Bagi Anda yang sering menggunakan social media mungkin sudah tidak asing dengan istilah “reach”. Reach dalam bahasa Indonesia berarti jangkauan. Apakah maknanya sesederhana itu? Tentu saja tidak! Jadi sebenarnya, apa itu reach? Seberapa besar dia mempengaruhi social media kita?
Contents
Apa Itu Reach Social Media?
Sering mendengar istilah reach, tapi tidak tahu apa itu reach? Jangkauan atau reach adalah metrik yang mengukur jumlah orang atau pemirsa yang melihat iklan Anda.
Jika total jangkauan iklan adalah 300, berarti iklan tersebut sudah terlihat oleh 300 orang. Meskipun misalnya ada kemungkinan seseorang telah melihat tayangan iklan Anda sebanyak dua kali atau lebih.
Misalnya, meskipun seseorang melihat iklan lima kali, jangkauan hanya mengukur berapa banyak orang yang melihatnya, bukan berapa kali iklan itu ditampilkan. Reach berfungsi untuk menentukan keefektifan konten yang Anda kirimkan sebelumnya.
Jenis Reach Social Media
Reach pada dasarnya adalah alat yang memungkinkan Anda melihat berapa banyak akun unik yang Anda miliki di Instagram. Jangkauan juga menargetkan akun media sosial yang unik, bukan akun palsu. Ada tiga jenis reach di Facebook maupun Instagram, yaitu:
- Organic adalah reach yang mewakili jumlah orang yang melihat konten Anda secara gratis melalui News Feed.
- Tayangan berbayar (paid) adalah jumlah orang yang melihat konten berbayar, biasanya melalui iklan atau iklan Facebook.
- Viral adalah reach yang menunjukkan jumlah orang yang melihat postingan atau halaman Anda di story atau postingan yang dibagikan teman dengan cara like, share, atau tinggalkan komentar.
Manfaat Reach dalam Social Media
Dalam digital marketing sangat penting untuk dapat berkomunikasi langsung dengan target konsumen yang telah ditentukan. Berikut ini kami merangkum lebih jauh tentang apa itu manfaat reach untuk sosial media:
1. Membantu Memeriksa Kesalahan pada Konten
Ketika angka reach konten Anda rendah, artinya ada kesalahan di dalam konten tersebut. Oleh sebab itu, Anda bisa mengevaluasi konten untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Baik dari segi topik, caption, kualitas visual, dan lainnya.
Kemudian, Anda bisa coba upload kembali konten baru yang telah Anda perbaiki. Apabila angka jangkauannya sudah meningkat, artinya kesalahan pada konten sebelumnya berhasil Anda perbaiki.
2. Jangkau Pengguna Baru
Jangkauan atau reach ini pun memungkinkan Anda melihat pengunjung baru ke konten Anda. Karena nama-nama akun yang memberikan reaksi terhadap konten Anda dapat terlihat pada data jangkauan. Sehingga, Anda bisa membedakan mana pengguna baru, pengguna lama, maupun pengikut akun Anda.
Jika konten Anda mampu menjangkau pengguna baru, artinya strategi dalam pembuatan konten tersebut berhasil. Sebab, memberikan peluang untuk konten Anda menjadi viral.
3. Menambah Audiens Secara Gratis
Jika followers akun Anda membagikan postingan Anda, maka otomatis pengikut dari akun tersebut akan memberikan reaksi juga terhadap postingan tersebut. Bayangkan bila postingan Anda dibagikan juga oleh audiens diluar dari pengikut akun Anda.
Maka, jangkauan postingan Anda akan semakin luas dan jumlah audiens pun akan bertambah secara gratis, tanpa perlu menggunakan jasa tambah followers dan lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk membuat konten yang menarik bagi sebagian besar orang demi meningkatkan reaksi audiens.
4. Meningkatkan Kepercayaan Audiens
Ketika banyak akun yang membagikan konten Anda atau memberikan reaksi views, like, maupun komentar, maka audiens lain pun akan meningkat rasa percayanya terhadap apa yang Anda bagikan. Tentunya ini sangat baik bagi perkembangan akun maupun bisnis yang sedang Anda promosikan.
5. Meningkatkan Keterlibatan Audiens
Pada saat Anda memposting konten yang otentik dan menarik bagi audiens, sehingga postingan Anda menjangkau banyak akun sosial media, tentunya akan memicu audiens untuk terlibat. Misalnya memberikan komentar, like, share, dan lainnya menjadi semakin tinggi jumlahnya.
Hal ini tentunya akan meningkatkan nilai engagement akun media sosial Anda yang berdampak baik untuk promosi jasa endorsement.
3 Strategi Meningkatkan Reach Social Media
Reach menjadi hal yang sangat penting untuk Anda tingkatkan. Sekarang Anda sudah tahu apa itu reach dan pentingnya untuk social media. Kalau Anda masih kesusahan meningkatkan reach sosial media Anda. Simak strategi meningkatkan reach di social media berikut ini!
1. Buat Konten yang Menarik
Kunci keberhasilan kampanye digital (digital campaign) terletak pada kontennya. Konten yang menarik, informatif, dan up-to-date harus Anda siapkan. Karena audiens lebih cenderung mencari konten yang berisi informasi yang dibicarakan atau menggambarkan situasi terkini.
Anda bisa lihat banyak orang yang mengadopsi hal-hal yang sedang viral menjadi sebuah konten yang menarik dan informatif. Misalnya, beberapa waktu lalu salah seorang peserta variety show “Single’s Inferno” yang bernama Lee Nadine sempat menggemparkan media sosial karena pengalamannya yang luar biasa.
Kemudian, hal ini pun dimanfaatkan oleh startup bidang career mentoring & coaching untuk mengajak orang-orang belajar di tempatnya, supaya bisa punya pengalaman dan karir yang luar biasa seperti Lee Nadine.
2. Mendorong Audiens Berinteraksi di Social Media Anda
Untuk mendukung fungsionalitas konten yang dibuat, Anda juga harus memperhatikan interaksi dengan publik atau followers Anda. Tentu saja, dengan menciptakan komunikasi dengan audiens melalui konten interaktif, reach dan engagement akan meningkat.
Hal ini dikarenakan audiens lebih sering mengunjungi konten tersebut, sehingga perhitungan algoritma media sosial membawa konten tersebut ke audiens lain lebih sering.
Biasanya, konten yang banyak komentar dan tayangannya akan memiliki reach yang lebih baik, karena masuk ke eksplor dan suggestion dari orang tersebut.
3. Menyisipkan CTA pada Konten
Call-to-Action (CTA) adalah salah satu faktor yang mempengaruhi audiens. Apakah dia akan berinteraksi dengan akunmu atau sebaliknya mereka malah skip dan tidak menghiraukan akunmu?
Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah tanpa mengajak audiens untuk melakukan sesuatu. Misalnya, Anda membuat konten tentang “7 Cara Kurus Tanpa Diet Ekstrim”.
Jika informasinya hanya seperti itu tanpa CTA, kemungkinan besar audiens Anda akan pergi. Cobalah menambahkan CTA seperti “Kamu tipe yang mana nih? Tulis di kolom komentar yuk!”.
Bagaimana menurut Anda? Kesan yang muncul tentu sangat berbeda, bukan? Anda dapat menambahkan CTA di akhir setiap konten, sehingga memudahkan audiens untuk mengakses halaman yang mereka inginkan.
CTA ini adalah ajakan untuk mengambil tindakan spesifik yang konsisten dengan tujuan yang kita inginkan. Ajakan bertindak dapat melibatkan audiens untuk melihat produk yang ditawarkan secara lebih detail dan mendorong konversi apakah ia akan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Yuk, Tingkatkan Reach Media Sosial!
Nah, itulah penjelasan tentang reach di social media, apa manfaatnya, dan tiga cara meningkatkan reach di social media. Seperti yang kita tahu, algoritma terus berubah. Jadi karena itulah Anda harus mengikuti perkembangan social media untuk tahu konten seperti apa yang cocok untuk Anda buat.
Dapatkan informasi serta tips social media lainnya hanya di Virus Media.