah beberapa informasi penting terkait social media management, manfaat dan juga peranannya untuk bisnis. Setelah mengetahui detail informasi tersebut, apakah menurut Anda sosial media bisnis yang Anda kelola sudah berjalan dengan semestinya?

Dapatkan berbagai informasi tentang social media lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin