Tak dipungkiri lagi, pemanfaatan social media dalam strategi marketing sudah merajalela. Para pemilik brand berlomba-lomba untuk membuat social media campaign yang dinilai cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness dan consideration pada masyarakat. Tunggu dulu, apa itu social media campaign? Baca lebih lanjut!
Contents
Apa itu Social Media Campaign?
Masih ingat dengan kampanye #MoveOnBro dari brand shampoo ternama Head & Shoulders? Ini adalah salah satu bentuk dari kampanye media sosial dengan tujuan mengajak konsumen untuk beralih ke Head & Shoulders, sampo anti ketombe nomor 1 di dunia. Lebih dari 1 juta konten menggunakan tagar ini untuk turut berpartisipasi.
Singkatnya, social media campaign merupakan teknik pemasaran untuk memperkuat branding dari sebuah produk dengan menggunakan media sosial. Banyak sekali brand yang menggunakan kampanye media sosial ini dengan konsep yang unik dan menarik.
Pemilihan platform media sosial yang tepat juga bisa menjadi faktor penting suksesnya kampanye ini. Anda bisa memilih beberapa platform, seperti Instagram, TikTok, Facebook, hingga Twitter.
Social media campaign ini dibutuhkan agar pesan yang disampaikan oleh setiap brand dapat diterima dengan baik. Dengan begitu, jangkauan produk terhadap konsumen lebih banyak sekaligus akan memengaruhi peningkatan penjualan.
Lalu, apa saja manfaat dari social media campaign bagi produk atau jasa Anda? Temukan jawabannya berikut ini!
Manfaat Social Media Campaign
Seberapa penting penggunaan kampanye media sosial bagi pelaku bisnis? Jika Anda memanfaatkan fitur sosial media secara tepat, ini bisa menjadi platform yang sangat bermanfaat untuk menunjang popularitas suatu produk dan atau layanan yang Anda miliki.
Untuk memberi gambaran seputar apa saja manfaat dari social media campaign yang bisa Anda dapatkan, berikut kami bagikan ulasannya.
1. Hemat Biaya
Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ketika membuat social media campaign adalah menghemat anggaran Anda. Kenapa? Anda cukup membuat akun media sosial secara gratis tanpa biaya. Benarkah begitu?
Memang benar, kampanye media sosial merupakan teknik marketing yang efisien dan efektif dengan biaya yang relatif rendah. Berbagai pilihan platform tersedia dengan akses gampang dan secara cuma-cuma. Anda juga bisa memanfaatkan fitur promosi berbayar dengan harga yang bervarian.
2. Menciptakan Hubungan Baik antara Brand dengan Konsumen
Dengan perkembangan digital yang semakin pesat, media sosial menjadi platform yang tidak hanya menjadi tempat untuk berbagi foto dan informasi saja. Media sosial juga bisa menjadi wadah yang tepat untuk membangun value dan hubungan baik antara brand dan pelanggan.
Terlebih lagi, pertumbuhan pengguna media sosial yang semakin banyak setiap harinya membuat tujuan dari kampanye ini bisa berjalan dengan mulus. Anda bisa meningkatkan brand awareness yang tinggi pada konsumen dengan menciptakan konten yang berkualitas dan mudah dipahami.
3. Memperluas Jangkauan Konsumen
Dengan melakukan kampanye melalui sosial media, Anda bisa mengatur target pemasaran lebih bijak sesuai dengan keadaan pasar. Siapapun bisa mengakses sosial media mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kapanpun dengan mudah.
Melihat hal tersebut, target konsumen yang Anda tuju dapat meluas tidak terbatas. Anda dapat memaksimalkan penggunaan kampanye ini untuk mendapatkan kesempatan jangkauan pemasaran produk sebanyak mungkin pada konsumen.
4. Strategi Marketing yang Terukur
Manfaat lain social media campaign adalah memudahkan Anda dalam mengukur sejauh mana keberhasilan itu tercapai. Hal ini dikarenakan kampanye media sosial dirancang khusus secara struktural dan jelas. Semua aspek sudah diperhitungkan secara akurat.
Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial untuk mengetahui berapa banyak konsumen yang turut serta berpartisipasi dalam kampanye tersebut. Selain itu, fitur-fitur tersebut bisa mengukur tingkat konsumen yang berinteraksi dan mengunjungi laman resmi Anda.
5. Meningkatkan Penjualan
Dengan jangkauan yang lebih luas, output dari social media campaign adalah menghasilkan kenaikan pada penjualan sekaligus brand semakin dikenal oleh masyarakat. Ide kampanye yang interaktif dan persuasif akan menarik perhatian konsumen untuk turut berpartisipasi dengan kampanye tersebut.
Inilah mengapa banyak pebisnis terus memunculkan kampanye yang menarik di sosial media. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari social media campaign untuk mencapai keberhasilan suatu brand.
Contoh Social Media Campaign yang Menarik
Nah, Anda telah mengetahui kampanye media sosial dan manfaatnya. Kini, kami akan bagikan beberapa contoh social media campaign yang menarik dari brand-brand ternama yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, sebagai berikut:
1. Tokopedia “Selalu Ada, Selalu Bisa”
Jika Anda mencari contoh social media campaign yang menarik, Tokopedia bisa Anda jadikan sebagai inspirasi terbaik. Dengan meluncurkan tagline “Selalu Ada, Selalu Bisa”, platform ini berhasil menarik banyak minat pelanggan. Selain itu, Tokopedia juga kerap sekali berkolaborasi dengan artis-artis Korea.
Tujuan kampanye ini adalah menunjukkan sebuah platform yang handal untuk memenuhi segala kebutuhan, baik itu belanja bulanan, investasi, pembayaran digital, dan lain sebagainya. Apapun bisa terpenuhi di aplikasi hijau ini. Cukup menarik, bukan?
2. Wardah “Beauty Moves You”
Contoh social media campaign yang menarik selanjutnya adalah dari brand Wardah. Siapa sih yang tidak mengenai brand kecantikan lokal satu in yang sukses dengan kampanye “Beauty Moves You”. Wardah meluncurkan tagline ini dengan tujuan untuk membawa dampak yang baik dalam menciptakan ekosistem yang inovatif.
Wardah juga membuat slogan “Halal Green Beauty” dengan mengenalkan rangkaian produk kecantikan yang halal dan tidak menggunakan kandungan yang berbahaya bagi konsumen. Benar saja, sekarang Wardah menjadi salah satu produk lokal terlaris dan menjadi incaran para wanita.
3. Indomie “Indomie Seleraku”
Setiap melihat Indomie di warung atau supermarket, pasti Anda terngiang-ngiang dengan jingle “Indomie Seleraku”. Brand mie instan ini berhasil membuat tagline yang khas serta selalu berinovasi dengan meluncurkan varian mie yang beragam.
Kampanye media sosial dari Indomie mampu menarik perhatian masyarakat dalam memperkenalkan cita rasa mie instan yang lezat. Hasilnya, produk mie instan ini tersebar luar di seluruh penjuru negeri, bahkan dunia dengan harga yang terjangkau.
4. Erigo “Stop Asian Hate”
Satu lagi campaign yang menarik yang bisa jadi referensimu yaitu dari brand Erigo. Brand fashion lokal Erigo menampilkan campaign dengan tagline “Stop Asian Hate” yang sudah melebarkan sayapnya di Billboard Times Square, Amerika Serikat.
Kampanye ini menyelipkan pesan untuk menolak isu terhadap rasisme yang sedang ramai saat ini. Erigo juga menggandeng sederet selebriti papan atas untuk tampil di acara Paris Fashion Week 2022 lalu. Produknya kini sudah sukses menjadi salah satu rekomendasi pakaian dengan kualitas terbaik serta memberikan kenyamanan ekstra.
Jadi, Sudah Mengerti Apa itu Social Media Campaign?
Penggunaan social media campaign sangat berpengaruh dalam menentukan kesuksesan suatu brand. Namun, yang perlu diingat adalah Anda harus menentukan tujuan dan pesan dari kampanye yang Anda buat. Sehingga, para konsumen akan semakin penasaran dan tertarik dengan brand Anda. Tunggu apalagi? Kreasikan kampanye brand Anda semenarik mungkin dan dapatkan engagement dari konsumen lebih besar!
Dapatkan berbagai informasi tentang social media lainnya hanya di Virus Media.