apa itu social media agency

Apa Itu Social Media Agency dan Manfaatnya untuk Sebuah Bisnis

Di zaman yang serba digital ini, setiap pelaku usaha mulai sadar bagaimana pentingnya media sosial untuk pemasaran produk mereka. Banyak perusahaan  bahkan mulai menggunakan social media agency. Lantas, apa itu social media agency dan apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan? Simak terus artikel ini!

Apa Itu Social Media Agency?

Social media agency atau yang kerap memiliki nama agensi digital marketing adalah sebuah perusahaan pihak ketiga yang memiliki spesialis di bidang media sosial.  Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang digital marketing, konten, dan bagaimana meningkatkan reputasi yang baik di media sosial.

Karena keahlian inilah banyak perusahaan yang mempercayakan bisnisnya kepada agensi social media untuk mengurusi akun media sosial mereka. Tentu saja, jasa ini tidak mereka lakukan secara cuma-cuma. Oleh karena itu, agensi social media memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan di era ini.

Sebuah agensi social media yang baik akan memiliki tanggung jawab penuh untuk digital branding klien mereka, yakni perusahaan yang menyewa jasa mereka. Agensi social media tidak akan bekerja sendiri, tentu mereka akan melaraskan diri dengan visi kilen.

Maka dari itu, jika Anda menggunakan jasa agensi digital marketing, Anda perlu merundingkan imej yang perusahaan Anda ingin berikan bersama agensi tersebut. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

Manfaat Social Media Agency

Setelah tahu apa itu social media agency, langkah selanjutnya yang Anda bisa lakukan adalah memahami serangkaian manfaat dari menggunakan jasa tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan mengenai pentingnya menggunakan agensi social media untuk bisnis Anda:

1. Memberikan Persona Perusahaan yang Baik di Media Sosial

Bagi sebuah perusahaan, social media presence atau digital branding adalah segalanya di masa kini. Media sosial memegang peranan yang besar dalam meningkatkan reputasi sebuah brand.

Namun, tidak semua perusahaan memiliki kapabilitas untuk melakukan hal ini. Maka dari itu, perusahaan perlu menggunakan apa itu social media agency untuk memberikan persona yang baik.

Percaya atau tidak, branding merupakan salah satu kunci sukses dalam pemasaran. Lewat digital branding yang baik, Anda dapat menyampaikan “key message” dari value perusahaan Anda. Pada akhirnya, tujuan dari digital branding yang baik tentu saja agar orang lebih percaya untuk membeli produk Anda atau menggunakan jasa.

2. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Sebuah bisnis yang baik tentu saja akan melakukan survei yang mendalam mengenai produk dan jasa yang mereka akan jual atau sudah jual. Survei ini biasanya mereka lakukan kepada calon konsumen. Tujuan survei ini tidak lain adalah untuk mengetahui kebutuhan dari calon konsumen.

Lewat agensi social media, sebuah perusahaan juga bisa mengetahui kebutuhan konsumen dengan cukup mudah. Tidak jarang, agensi social media juga dapat melakukan jajak pendapat dengan menggunakan akun media sosial dari klien mereka, yakni para perusahaan.

Dari jajak pendapat tersebut, sebuah perusahaan dapat mengetahui apa sebenarnya yang konsumen butuhkan dan inginkan. Tidak hanya lewat jajak pendapat, sebuah agensi social media juga sudah memiliki keahlian dalam menebak “emosi” dari audiens mereka.

Ternyata, analisa yang berupa customer report merupakan salah satu nilai lebih dari agensi social media. Agar mendapatkan data mengenai customer report, sebuah agensi social media dapat mengobservasi interaksi yang ada di akun media sosial klien. Entah itu dari jumlah likes, isi komentar, maupun hal-hal lainnya.

3. Menjalankan Campaign Secara Maksimal

Di masa kini, perusahaan akan selalu melakukan campaign agar dapat memperoleh reputasi yang baik di mata masyarakat. Campaign ini dapat tereksekusi secara offline, contohnya dengan berpartisipasi di sebuah festival atau justru secara online.

Setelah mengetahui apa itu social media agency, Anda juga harus memahami bahwa, salah satu spesialisasi yang bisa mereka lakukan adalah merancang campaign dengan baik.

Agar bisa dikatakan sebagai campaign yang baik, sebuah agensi digital marketing harus jeli dan cermat dalam meningkatkan awareness. Setelah campaign terlaksana, agensi social media juga dapat melakukan analisa terkait keoptimalan dari campaign tersebut dan bagaimana cara untuk membuatnya lebih maksimal.

Hal tersebut dapat mereka capai dengan menggunakan ilmu-ilmu social media marketing yang tentu saja harus mereka lakukan secara terstruktur.

4. Bekerja Sesuai Apa yang Perusahaan Butuhkan

Ketika menggunakan agensi social media, Anda sudah menerapkan salah satu bentuk kerja cerdas. Mengapa menggunakan agensi social media adalah keputusan yang cerdas?

Bagi sebuah perusahaan yang baru membangung digital branding, Anda tidak perlu dapat melakukan semua usaha yang besar dan terkesan rumit. Semua dapat perusahaan Anda mulai dengan langkah kecil terlebih dulu.

Langkah kecil ini bisa Anda capai dengan menggunakan jasa dari agensi social media. Meski terkesan sebagai sesuatu yang sangat terikat, namun kelebihan social media agency justru terletak di bentuk kerja samanya.

Ketika menggunakan jasa agensi digital marketing, Anda dapat menyesuaikan jenis pekerjaan yang Anda inginkan dari agency terkait. Semisal, Anda hanya membutuhkan pengurusan konten, maka Anda dapat meminta jasa tersebut dari agensi.

Tentu saja, hal ini menjadi manfaat tersendiri dari menggunakan agensi social media. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk satu keperluan saja.

5. Tidak Perlu Repot Membuat Divisi Baru

Dari pengetahuan mengenai apa itu social media agency, Anda tentu sudah tahu bahwa agensi social media merupakan pihak di luar dari divisi-divisi konvensional perusahaan. 

Di dalam sebuah perusahaan, tentu ada struktur kepegawaian yang mengurusi berbagai job description mereka masing-masing. Entah itu keuangan, human resource, marketing, atau lainnya.

Namun, jika ingin membuat divisi social media, sebuah perusahaan harus memulai dari nol yang tidak hanya akan memakan waktu, tapi juga biaya yang tidak sedikit.

Meski menggunakan agensi social media juga hadir dengan biayanya tersendiri. Hanya saja, uang yang perusahaan Anda akan keluarkan justru relatif lebih terjangkau. Karena Anda harus membayar jasa saja dan bukan memberi gaji untuk keseluruhan tim.

6. Sudah Ahli di Bidangnya

Kebanyakan orang yang berkecimpung di agensi ini berani membuat perusahaan karena mereka memang memiliki keahlian yang mumpuni.

Tentu saja, keahlian ini tidak bisa mereka raih dalam semalam. Ada beragam proses pembelajaran yang harus mereka lakukan. Sehingga bisa menemukan praktik yang baik dalam mengelola akun media sosial untuk berbagai macam perusahaan.

Jika mengelola sendiri, perusahaan Anda akan butuh waktu yang tidak sedikit untuk bisa mencapai ke tingkat ilmu mereka atau bahkan lebih.

Maka dari itu, selain menawarkan jasa, sebuah agensi social media juga menawarkan ilmu yang sudah mereka timba dalam waktu lama. Istilahnya, Anda sudah mendapatkan manfaat maksimal dalam kurun waktu yang instan.

Sudah Paham Tentang Apa Itu Social Media Agency?

Berikut tadi adalah ulasan mengenai apa itu social media agency dan manfaatnya yang cukup penting untuk bisnis masa kini. Karena perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih, memanfaatkan untuk bisnis pasti akan memberikan banyak keuntungan. Agar lebih maksimal, jasa agensi social media sangat diperlukan!

Dapatkan berbagai informasi tentang tips bisnis lainnya hanya di Virus Media.

Like this article? Share this article now!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin